Puncak Arus Balik Mudik Lebaran 2024, Penyerangan Pisau Terhadap Jemaah Gereja di Australia, TNI & Polri Bentrok di Sorong Papua Barat, Titiek Soeharto Ulang Tahun ke-65

17

Good morning

Hello to you. Now we are already in full force to get back to our routine, and to start off, just breathe. Breathe in, breathe out, know that you got whatever it takes to face another half of April and you’ve been doing really well. Now, let’s catch up!

Here we are at: Puncak Arus Balik Mudik Lebaran 2024…

Dari jalur darat, laut, sampai udara.
Yep, beneran udahan ni ya libur Lebaran. Kini, para pemudik udah back to reality, and here’s all you need to know about: Puncak arus balik mudik kemarin.
 
Welcome back, guysss.
Yooiii. Secara puas nggak puas sama liburan Lebaran tahun ini, para perantau yha kudu balik dan mulai kerja lagi doonggg. Hal ini terpantau di Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama di mana dari pukul enam pagi sampe siang hari kemarin kemarin, udah ada lebih dari 27 ribu kendaraan yang otw ke Jakarta, guys. Ofc jumlah kendaraan bakal terus bertambah sampe Senin malam di mana rekayasa lalu lintas one way diterapin mulai dari GT Kalikangkung KM 144 yang ada di Jawa Tengah sampe Tol Cipali KM 72 di Jawa Barat.
 
Panjang bener…
Memang. Hal ini dilakukan sama pihak Jasa Marga dan seluruh pihak terkait buat melancarkan arus balik mudik Lebaran 2024. Selain adanya sistem one way ke arah Barat, otoritas juga nerapin sistem contraflow dengan lajur yang bervariasi di Tol Cipali dan Tol Japek. Nah keseluruhan rekayasa lalu lintas ini diterapin sampe Senin pukul 24.00 WIB. Pokoknya semuanya demi lancarnya arus balik di Jabodetabek dan sekitarnya.
 
Mantap…
Yep, Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga menegaskan bahwa jajaran kepolisian bakal terus siaga dengan segala kemungkinan termasuk sampe nyiapin jalur arteri yang bisa jadi alternatif para pengendara. In his words, Jenderal Listyo ada bilang, “Mohon juga masyarakat bisa memaklumi, karena memang itu harus kita lakukan agar yang akan melaksanakan balik kegiatan di jalur wisata, semuanya bisa terlayani dengan baik.”
 
So, fixed puncak arus balik dong kemarin?
Based on data sih gitu, ygy. Soalnya di GT Kalikangkung sendiri mencatat ada lebih dari 78 ribu kendaraan yang melintas ke arah Barat, which is Jakarta sejak hari Minggu pagi sampe Senin pagi kemarin. Jumlahnya naik lebih dari 14 ribu kendaraan dibanding periode yang sama pada hari Sabtu sampe Minggu kemarin. So, ya bisa dibilang hari Minggu dan Senin kemarin jadi puncak arus balik Lebaran di Tol Kalikangkung, Jateng.
 
Itu kan yang mudik lewat daraat…
Nah iya, meanwhile lewat perairan, adalah Pelabuhan Bakauheni, Lampung yang Minggu malam kemarin mencatat ada sekitar 160 ribu pemudik yang balik ke Pulau Jawa. Humas PT ASDP cabang Bakauheni Lampung Selatan, Syaiful Harahap mengonfirmasi tingginya traffic di sana dengan bilang kalo angka ini jadi yang tertinggi periode arus balik pada 2023 lalu. Syukurnya sih kepadatan ini masih dapat terurai lancar setelah adanya koordinasi antara kepolisian dan seluruh stakeholders di Pelabuhan Bakauheni.
 
Go on…
Meanwhile, di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur, puncak arus balik justru diprediksi jatuh di hari ini, guysIyesss, hal ini disampein langsung sama General Manager Gapura Pelabuhan Kalimas dan Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara, Dhany Rahmat Agustian yang bilang kalo minimal bakal ada 12 ribu orang yang berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak usai masa liburan Idulfitri usai. Kata Pak Dhany, peminat arus balik Lebaran via laut ini kebanyakan menuju Makassar, Sulawesi Selatan dan Balikpapan, Kalimantan Timur.
 
Kalo di jalur udara gimana nih?
Sama kayak jalur darat dan laut, jalur udara di Lebaran tahun ini juga sama mencatat adanya lonjakan penumpang, guys. Contohnya aja ada di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta yang Senin siang kemarin mengalami lonjakan penumpang sampai 40 persen. Kata Humas Bandara Halim Perdanakusuma bernama Nadia Putri Andrian, sebagian besar penumpang tuh dateng dari Yogyakarta International Airport, Bandara Juanda Surabaya, sampai Kualanamu Medan.
 
Banyak ugha ya.
Jelas, secara Indonesia tuh luas banget dan opsi transportasi tercepatnya ya pake pesawat dong. Nah lonjakan penumpang pesawat ternyata nggak cuma terjadi di Bandara Halim aja, guys. Soalnya dari tanggal 3 sampe 13 April kemarin tuh, jumlah penumpang pesawat dilaporkan meningkat sebanyak 7,5 persen dibanding periode yang sama pada Lebaran tahun kemarin. Jadi kalo di tahun kemarin jumlah penumpang pesawat cuma ada sekitar 4,78 juta penumpang, jumlahnya meningkat sampe 5,14 juta penumpang pada event Lebaran tahun ini.
 
