Update Coronavirus di Seluruh Dunia per Tanggal 4 Maret 2020

186
Gambar: CNN

Corona.
Yep, and if you want to avoid unnecessary updates on corona outbreak (we don’t think that the identity of the patients is something you need to know about, *unless you are Ayu Tingting who happen to live in Depok, and looking for an address?*) but if you reallllly want to know what’s necessary, you are on the right email.

Here’s what you need to know about the outbreak as of today:

  • There are now more than 90.000 people infected by the coronavirus worldwide, dengan total 75 negara yang telah positif terinfeksi (yes, Indonesia *is finally* on the list).
  • Selain Indonesia, ada tujuh negara lain yang melaporkan kasus corona pertamanya kemarin, yakni Andorra, Jordan, Latvia, Portugal, Saudi Arabia, Senegal, dan Tunisia.
  • Dari seluruh kasus corona yang dilaporkan secara global, China jadi negara dengan jumlah penderita coronavirus terbanyak, yakni sekitar 80.100 kasus dengan lebih dari 2.900 angka kematian. Mayoritas penderitanya berada di Provinsi Hubei, di mana virus ini pertama kali ditemukan.
  • Sedangkan di luar China, ada lebih dari 10.500 kasus yang udah confirmed, lebih dari 700-nya terkait dengan kapal layar Diamond Princess yang kemarin dikarantina di Jepang.
  • Di luar China, udah ada at least 173 orang yang meninggal akibat virus corona.
  • Selain China, corona outbreak yang paling parah terjadi di Korea Selatan, Italia, dan Iran. Di Korea Selatan, diketahui ada 4.800 orang yang terinfeksi dan 28 di antaranya wafat. Di Italia, jumlah orang yang terinfeksi ada 1.835 orang, dan 52 di antaranya meninggal. Sedangkan di Iran, kasus positifnya mencapai 1.336 kasus dan telah menyebabkan 77 kasus kematian, termasuk di dalamnya adalah penasihat dekatnya pemimpin Iran Ayatollah Ali Khamenei, namanya Mohammad Mirmohammadi.
  • Still in Iran, tercatat ada 23 anggota parlemennya yang positif terinfeksi virus corona. That’s about 8 percent of all members of the parliament.
  • Kemarin, Presiden Korea Selatan Moon Jae-in baru aja mengumumkan “War on coronavirus,” which is followed by the allocation of around US$25 miliar dana untuk menangani virus corona. Selain itu, Moon juga memerintahkan layanan kesehatan di negaranya untuk memberlakukan status darurat selama 24 jam penuh.
  • Your wallet is very nervous. Coronavirus outbreak juga menyebabkan para pelaku ekonomi deg-degan banget, karena kondisi pasar yang makin nggak menentu. Efek dari penyebaran corona juga diprediksi bakal menyebabkan krisis ekonomi yang lebih parah dibanding krisis yang terjadi di tahun 2008 lalu.
  • The Tokyo Olympics could be postponed until next year. Yep, event olahraga tahunan yang tadinya bakal digelar di Jepang pada bulan Juli mendatang ini kemungkinannya bakal ditunda sampe tahun depan.
  • Meanwhile, Euro 2020 Insya Allah bakal lanjut terus. Turnamen sepak bola di benua biru itu untuk pertama kalinya bakal dilaksanakan di 12 kota dan berlangsung selama empat minggu. Pihak penyelenggara sendiri bilang bahwa mereka udah kontek-kontekan sama WHO dan bakal terus update perkembangannya.
  • YOUR PETS CAN’T CATCH CORONAVIRUS. There, loud and clear. Jadi jangan buang atau menelantarkan hewan peliharaanmu karena khawatir mereka bakal menularkan virus corona, karena in fact, they won’t. Hasil penelitian sejauh ini tidak menemukan satu pun kasus penularan corona dari hewan peliharaan ke manusia, and in case you need a reminder, penyebab utama penularan coron virus adalah kontak dari orang ke orang, atau dari saluran pernapasan ketika sang penderita batuk atau bersin.