Rekapitulasi H-1 Lebaran, Gerhana Matahati Total di AS, Kecelakaan Maut Tol Jakarta-Cikampek, Adopsi Kambing di Italia

16

Good morning

Boyyyy, are we so excited for tomorrow! At this point, we know you already got your new clothes, angpao, and your mental prepared to answer every possible weird question. You know what else you should be preparing? Yep, news updates so you can divert the conversation, Lol. Let’s go!

Who’s really excited for Lebaran this year?

Us bcs today is H-1 Lebaran.
Yep, kalo itungannya sesuai, hari ini tuh udah hari terakhir Ramadan alias H-1 Lebaran, guys. Who’s excited? Udah kebayang dong kalo ntar malem masyarakat muslim di seluruh Indonesia bakal ngelangsungin Takbiran dan besoknya ikut Sholat Ied lanjut silaturahmi ke sanak saudara (Ehm, ditunggu THR-nya yaa aunty and uncle). But before terlalu jauh dan asik bayangin momen-momen Lebaran besok, let’s recap dulu yuk apa aja yang terjadi dalam sehari kemarin.
 
Hold on, emang Lebaran fix besok nih?
Jujur belum fixed besok juga sih, guys. Soalnya Sidang Isbat buat nentuin tanggal satu Syawal baru bakal digelar hari ini. Hal ini disampein langsung sama Wakil Menteri Agama, Saiful Rahmat Basuki pada Senin kemarin. Meskipun Sidang Isbat penentuan Lebaran baru dilaksanain hari ini, tapi Pak Saiful sendiri udah memprediksi bahwa tanggal satu Syawal tetep bakal jatuh pada hari Rabu, 10 April 2024 serta bareng sama penetapan Lebaran ormas Islam Muhammadiyah. “Insyaallah Hari Raya Idul Fitri akan dirayakan secara bersama-sama bagi seluruh umat Muslim di Indonesia. Tapi nanti akan kami konfirmasi lagi pada 9 April untuk melakukan Sidang Isbat di Jakarta,” gitu kata Pak Saiful.
 
Asik Lebaran bareng nih kita.
Yoiihhh. Nah terus buat lebih memantau arus mudik Lebaran tahun ini, kemarin banget Presiden Jokowi meninjau langsung Stasiun Pasar Senen, Jakarta. Yep, di H-2 Lebaran kemarin, Presiden Jokowi masih belum mudik ke Solo, Jawa Tengah dan masih kerja untuk memastikan pelayanan terbaik buat sekitar 193 juta pemudik di tahun ini. Di situ, Presiden Jokowi memantau bareng sama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Pj Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono, dan Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo.
 
Any statement from him?
Ofc ada dong. Jadi di kunjungannya ke Stasiun Pasar Senen kemarin, Presiden Jokowi bilang bahwa penanganan arus mudik tahun ini tuh bisa dibilang jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Mulai dari nggak ada antrean berlebihan di dalam stasiun, sampe perencanaan persiapan mudik yang beliau nilai udah sangat baik. Cuma nih, Presiden ada nge-mention soal kemacetan yang terjadi di Pelabuhan Merak baru-baru ini. In his words, Presiden Jokowi ada bilang gini, “Sedikit yang perlu penanganan lebih fokus yaitu di Merak. Merak utamanya yang berkaitan dengan yang naik sepeda motor di Ciwandan.”
 
Di samping Bapak kan ada Menteri Perhubungan tuh…
Nah itu dia. Habis statement Presiden Jokowi tadi, Pak BKS sapaan akrab Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi lanjut meminta maaf atas kepadatan yang terjadi di Pelabuhan Merak. Pak BKS bilangnya kepadatan ini tuh imbas dari meningkatnya jumlah pemudik yang menyebrang melalui laut hingga 65 persen. Belum lagi sebagian di antara pemudik itu belum punya tiket menyebrang, guys. Jadi yha gitu, banyak calon penumpang yang terjebak sampe 12 jam lamanya cuma buat sekedar sampe ke kapal feri.
 
