Kecelakaan Pesawat Boeing 737-800 Menewaskan 176 Penumpang

71

What has become another headline in Iran?

Gambar: nbc news

Catchers, masih ada satu lagi nih yang lagi rame soal Iran, yaitu terkait jatuhnya pesawat Boeing.

Background please…
Iya jadi kemarin, pesawat Boeing jenis 737-800 yang berangkat dari Taheran, Iran ke Kyiv, Ukraina mengalami kecelakaan nggak lama abis take off. Ada total 176 orang di pesawat tersebut dan nggak ada satupun yang selamat.

Ouch :(. Kecelakan pesawat ini ada hubungannya sama tensi AS-Iran nggak?
Nggak sih, so far. Tapi banyak pihak yang merasa sanksi karena adanya keterangan yang kontradiktif antara apa yang disampaikan sama pihak Iran maupun Ukraina.

Kayak gimana kontradiktifnya?
Jadi ga lama setelah kecelakaan ini, pihak Iran mengeluarkan statement bahwa ada kesalahan teknis yang menyebabkan mesin pesawat kebakar dan pilotnya gabisa ngontrol kendali. Nah, awalnya, Ukraina juga mengeluarkan pernyataan yang bilang bahwa kecelakaannya emang disebabkan oleh engine failure dan bukan karena serangan misil atau terorisme. Tapi ga lama kemudian, keterangan ini di-take down dari website Kedubes Ukraina di Teheran dan diganti dengan pernyataan bahwa waktunya masih terlalu dini untuk menarik kesimpulan apapun.

Kalo gitu bisa diliat aja dari rekaman black box-nya kan?
Bisa sih, dan black box-nya juga uda ketemu, tapi pihak Iran bilang bahwa mereka nggak akan menyerahkan black box ini ke pihak Boeing maupun Amerika Serikat.

Who’s getting an alert?
Airline companies. Menyusul kondisi di Irak dan Iran yang kian memanas, berbagai maskapai penerbangan uda mulai dilarang untuk terbang di atas kedua negara. Untuk maskapai Amerika, larangan ini berlaku juga untuk area Teluk Persia dan Teluk Oman. Terus maskapai-maskapai lain kayak KLM, Qantas, Malaysia Airlines, Singapore Airlines hingga Air France juga bilang bahwa mereka bakal re-route untuk menghindari jalur-jalur yang ngelewatin kedua negara tadi.