Rekapitulasi Lebaran 2024, Iran Luncurkan Ratusan Rudal ke Israel, Crazy Rich Vietnam Terbukti Korupsi USD12,5M Dijatuhi Hukuman Mati, Batu Luar Angkasa Di Antartika

15

Good morning

Hello and welcome back. It’s the new week again, and for some of you, it’s the first day of going back to work. We hope last week has already given you a new load of motivation to start the day again. On the news, we got Lebaran, shocking news from Iran, Vietnam, tooo the scary effect of global warming. Let’s scroll down!

Now, here’s your full recap of Lebaran 2024…

From A to Z.
Hah gimana? Rendangmu yang udah dipanasin 10x itu akhirnya abis? Nastarmu udah sisa remahannya doang? Baju barumu udah kepake semua? Kaki kamu gempor berhari-hari silaturahmi ke rumah sodara? Yang terpenting… uang THR-mu udah ludes? Nah, here we got you more updates on Lebaran other than yours. Yep, we’re talking about Lebarannya Presiden Jokowi, khotbah salat ied yang ngomongin politik, sampe arus mudik. More on those, scroll down.
 
Uuuuuuu tell me!
First stop, Lebaran kali ini jadi menarik karena bertepatan sama tahun politik. Coba deh, pas kumpul keluarga kemaren, berapa kali kamu overheard om-om kamu ngomongin politik? Ngomongin 01, 02, 03, ngomongin PPP nggak lolos parlemen, ngomongin sidang MK, dsb. Bahkan, di salat Ied sekalipun, itu khatib kasih khotbah isinya ngomongin politik.
 
Wadaw.. Nggak bahaya ta? 
Ya bahaya. Karena berdasarkan SE Menteri Agama Nomor 1 Tahun 2024 tentang pedoman penyelenggaraan ibadah Ramadan dan Idulfitri, materi khotbah tuh harusnya mengedepankan ukhuwah Islamiyah, persatuan, dan nggak ngomongin soal politik praktis. Tapi di Bantul, Yogyakarta,  tepatnya di Lapangan Tamanan, Banguntapan, isi ceramahnya agak laen nih, guys. Iya, si khatib yang merupakan akademisi Universitas Ahmad Dahlan atas nama Untung Cahyono malah ngomongin soal kecurangan Pemilu hingga nge-mention Presiden Jokowi segala. In his words: “Sebab itu mereka yang dahulu merasa sebagai pemilih sebaiknya istighfar karena pilihannya telah membuat kecewa banyak pihak.”
 
WOW BOLD…
We know, rite? Akibatnya, sebagian jamaah yang ada di situ ya pada walk out. Di media sosial juga heboh banget perkara isi ceramahnya Pak Untung ini, guys. Pak Untung sih bilang doi niatnya cuma pengen ngingetin aja sebagai umat muslim. Tapi ya tetep, heboh. Makanya Pak Untung akhirnya kemaren minta maaf. Lebih jauh, Ketua PHBI Tamansari, Bantul, Sujendro Nugroho kemaren juga minta maaf ke publik karena nggak nge-review dulu isi materi dari khatib. Kayak, dikira udah sama-sama ngerti, sama-sama tahu nggak boleh ngomongin politik, eh ternyata kali ini kecolongan. Gitu ceunah.
 
Terus yang diomongin gimana?
You mean Presiden Joko Widodo? Ya nggak gimana-gimana. Doi sih sans aja menggelar open house di Istana Merdeka yang terbuka untuk umum. Warga yang hadir juga berkesempatan ketemu face to face dan salaman sama Pak Jokowi dan Bu Iriana. Nggak cuma silaturahmi, warga juga kebagian sembako, lho!
 
Oh wow…
Cuma ya, sempat ricuh kemaren tuh. Iya, disampaikan oleh Kepala Biro Sekretariat Presiden, Yusuf Permana, pihak istana tuh kemaren nyediain sebanyak 3.300 paket sembako di satu posko dekat pintu keluar. Adapun sembako itu dibagiin ke masyarakat yang datang dan dinilai membutuhkan. Nah karena stock-nya terbatas, warga pada rebutan tuh sembako, guys. Akibatnya, yang keluar dan yang baru masuk pada rebutan. Chaos lah intinya. Jadi ricuh, sampai ada tiga orang yang harus dilarikan ke rumah sakit. Pak Yusuf sih bilang pihak Istana bakal bertanggung jawab terhadap korban luka ini.
 
