Corona Updates: 5 Juli 2020

722

As usual, we start your Monday morning with Covid-19 updates…

Nationally, globally, read it, skip it, your call. We will just here, give you updates starts from…
 
Home.
  • Per kemarin banget nih, total kasus positif Covid-19 di Indonesia adalah sebanyak 62.142 kasus, dengan total sembuh 28.219 orang, dan 3.089 meninggal.

  • Provinsi yang paling banyak kasus Covid-19-nya adalah Jawa Timur (13.461 kasus), DKI Jakarta (12.183 kasus), Sulawesi Selatan (5.754 kasus), Jawa Tengah (4.403 kasus), Kalimantan Selatan (3.520 kasus).

  • Kota Bekasi bakal menerapkan adaptasi tatanan hidup baru (ATHB) atau new normal mulai 3 Juli – 2 Agustus 2020.  Sektor-sektor yang bakalan mulai dibuka adalah:  layanan kesehatan, keagamaan, area tempat kerja, dan berbagai fasilitas lain, dengan teteup menuruti protokol kesehatan.

  • Per kemarin, udah ada 3.586 orang pasien Covid-19 di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, yang sembuh. Jumlah ini adalah akumulasi dari tanggal 23 Maret 2020.
  • Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) Kota Semarang diperpanjang indefinitely aka sampai tanggal yang belum ditentuin (Whoaaa!). Kata Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, PKM baru bakal di-stop kalau jumlah penambahan kasus corona di kota tersebut menurun.
  • Udah kangen jalan-jalan ke Pangandaran? Nah, mulai minggu lalu, warga Jawa Barat yang mau wisata ke Pangandaran udah boleh masuk tanpa pake rapid tests. Meski begitu, Gubernur Jabar Kang Emil mengingatkan bahwa meski aturannya udah diperlonggar, tapi warga teteup harus waspada karena sebagai tujuan pariwisata, tentu resiko penularan Covid-19 di Pangandaran tinggi.
  • PSBB di Kota Ambon, Maluku bakal diperpanjang sampai 19 Juli mendatang.  Hal ini karena Kota Ambon masuk ke dalam zona merah dari 53 Kabupaten dan kota di Indonesia.
  • Di Nusa Tenggara Barat aka NTB, penerbangan rute Sumbawa-Lombok dari dan menuju Bandara Udara Sultan Muhammad Kaharuddin III udah dibuka lagi.  Sebelumnya rute ini ditutup karena covid 19.
  • Seiring dengan ekonomi masyarakat yang mulai bergerak lagi, jumlah permintaan KPR bersubsidi juga meningkat. Hal ini disampaikan sama Bank BTN yang menyebut bahwa angka masyarakat yang apply KPR bulan Juni lalu meningkat sampe 75 persen dan angkanya diprediksi bakal meningkat terus.
  • Ga cuma KPR, tapi seiring dengan berlakunya new normal, konsumsi bensin masyarakat juga udah kembali naik. Jadi kata Pertamina, pas PSBB itu angka konsumsi BBM masyarakat turun sampe 26 persen, lalu memasuki fase new normal sekarang, terjadi kenaikan konsumsi sebesar 10 persen. Jadi teteup belum kembali ke jumlah normal sih, tapi yha meningkat aja.
  • Advertisement
Internationally…
  • Per kemarin, total kasus kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 11.304.534 kasus, dan ada 531.659 orang meninggal.

  • Negara-negara dengan jumlah kasus tertinggi adalah Amerika Serikat (2.841.124 kasus), Brazil (1.577.004 kasus), Rusia (680.283 kasus), India (673.165 kasus), dan Peru (299.080 kasus).

  • Kemarin, WHO baru saja melaporkan bahwa ada lebih dari 212,000 kasus baru Covid-19 secara global. Ini adalah angka penambahan kasus terbanyak dalam satu hari, sejak pandemi Covid-19 dimulai. WOW.

  • Filipina juga baru saja mencatat kenaikan kasus terbanyak dalam satu hari, yaitu 2.434 kasus.  Kata Kementerian Kesehatan Filipina, peningkatan kasus terjadi karena pelonggaran lockdown yang baru aja diterapkan. Saat ini, total kasus Covid-19 di Filipina mencapai 44.254 kasus, dan 1.297 orang meninggal.

  • Angka penyebaran Covid-19 juga meningkat seiring dengan pelonggaran kebijakan lockdown di dua negara dengan ekonomi terbesar di Timur Tengah, Arab Saudi dan United Arab Emirates. Saat ini, jumlah kasus positif di Arab Saudi adalah lebih dari 200ribu kasus, dan di UAE juga tercatat ada lebih dari 50ribu kasus.

  • Sekitar tiga ribu orang bakal di-lockdown di sebuah kompleks perumahan yang ada Melbourne, Australia, setelah ditemukannya 27 kasus positif di kompleks tersebut. Terkait hal ini, pemerintah Australia minta para warga yang tinggal di sana untuk nggak keluar rumah dulu, dan biaya sewa bakal digratisin selama dua minggu.

  • New York City, AS, bakal menerapkan pembukaan covid-19 fase ketiga pada Senin hari ini.  Dalam fase ini, indoor dining masih belum diperbolehkan.

  • Jepang baru aja melaporkan 274 kasus baru pada Sabtu minggu lalu, dan setengah dari kasus ini ditemukan di Tokyo.  Saat ini, total kasus Covid-19 di Jepang ada 22.234 kasus, dengan 990 orang meninggal.

  • Brasil baru aja memasuki hari ke-50 tanpa Menkes pas lagi menghadapi…pandemi global. Saat ini, posisi tersebut diisi sementara sama seorang jenderal, namanya Eduardo Pazzuello yang nggak punya background medis. Sebelumnya, jabatan tersebut diisi sama seorang menkes yang terus-terusan mengkritisi presidennya sendiri, Jair Bolsonaro karena dianggap terlalu sans dalam menghadapi Covid-19. Karena kritikan ini, Bolsonaro kemudian memecat si menteri dan dia digantiin sama orang lain yang cuma menjabat selama kurang dari sebulan. Abis itu, posisinya kosong deh. Sampe sekarang.
Advertisement