Penelitian Masker

79

For when the “new normal” is rolling and you’re already back to work..

Gambar: kompas.com

Wear. Your. Mask.
Yep, we might sound a lot like a broken record right now but really, pake masker pas keluar rumah itu penting banget, gengs.

Dude, tell me something I don’t know.
OK. Jadi dalam hasil penelitian terbaru yang dilakukan oleh Britain’s Cambridge dan Greenwich Universities, ditemukan bahwa penggunaan masker di ruang publik bisa menghindari risiko terjadinya penularan second wave Covid-19 di masyarakat. Iya, sesakti itu.

WOW.
We know, rite? Jadi dalam penelitian tadi disebutkan bahwa kebijakan lockdown aja nggak cukup untuk menghindari penularan Covid-19. Dibutuhkan kesadaran masyarakat untuk pake masker, dan emang terbukti bahwa pake masker ini bisa menurunkan resiko penyebaran Covid-19 secara signifikan.

Wait, what kind of masks are we talking about?
Any mask would do. Bahkan masker kain juga ampuh kok, guys!

OK, lanjut…
Nah, menurut para peneliti, kalo emang mau membuka ekonomi kembali, maka langkah yang “acceptable” yang bisa dilakukan adalah dengan penggunaan masker di masyarakat dan praktek physical distancing yang disiplin. Yhaaa sambil nunggu vaksin.

I see…
Nah, hasil penelitian ini juga sejalan dengan pedoman WHO (World Health Organization) yang baru aja di-update minggu lalu. Dalam versi barunya ini, WHO merekomendasikan negara-negara untuk menganjurkan pemakaian masker di ruang publik demi menghindari penularan Covid-19. Padahal sebelumnya, WHO bilang yang perlu make masker cuma yang sakit dan yang emang beneran positif tertular Covid-19.

OK. I’ll buy new masks that will match my outfit. 
Great. Now other than wearing your masks, kemarin Dokter Reisa dari tim penanganan Covid-19 pemerintah RI juga bilang bahwa social distancing bisa menurunkan risiko penularan Covid-19 hingga 85 persen. Dalam jurnal ilmiah yang dikutip Bu Dokter, disebutkan bahwa jarak aman untuk physical distancing adalah satu meter. Selain itu, beliau juga ngingetin kita untuk selalu menghindari megang benda-benda di fasilitas umum, rajin cuci tangan, dan jangan makan minum di kendaraan umum. Bhaique.