Now tell me pejabat lain gimana….
Ya sama. Open house juga. Saling silaturahmi juga. Kayak Capres Anies Baswedan dan Capres Ganjar Pranowo misalnya, mereka juga open house kemaren hari Rabu di kediaman masing-masing. Rame juga warga yang datang. Terus, nggak ketinggalan capres terpilih Prabowo Subianto juga open house di rumahnya di Kertanegara. Banyak juga tokoh nasional yang hadir di situ, guys. Mulai dari Cawapres terpilih Gibran Rakabuming Raka, Rektor Unhan, Letjen Jonni Mahroza, dan Menteri Perindustrian Agung Gumiwang Kartasasmita. Just a usual open house lah, pada silaturahmi.
 
Yang nggak usual emang ada?
 Ada, dan ini yang ditunggu-tunggu sama masyarakat Indonesia. Yep, silaturahmi Presiden Joko Widodo dengan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati SoekarnoputriAs we all know, sejak pemilu kemaren kan hubungan dua tokoh ini dinilai renggang kan ya. In that sense, di momen yang Fitri ini, di momen maaf-maafan ini, publik pada kepo banget, “Pak Jokowi sama Bu Mega bakal silaturahmi bareng nggak ya?” Not to mention kemaren tuh Bu Mega juga sempat open house terbatas gitu guys, tapi nggak ada Pak Jokowi.
 
Hmmmm….
Menjawab hal ini, Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto bilangnya anak ranting partai yang menilai ntar dulu deh  kalau Pak Jokowi ketemuan sama Bu Mega, guys. Iya, Pak Hasto bilang anak ranting PDI Perjuangan tuh masih hard feeling gitu lo sama Pak Jokowi lantaran Pemilu kemaren dinilai curang. In that sense, kalau Pak Jokowi mau ketemu Bu Mega, better ketemu dulu sama anak ranting ini. “Karena mereka juga jadi benteng bagi Ibu Megawati Soekarnoputri,” kata Pak Hasto.
 
Terus… gimana?
Well, let’s leave it to Bu Mega and move on to… mudik updates. Yep, kamu harus tahu nih bahwa puncak arus balik Lebaran 2024 terjadi mulai dari hari Minggu kemaren sampai hari ini, gengs. Yep, perlahan tapi pasti, warga Indonesia udah pada banyak yang balik ke perantauan untuk mulai qeraj-qera-qerja lagi…
 
Ku rela… pergi pagi, pulang pagi…
Yoi, guys. Jadi untuk mengantisipasi kemacetan arus balik, kepolisian kan diketahui memberlakukan sejumlah skenario lalu lintas ya. Mulai dari ganjil genap, one way sampai contraflow. Adapun untuk hari ini, di Trans Jawa KM 414 – KM 0, berlaku ganjil genap. Terus dari KM 414 – KM 72 start dari jam 2 siang, berlaku one way. Selain itu, dari KM 72 – KM 36 start dari jam 2 siang, berlaku contraflow.
 
Rame banget dong….
Banget. Secara Selasa orang-orang udah pada masuk kerza lagi kan. Makanya hari ini most likely orang-orang pada balik nih, gengs. Yang akhirnya bikin jalanan pada macet. Nah menyikapi hal ini, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut gini, “Udah jangan pulang dulu. Mending WFH dulu nggak sih?” WFH ini pun udah diusulkan ke Presiden Jokowi, atas kesepakatan Menko PMK Muhadjir Effendy dan Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan.
 
Anything else? 
Finally, buat kamu yang balik ke Jakarta, apakah kamu sekalian ngajak sodara dari kampung ikut ke ibu kota? Soalnya nih, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono kemaren bilangnya bakal ada kenaikan populasi di Jakarta pasca-Mudik Lebaran ini, guys. Pak Heru sih nggak papa ya, hak setiap warga negara katanya. The thing is, kalau mau mengadu nasib di Jakarta, pastiin kamu punya keahlian dan punya tempat tinggal, guys. Terus wajib tercatat juga di catatan sipil, biar teratur. Sip?

When the tension is getting higher in the Middle East…

After Iran’s counter attack to Israel with hundreds missiles.
Guys, Timur Tengah lagi ngga baik-baik aja. Setelah berbulan-bulan kita ngikutin berita soal kebiadaban Israel di Gaza, things are getting more intense there setelah pada Sabtu malam sampe Minggu dini hari kemarin, pemerintah Iran ngeluncurin ratusan rudal dan drone mereka langsung ke wilayah Israel.
 
