Sekolah dimulai Juli

54

Who’s finally giving some updates?

Gambar: cnnindonesia.com

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan aka Mas Nadiem Makariem.

Update soal apa?
Soal sekolah. Jadi kemarin, Mas Nadiem bilang bahwa sekolah bakal dibuka lagi dengan syarat harus berada di wilayah zona hijau.

And zona hijau is…
Wilayah yang nggak ada kasus baru yang dikonfirmasi, aka zona aman penyebaran virus corona. In a nutshell, intinya wilayah yang udah aman dari virus.

So, my little brother can already get back to school?
Most likely no, karena kata Mas Nadiem, saat ini cuma ada 6% populasi anak usia sekolah yang ada di zona hijau, dan cuma pemerintah daerah di zona inilah yang dikasih pilihan mau buka sekolah lagi apa enggak…

Lha terus kalo nggak tinggal di zona hijau gimana?
Kalau nggak ya sekolah dan kuliah tetap dilaksanakan secara online. Meski begitu, Mas Nadiem juga menegaskan bahwa tahun ajaran baru tetap dimulai sesuai jadwal, yaitu pada 13 Juli mendatang.

I see, go on…
Nah, balik lagi ke zona hijau, meskipun udah boleh buka namun sekolah-sekolah ini juga nggak bisa langsung buka gitu aja gengs. Ada beberapa peraturan yang harus dipenuhi, misalnya, emang harus ada izin dari pemerintah daerah, terus harus memberlakukan protokol kesehatan yang ketat dan terakhir, kalo emang orang tua nggak mau anaknya sekolah karena takut ketularan Covid-19, ya anaknya harus dibolehin sekolah online aja. Gaboleh dipaksa ke sekolah.

Terus kalau yang kuliah gimana?
Bagi yang kuliah, tahun akademiknya tetep bakal mulai bulan Agustus 2020. Bagi yang zonanya nggak hijau, berarti tetap kuliah online dulu. Tapi, kalau kamu mahasiswa tingkat akhir, dan tinggal skripsian aja, masih dibolehin ke kampus kok, gengs. Khususnya yang butuh praktikum dan lain-lain, boleh dilakukan di kampus. Tapi tentunya dengan protokol kesehatan ya.