Jakarta Bebas Plastik

60

Who’s just showing the earth some love?

DKI Jakarta.

What kind of love?
The no plastic club. Jadi fix mulai Juli nanti, aturan yang melarang penggunaan kantong plastik sekali pakai di ibu kota bakal resmi berlaku.

Whoaaa…
Right. Jadi dalam aturannya, Pemprov DKI Jakarta bakal mewajibkan pengelola pusat perbelanjaan, toko swalayan, hingga pasar rakyat untuk menggunakan kantong belanja ramah lingkungan dan melarang penggunaan plastik sekali pakai.

Terus, terus…
Ya terus digantinya sama bungkusan yang lebih ramah lingkungan aka bisa berkali-kali dipake. Terkait hal ini, Humas Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Yogi Ikhwan menyebut bahwa aturan ini pokoknya wajib dipatuhi sama tempat-tempat perbelanjaan tadi…

Terus kalo nggak dilaksanakan?
Ya ada sanksinya. Adapun sanksi yang diberikan bisa berupa teguran tertulis, denda, pembekuan izin, sampe pencabutan izin. Selain itu, untuk pengusaha yang mengikuti aturan, maka pihak Pemprov juga bakal ngasih insentif kayak pengurangan atau peringanan pajak usaha.

OK. Anything else I should know?
Well, jadi emang selama PSBB ini terjadi peningkatan jumlah orang yang belanja online atau beli makanan dibungkus. Hal ini tentunya bikin sampah sekali pakai juga makin menumpuk. Karenanya, Pemprov DKI juga mengimbau masyarakat untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dengan beli barang dalam kemasan besar atau belanjaannya disatuin dalam satu pembelian. Gitu.