WHAT?? I need some background.
Sure. Jadi gini guys, kamu tentunya udah familiar lah ya sama Iran, negara dengan mayoritas penduduk Islam Syiah yang kerap bikin negara-negara barat gedeg karena kegiatan pengayaan uraniumnya yang diduga buat bikin nuklir. Nah Iran ini awalnya temenan baik sama Israel, hingga di tahun 1979, terjadi Islamic Revolution di Iran yang salah satu ideologi utamanya adalah melawan Israel. Sejak saat itu, kedua negara jadi saling membenci, terlibat shadow wars, tapi ngga pernah head-to-head langsung. Baru kali ini nih, Iran menyerang langsung ke Israel yang bikin banyak negara shock.
 
Kok bisa tiba-tiba nyerang?
Ga tiba-tiba sih guys, karena kalo dari penjelasannya Iran, serangan ini merupakan balasan atas serangan udara yang dilakukan Israel ke Konsulat Iran yang terletak di Damaskus, Suriah sekitar dua minggu lalu. Waktu itu, konsulatnya sampe rata dengan tanah dan yang bikin Iran kesel banget adalah terbunuhnya dua orang pimpinan militer mereka yakni Islamic Revolutionary Guards Corps aka IRGC yakni Brigjen Mohammad Reza Zahedi dan Jenderal Mohammad Hadi Hajriahimi. Totalnya ada 13 orang terbunuh dalam serangan udara tersebut.
 
Ooh….
Lebih jauh, Presiden Iran Ebrahim Raisi bilangnya serangannya ke Israel merupakan bentuk pembelaan diri negaranya atas serangan yang lebih dulu Israel lakukan. In his words, Presiden Ebrahim ada bilang, “We recommend the supporters of the occupying regime to appreciate this responsible and appropriate action carried out by the Islamic Republic and stop blind support of this aggressor regime.” Yang harus kamu tahu guys, sampe sekarang Israel ngga mengakui serangan ini, walaupun dunia Arab tuh kayak: Ya siapa lagi ga siiii?? Soalnya emang sejak Israel melakukan aksi genosidanya terhadap Gaza, mereka juga terus meningkatkan serangannya terhadap kelompok Hizbullah dan IRGC tadi, yang emang didukung pemerintahan Suriah dan Rusia.
 
Kayak, ruwet banget ga si? 
Ya banget. Emang Middle East itu rumit banget, guys. Anyway, serangannya sendiri berjalan selama lima jam, menarget berbagai kota di Israel termasuk Tel Aviv, dan menggunakan 120 misil balistik, 170 drone, dan 30 rudal jarak jauh. Nah guys, serangan-serangan ini 99 persennya ngga nyampe ke Israel karena udah pada terdeteksi dan ditembak jatuh duluan sama para sekutunya Israel yang punya kekuatan militer di Middle East kayak Amerika Serikat, Inggris, dan Perancis. Terus Yordania yang juga tetanggaan sama keduanya ikut menembak jatuh rudal yang melewati ruang udara mereka. Adapun 1 persennya tuh jatuh di dataran di Selatan Israel dan ngga menyebabkan kerusakan yang signifikan.
 
So, any victims from this attack?
Well, so far sih petugas medis Israel baru melaporkan adanya satu orang korban yang terluka setelah terkena peluru dari pecahan drone yang berhasil di-intercept pihak Israel dan sekutunya. Terus, ada juga beberapa warga yang membutuhkan bantuan medis karena mereka mengalami gangguan kecemasan atas serangan ini (?) Israel sendiri udah mengantisipasi bakal adanya serangan, makanya mereka udah minta warga buat berlindung di bunker anti bom sehingga jumlah korban bisa banyak diminimalisir.
 
Tapi pasti banyak yang shock gara-gara serangan ini…
Ya bukan lagi. Dari counter attack Iran kemarin, banyak negara barat macem Inggris, Prancis, Belanda, sampe AS yang mengutuk keras serangan Iran ke Israel. Baru aja nih, negara-negara G7 juga menyampaikan kecamannya atas serangan tersebut. Presiden AS, Joe Biden yang denger kabar ini juga langsung kontakan sama PM Israel, Benjamin Netanyahu buat ngebahas komitmen kuat AS buat menjamin keamanan negara Yahudi tersebut. Meski komat-komit, doi tetep diingetin sama para penasihatnya di Washington supaya hati-hati banget dan jangan sampe turut berpartisipasi dalam serangan militer terhadap Iran.
 