Terus ada action apa nih, Pak?
Well, habis rame-rame macet panjang di Pelabuhan Merak kemarin, pemerintah bersama stakeholders Pelabuhan Merak langsung gercep bikin strategi baru dengan memangkas waktu kerja kapal berlabuh. Hal ini disampein langsung sama Kapolda Banten, Irjen Abdul Karim yang bilang bahwa mobilisasi kegiatan traffic penumpang sekarang ini hanya dibuat satu arah aja. Jadi begitu kapal dateng ke Pelabuhan Merak, mereka langsung loading dan muat para penumpang tanpa menunggu bongkar muatan lagi. Kata Irjen Abdul, ada efisiensi waktu kerja kapal sampe 40 menit dari sistem ini. 
 
Syukur deh kalo ada solusi gini.
Yep, keteraturan arus mudik juga dilaporkan terjadi pada moda transportasi kereta api di mana pada Lebaran tahun ini, ada sekitar 4,2 juta pemudik yang memilih menggunakan kereta api, guys. Hal ini ikutan di-spill sama Pak BKS yang bilang bahwa penjualan tiket kereta api dalam kurun waktu Lebaran ini udah hampir sold out! Soalnya ada sekitar 99,98 persen tiket yang terjual dengan arus penumpang paling banyak ada di Stasiun Pasar Senen, Jakarta dan Stasiun Pasar Turi, Surabaya.
 
Terus katanya kemarin tuh puncak arus mudik yah?
Awalnya sih diperkirakan gitu, guys. Jadi Senin kemarin tuh awalnya diperkirakan jadi puncak arus mudik Lebaran 2024 oleh beberapa pihak. Hanya saja dari data Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Aan Suhaan,  justru data harian jumlah pemudik tuh relatif flat dari tanggal 3 sampai 8 April kemarin. Makanya Irjen Aan justru menilai kalo puncak arus mudik Lebaran yang diprediksi terjadi H-2 Lebaran kemarin justru nggak terjadi.
 
Got it. Now, wrap it up please.
Well, after catching up sama update mudik dan Lebaran 2024, sebagai umat muslim dengan kondisi keuangan yang mampu, ofc kamu nggak boleh lupa dong buat membayar zakat fitrah. Masih ada waktu kok buat membayar zakat fitrah berupa beras, makanan pokok, atau sejumlah uang yang setara sebelum pelaksanaan salat Idul Fitri besok. Tinggal dateng aja masjid-masjid terdekat or bisa juga membayar zakat fitrah secara online lewat berbagai pilihan platform mulai dari Baznas, Dompet Dhuafa, dsb.

What’s getting everyone’s attention?

Gerhana matahari total
Yoi. Di saat kita lagi sibuk lebaran, bagi-bagi hampers, dan mencoba move on dari mantan yang tiba-tiba nge-chat lagi, di belahan dunia lain, tepatnya di Amerika Serikat, warga AS lagi heboh banget sama fenomena gerhana matahari totalguys. Iya, fenomena ini yang kemaren terjadi di sana.
 
Tell me. 
Sure. Kamu pasti udah nggak asing dong sama yang namanya gerhana matahari? Well, here’s some quick science lesson for you. Jadi kan bumi tuh mengelilingi matahari dalam orbitnya. Sementara bulan mengelilingi bumi dalam orbitnya juga. Konsepnya emang minding their own business mereka tuh, guys. Bergerak masing-masing gitu kan. Nah tapi di beberapa waktu, ada banget kesempatan si bulan bergerak sampe posisinya ada di antara bumi dan matahari. (Orang ketiga nggak tuh? Lol. Eh apa bumi ya orang ketiganya?)
 
Wkwkwk itu aja dipusingin…
We know rite. Anyways, gara-gara si bulan jadi orang ketiga di tengah-tengah bumi dan matahari, cahaya matahari yang harusnya masuk ke bumi tuh jadi kehalang sama bulan, guys. Jadi kalau bisa digambarkan nih, posisinya matahari tuh kayak ketimpa sama bulan gitu lo. Hal ini kemudian bikin langit jadi gelap selama beberapa menit deh, dan inilah yang dinamakan dengan fenomena gerhana matahari, guys. Gerhana matahari total istilahnya kalau matahari bisa ketutup full sama bulan.
 
