Twitter VS Trump

90

Who’s making headlines in the Twitterverse?

Gambar: twitter.com

Twitter itself.

Hah gimana?
Iya jadi untuk pertama kalinya, Twitter melakukan tindakan atas twit yang dicuit sama Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Jadi Selasa kemarin, untuk pertama kalinya Twitter nandain dua twitnya Trump…

Like, tanda centang biru gitu?
Bukan, tapi sama tulisan “potentially misleading” aka “ada kemungkinan ga bener”. Ga cukup dengan tanda itu, Twitter juga ngasih link fact check di twitnya Trump itu biar para tweeps bisa ngecek fakta yang sebenarnya dari isi twitnya tersebut.

Whoaaaa…
Iya emang kan Trump hobi banget twitteran. Nah jadi salah satu twit yang ditandain “potentially misleading’ ini adalah twit Trump yang bilang bahwa pelaksanaan pemilu via pos (inget kan, bahwa tahun ini AS bakal pemilu?) itu berpotensi curang. Terus sama Twitter di bawahnya ada keterangan “cek fakta soal pemilu via pos di sini” yang bakal nge-direct kamu ke keterangan soal pemilu via pos yang udah disusun sama tim Twitter.

Tujuannya apa sih ada keterangannya gitu?
Menurut pihak Twitter, link tersebut bertujuan untuk ngasih konteks/latar belakang dari tweet tersebut. Twitter juga bilang bahwa sebenernya twit Trump itu nggak melanggar kebijakan perusahaan karena nggak secara langsung bikin orang males nyoblos, tapi emang twitnya berpotensi menyampaikan informasi yang keliru.

Pasti Trump bete banget deh…
Ya donk. Jadi dalam Twitnya nggak lama setelah twit ditandain tadi, Trump bilang bahwa Twitter udah ikut campur dalam Pilpres Amerika dan menghambat kebebasan berekspresi. Trump juga makin bete karena sumber untuk bahan “cek fakta” punyanya Twitter tadi bersumber dari CNN dan Washington Post, dua outlet media yang sering dikatain Trump sebagai “fake news”.

I see. Anything else I need to know?
Yep, jadi per 11 Mei lalu, Twitter emang udah meng-update kebijakan perusahaannya yang akan ngasih label untuk twit yang berpotensi misleading demi meminimalisir hoax, khususnya seputar Covid-19. Adapun tiga kategori yang bakal dikasih label sama Twitter di antaranya adalah:

  1. Misleading information: Informasi yang menyesatkan, yang udah terbukti kalau tidak benar
  2. Disputed claims: Pernyataan yang bermasalah
  3. Unverified claims: Informasi (bisa benar atau salah) yang belum dikonfirmasi ketika di-share

Twitter Indonesia juga plis dong…