BTW di X (Twitter) juga rame banget soal WWIII.
Iya nih, guys. Warga X banyak khawatir serangan ini bakal menyebabkan perang dunia ketiga, secara sekarang Iran udah melakukan such a bold movement. Tapi meskipun banyak negara barat yang mengutuk serangan Iran ke Israel kemarin, masih ada juga negara-negara kayak Mesir, China, dan Arab Saudi yang menyerukan semua pihak untuk menahan diri dulu biar eskalasi perang nggak makin melebar. Dewan Keamanan PBB dalam waktu dekat juga bakal menjalankan sidang darurat untuk membahas respon mereka atas serangan ini.
 
Lah resolusi DK PBB soal ceasefire Gaza aja masih nihil.
Emang sedih banget, guys. Sampe momen Idul Fitri kemarin, belum ada kesepakatan apa-apa yang terjadi soal ceasefire di Gaza. Masyarakat muslim di sana dengan terpaksa banget ikut sholat Idul Fitri kamp-kamp pengungsian yang nggak layak dan di reruntuhan masjid. Kelompok Hamas sendiri lagi menagih komitmen tertulis yang jelas dari Israel soal rencana ceasefire di Gaza. Proposal ceasefire selama enam pekan yang lagi dinegosiasikan berisi soal penghentian perang, pembebasan sandera, dan penarikan Israel dari Gaza.
 
Got it. Anything else I should know?
Well, di momen Lebaran ini, para pengungsi di Gaza juga pengen banget buat bisa balik ke rumah mereka di Gaza Utara dan ngerayain Lebaran di tempat tinggal mereka. Ada ratusan pengungsi yang mencoba balik ke rumahnya di wilayah Gaza Utara lewat Jalan al-Rashid yang ada di pesisir pantai. Cuma again, Israel ternyata masih memblokir jalan masuk ke wilayah ke Gaza Utara dengan dalih wilayah tersebut masih masuk dalam zona perang.

When a tycoon is sentenced to death in USD12.5 billion fraud case…

In Vietnam.
Yep, kamu nggak salah baca guys. Taipan real estate yang juga kerap disebut Crazy Rich Vietnam bernama Truong My Lan baru-baru ini dijatuhi hukuman mati oleh hakim setempat setelah terbukti kedapatan melakukan korupsi senilai USD12,5 miliar atau Rp200 triliun!! Duit segitu banyak nggak doi telan sendiri yah. So far ada 84 terdakwa lainnya termasuk suami Lan bernama Eric Chu serta anggota keluarganya yang lain.
 
OMG tell me everything.
You got it. First of all, everybody meet: Truong My Lan yang merupakan ibu-ibu usia akhir 60-an tahun sekaligus ketua pengembang properti bernama Van Thinh Phat Holdings Group. Doi ini udah terkenal jadi salah satu taipan di Vietnam dalam bisnis real estate gitu. Nah sejak bulan kemarin, Lan dan beberapa anggota keluarganya lagi menghadapi sidang atas kasus korupsi senilai USD12,5 miliar.
 
Geez banyak banget.
Yha soalnya Lan dan komplotannya ini ketauan melakukan penipuan keuangan melalui Saigon Joint Stock Commercial Bank yang doi kendaliin sendiri. Jadi tuh modus operandinya, Lan menggunakan bank tadi buat mengambil dana dari ribuan perusahaan boongan dan membayar suap kepada para pejabat pemerintah. Nah yang gokil, ternyata angka USD12,5 miliar itu setara dengan hampir tiga persen dari PDB Vietnam pada 2022! Dalam keterangannya, hakim yang mengadili kasus ini mantep menjatuhkan Lan hukuman mati dengan bilang, “(She) was the mastermind in the long-term scheme and committed elaborate and organized crimes, causing irrevocable consequences.”
 
Terus terdakwa lain gimana?
Well, so far sih cuma Lan aja nih yang dijatuhi hukuman mati oleh hakim. Itupun juga pihak keluarganya mau ngajuin banding, dengan harapan hukuman buat Lan bisa diringankan. Nah selain Lan, suami Lan bernama Eric Chu juga kena hukuman sembilan tahun penjara atas kasus serupa. Total sih ada sekitar 84 terdakwa yang dapet hukuman macem-macem dari pengadilan mulai dari masa percobaan tiga tahun sampe penjara seumur hidup.
 