Efeknya apa?
Well, lebih jauh soal posisi matahari yang ketimpa sama bulan, data dari Badan Meteorologi dan Klimatologi aka BMKG menyebut ada aktivitas di dalam matahari saat gerhana terjadi, guys. Semacam ledakan gitu lah. Nah atas ledakan ini, matahari disebut melemparkan sejumlah partikel angin dan medan magnet berkecapatan tinggi yang menjalar sampe ke magnetosfer bumi.
 
And then what happened? 
Adapun dampak dari ledakan ini antara lain: Gangguan pada jaringan listrik dan gangguan pada satelit dan komunikasi. Termasuk radio sampe televisi itu semua bisa banget mengalami gangguan. Ini yang disebut kemaren terjadi di wilayah Amerika Utara, termasuk Kanada, AS, dan sejumlah wilayah Meksiko. Tapi aside from that effect, kamu harus tahu nih, bahwa fenomena gerhana matahari ini jarang banget terjadi. Di Amerika Utara sendiri, gerhana matahari tuh terakhir kali terjadi tahun 2017 lalu. Makanya, warga AS in a way pada excited banget sama fenomena ini, guys.
 
Oh wow…
Iya. Di AS, Gerhana matahari ini bakal keliatan di 15 negara bagian. Mulai dari Texas, terus bergerak ke arah timur laut sampai ke Maine. Masyarakat sana bahkan udah nge-book berbagai spot di Dallas, Texas buat menyaksikan langsung fenomena ini. FYI, gerhana matahari ini nggak bisa diamati langsung di Indonesia ya, guys. Jadi yang Amerika-Amerika aja.
 
Got it. Anything else I should know? 
Btw, did you know kalau ada gerhana matahari, hewan-hewan tuh most likely pada tantrum? Iya, contohnya jerapah tuh, atau hewan-hewan lain yang punya jadwal yang strict kapan dia tidur, kapan waktu cari makan, kapan waktu berburu, dll. Secara, ketika ada gerhana matahari, langit kan jadi berubah lebih gelap selama beberapa menit tuh ya. Makanya, jerapah yang nggak tahu apa-apa ini bingung dan gelisah gitu, guys. “Loh kok udah gelap? Ini kan waktunya gue cari makan? Gimana dong nih?” Gitu. Tapi perilaku hewan saat gerhana sampai saat ini masih terus diteliti sih, jadi kayak fyi.

When you’re driving home for mudik…

Pls pls pls be careful.
Pls hati-hati ketika berkendara ya, guys. Karena baru aja nih, di ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek, terjadi kecelakaan maut yang melibatkan dua mobil dan satu bus. Akibatnya, sebanyak 13 orang dinyatakan meninggal dunia.
 
WHAT??? Gimana ceritanya??
Gini gini. Buat mengetahui kronologi kecelakaan maut ini, kamu harus tahu dulu bahwa dalam rangka arus Mudik 2024, kepolisian dan Jasa Marga tuh kan menerapkan sejumlah skenario lalu lintas ya. Salah satunya, dan yang diterapkan di jalur tol Jakarta-Cikampek, adalah contraflow. Disediakan deh tuh jalur contraflow ke arah Cikampek.
 
GO ON…
The thing is, kemaren, di jalur contraflow itu, tepatnya di KM 58, ada sebuah mobil Daihatsu Gran Max yang tiba-tiba seperti bermasalah gitu, guys. Jadi, dia berupaya masuk melintas ke jalur arah Jakarta. Nah pas dia melintas itu, ada bus Primajasa yang melaju dalam kecepatan tinggi dan nggak bisa terhindar lagi dari Gran Max itu, guys. Tabrakan pun tak terelakkan lagi. Dan nggak sampe di situ, ada juga satu mobil Terios dari belakang bus yang juga ikut nabrak. Akibatnya, langsung kebakar kendaraan ini, gengs.
 
Oh no :(((
Akibatnya, sampai berita ini ditulis, udah ada 13 orang yang dinyatakan meninggal dunia. Disampaikan oleh Kapolres Karawang, AKBP Wirdhanto Hadicaksono, semua orang yang ada di mobil Gran Max itu, yakni tiga belas orang, semuanya tewas. Mereka tewas dengan kondisi luka bakar yang parahhhh banget. Di samping itu, supir bus, kondektur, dan satu penumpang juga mengalami luka-luka. Dari luka bakar yang ringan, sampe yang berat. Makanya, sekarang mereka lagi dirawat di rumah sakit.
 