Katanya banyak pejabat Vietnam yang resign juga yah gara-gara kasus ini?
Yep. Jadi kasus korupsi Lan yang juga jadi kasus penipuan keuangan terbesar di Vietnam ini diketahui nggak lama setelah Presiden Vietnam, Vo Van Thuon resign dari jabatannya. Jadi pada 20 Maret kemarin, doi mutusin buat resign after dirinya mengakui adanya pelanggaran yang berdampak buruk buat reputasi partainya. Meskipun nggak dijelasin detail alasan doi resign, tapi banyak pihak yang menilai resign-nya Vo Van Thuon ada kaitannya dengan kasus korupsi gitu.
 
Semua-semua korup.
Yha gitu deh, guys. FYI aja nih, eks Presiden Vo tuh baru menjabat sekitar setahun doang lho. Doi sebelumnya menggantikan eks Presiden Nguyen Xuan Phuc yang juga terpaksa resign pada Januari 2023 lalu setelah juga dituduh korupsi. Hal yang sama juga terjadi sama Wakil Perdana Menteri Pham Binh Minh dan Vu Duc Dam yang sama-sama resign setelah ketauan adanya keterlibatan mereka dalam pengelolaan dana Covid-19 di Vietnam.
 
Resign dikit nggak ngaruh, anything else?
Yep, jadi emang Vietnam ini memberlakukan kepemimpinan kolektif yang diatur sama satu partai aja, yakni Communist Party Vietnam aka CPV. Nah dalam beberapa dekade terakhir, CPV ini diatur sama empat pilar pejabat penting pemerintahan yakni Sekretaris Jenderal, Presiden, Perdana Menteri, dan Ketua DPR. Cuman ya gitu, karena dalam beberapa tahun ini Vietnam lagi kenceng banget soal kampanye anti korupsi, banyak pejabat dari partai ini yang diringkus karena korupsi.

When things are disappearing fast…Thanks to climate crisis…

Ada yang jatuh ke bumi tapi bukan bidadari, tapi berbagai jenis batu dari luar angkasa, whether itu dari bulan, bintang, Planet Mars, dsb. Nah yang harus kami tahu adalah, berdasarkan riset dari Field Museum of Natural History bareng sama University of Chicago, para ilmuwan menemukan at least ada 1.000 jenis batu dari luar angkasa yang ditemukan di… Antartika. Batu-batuan ini yang kita kenal sebagai meteoroidguys.
 
The thing is, dari hasil riset terbaru, meteoroid yang ada di Antartika ini diketahui bakal pelan-pelan menghilang. Yep, thanks to climate crisis yang bikin suhu bumi jadi panas, batu-batu dari luar angkasa yang jatuh di Antartika ini kemungkinan bakal langsung tenggelam ke laut karena es di Antartika yang udah mencair dan makin menipis.
 
Nggak tanggung-tanggung, dari hasil penelitian mereka, kalau suhu bumi terus meningkat sampai 2,6°C nih, maka kita bakal kehilangan 28-30% meteorit di Antartika. Belom kalo emisi tinggi, bisa-bisa meteoroit yang menghilang bisa sampe lebih dari 50%. That being said, ada beberapa solusi sih yang bisa dilakukan. Mulai dari buru-buru mungutin semua meteoroitnya asap, dan yang paling penting, mikirin gimana caranya climate crisis bisa diantisipasi biar es di Antartika nggak mencair. Jadi meteoroitnya bisa tetap stay di situ deh.

“Semua boleh kecuali Bobby,”

Lebaran boleh lewat, tapi the beef between Pak Jokowi vs PDIP kayaknya bakal kita saksikan terus sampe nanti-nanti. Soalnya baru aja nih, Jumat kemarin Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menegaskan bahwa partainya bakal mengusung siapa aja bole buat jadi Gubernur Sumatera Utara, asal bukan Bobby Nasution aka suaminya Kahiyang Ayu aka anaknya Pak Jokowi. Kata Pak Hasto, itu emang udah masukan dari kader PDIP di Sumut, jadi yaa kalo jadi maju nih, kita liat aja Bang Bobby maju dari mana.
 
We thought he’s talking about the cat, for a second…

Announcement


Thanks to sapopoeku and ORY for buying us coffee today 🙂

Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!

Catch Me Up! recommendations

In case you’re new to capsule wordrobe… check this out.