Sad banget 🙁 
Banget, guys :(. Hal ini ofc langsung mendapat perhatian dari Jasa Raharja kan ya. Disampaikan oleh Direktur Utama Jasa Raharja Rivan Purwantono, pihaknya memastikan biaya penanganan seluruh korban kecelakaan ini bakal ditanggung negara. Karena ada aturannya juga kan di Undang-Undang dan juga Peraturan Menteri Keuangan. Adapun buat korban luka, Jasa Raharja bakal kasih santunan maksimal Rp20 juta dan dibayarkan langsung ke rumah sakit. Sementara, buat korban meninggal, santunan bakal langsung disampaikan langsung ke ahli waris as soon as udah tahu siapa ahli warisnya.
 
Got it. Anything else?
Adapun dari kejadian ini, Korlantas Polri langsung melakukan evaluasi terhadap skenario contraflow yang diberlakukan. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut contraflow aka lawan arus ya tetap dibutuhkan buat mengurai kemacetan, tapi penempatannya aja yang dipikir lagi di titik mana yang sesuai, katanya gitu. Selain itu, Jenderal Listyo juga mengimbau pengemudi kalau udah capek ya istirahat. Jangan dipaksain. Terus make sure kendaraan kamu dalam keadaan prima. Biar selamat sampai tujuan.

When you’re too excited about yang gratis-gratis…Everybody meet: Free goat to adopt in Italy!

Kalo biasanya di Indonesia kita sering denger open adopt buat para anabul macem kucing or anjing gitu-gitu, di Pulau Alicudi, Italia, open adopt hewan mereka ternyata udah next level nih. Soalnya Walikota setempat bernama Riccardo Gullo baru-baru ini ada ngumumin bahwa pihaknya baru aja membuka open adopt massal atas ratusan ekor kambing yang ada di sana. Yep kamu nggak salah denger, kambing dewasa yang kalo di Indonesia ada di harga pasaran Rp2.000.000, di Pulau Alicudi justru lagi di-giveaway sama pemerintahnya sendiri. Adapun kebijakan adopt-a-goat’ ini diberlakukan karena jumlah kambing liar yang nggak terkendali di sana hingga menyebabkan berbagai kerusakan kebun, taman, dan tempat tinggal masyarakat.
 
Bayangin aja deh, Pulai Alicudi di Italia tuh sebenernya relatif kecil dengan isinya kebanyakan pegunungan terjal gitu, guys. Total cuma ada 100 penduduk yang tinggal di sana. Nah jumlahnya jauh lebih kecil dibanding total populasi kambing liar di sana yang diperkirakan ada sampe 600 ekor. Dari ratusan ekor kambing liar ini, mereka jadi sering bikin onar dengan makanin tumbuhan-tumbuhan masyarakat dan sampe bikin berbagai kerusakan kebun or taman gitu. Orang-orang yang tinggal di sana juga frustrated banget ini kambing liar mau di apain. Kayak kalo diburu doang mubazir, tapi juga pasti udah eneg banget kalo mau mengkonsumsi kambing tiap hari.
 
Jadi deh pemerintah setempat turun tangan dengan bikin program adopsi gratis kambing liar di sana. Syaratnya juga gampang banget, kamu tinggal siapin kapal dan tangkep sendiri kambing-kambing liar yang ada di sana. Nah kalo kamu mau hunting kambing skala besar sampe lebih dari 50 kambing, kamu juga cuma tinggal minta izin aja ke pemerintah setempat lewat email, guys. Kira-kira cuma butuh sekitar USD17 buat bayar stempel izin habis itu kamu bisa free hunting kambing selama 15 hari.
 
Jadi otw ternak kambing ke Italia nih kita?

“Jangan dipaksakan kalau sudah lelah,”

Gitu guys kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pas mengingatkan pemudik yang bawa kendaraan supaya plz istirahat aja kalo udah kecapean. Pak Sigit juga meminta supaya pengendara jarak jauh tuh ngga memaksakan diri supaya ngga menimbulkan masalah…
 
Also goes to you when things got hard…

Announcement


Thanks to cibb, HiRiR, Necha, Helina, and someone for buying us coffee today 🙂


Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!

Catch Me Up! recommendations

Just… in case you’ve been feeling lazy