Eh, I heard ASN bisa WFH sampe Rabu yah?
You heard it right. Soalnya based on SE Men-PAN-RB Nomor 01 Tahun 2024, instansi pemerintah yang berkaitan sama administrasi pemerintah dan layanan dukungan pimpinan tuh bisa WFH dulu di hari Selasa dan Rabu besok. Jadi instansi terkait bisa tuh menetapkan paling banyak 50 persen pegawainya buat WFH dulu dan mengundurkan jadwal arus balik mereka pulang ke domisili masing-masing. Hanya saja, kebijakan ini nggak berlaku buat seluruh instansi ASN ygy. Instansi pemerintah terkait pelayanan publik seperti bagian kesehatan, keamanan dan ketertiban, sampe obyek vital nasional yha kudu udah WFO 100 persen pada hari ini.
 
I see. Anything else?
Menurut pemerintah, kebijakan ini tuh diambil buat memperkuat manajemen arus balik Lebaran. Hal ini disampein langsung sama Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi yang hari Minggu kemarin bilang kalo keputusan WFH dua hari ini bisa dimanfaatkan untuk para ASN menunda balik dulu ke tempat tinggal dan mengurangi intensitas kepadatan puncak arus balik Lebaran.

When people in Sydney are in shock…

Because of the stabbing.
Berita menyedihkan datang dari Sydney, Australia di mana telah terjadi penyerangan pisau terhadap jemaah gereja yang lagi menjalankan ibadah pada Hari Senin lalu. Gara-gara serangan ini guys, ada setidaknya empat orang luka-luka, termasuk uskup dan pendetanya.
 
HAH kok bisa?
Iya, jadi kronologinya tuh, para jemaah di Gereja Christ The Good Shepherd tuh lagi beribadah as usual, dengan dipimpin oleh uskup, namanya Mar Mari Emmanuel. Adapun prosesi ibadah ini juga live stream di Facebook, jadi warga yang ngga bisa dateng ke gereja juga masih bisa memantau ibadahnya secara online…
 
Terus terus…
Nah pas lagi ibadah gitu, tiba-tiba muncul seorang laki-laki pake hoodie yang langsung menyerang Uskup Emmanuel. Hal ini of course bikin para jemaah kaget banget dan langsung panik. Mereka langsung membantu mengamankan sang uskup dan memastikan bahwa si pelaku ngga kabur ke mana-mana. Kini, pelakunya udah ada di bawah penahanan polisi dan tengah menjalani proses investigasi.
 
Sooo… who did that? 
Identitasnya masih belum dibuka sama polisi. Yang pasti sih, pelaku adalah seorang pria berusia 15 tahun yang juga mengalami luka-luka di tangannya atas aksi tersebut. Fyi, sejauh ini polisi juga udah mengkonfirmasi bahwa serangan yang dilakukan pelaku tidak mengancam nyawa, dan so far ada empat orang berusia 20 hingga 70 tahun yang dirawat karena luka-luka akibat serangan tersebut.
 
OMG…
Yep, terkait hal ini, polisi langsung gercep menurunkan 100 orang personilnya untuk berjaga-jaga di depan gereja. Selain itu, kelompok-kelompok beragama di Sydney juga langsung menerbitkan pernyataan kecamannya, seperti dari The Australian National Imams Council (ANIC) yang menyatakan bahwa “These attacks are horrifying and have no place in Australia, particularly at places of worship and toward religious leaders.” Selain itu, komunitas Yahudi di bawah Executive Council of Australian Jewry yang menyebut bahwa mereka sangat “horrified by the stabbing attack”.
 
Alrite, anything else?
FYI guys, serangan ini bikin warga bete sama polisi karena serangan pisau yang sama baru aja terjadi tiga hari sebelumnya di sebuah mal di Bondi, Sydney yang menyebabkan enam orang meninggal. Serangan ini bikin warga Australia shock, karena terjadi di tengah libur Paskah di mana mal lagi rame banget. Adapun pelakunya adalah seorang pria bernama Joel Cauchi, berusia 40 tahun yang emang punya sejarah gangguan mental dan udah ditembak hingga tewas di tempat.

When the dynamic duo got into a fight….

It’s TNI VS Polri
Yoi. Duo bestie yang harusnya saling bersinergi, TNI dan Polri, kemaren justru bentrok satu sama lain. Iya, gara-gara salah paham, enam orang personel Polri dan empat orang TNI yang bertugas di Sorong, Papua Barat, sampai mengalami luka-luka.
 
WHATT?? Gimana ceritanya??
Gini gini, kamu tahu dong di balik orang-orang yang bisa balik Lebaran dengan aman dan selamat, of kors ada petugas keamanan yang berjaga. Iya, whether kamu balik lewat jalur udara, darat, atau laut sekalipun, TNI/Polri tetap menjalankan tugasnya bersinergi buat bikin situasi jadi kondusif, yekan. Para petugas ini ditempatkan di mana aja di Indonesia, termasuk juga di Sorong, Papua Barat, specifically, di Pelabuhan Sorong.
 
Okay terus….
However, di saat mereka bersinergi mengamankan situasi, dynamic duo TNI dan Polri ini justru terlibat bentrok, guys. Kejadiannya itu di Minggu pagi kemaren, antara anggota TNI AL dengan salah satu anggota Brimob Polda Papua Barat. Menurut Kepala Pusat Penerangan Mabes TNI, Mayjen Nugraha Gumilar, bentrokan yang terjadi tepat di ruang tunggu keberangkatan ini kronologinya gini: Prajurit TNI AL negor si Brimob, ngga dijelasin detail sih negurnya gimana, cuma yang jelas, dari teguran itu, situasinya terus berkembang jadi salah paham.
 
OMG….
Ribut lah di situ. Akibatnya, sebanyak enam orang personel Polri dan empat prajurit TNI jadi mengalami luka-luka dan harus dilarikan ke rumah sakit. Nggak sampai di situ, sejumlah fasilitas di sekitar juga ikut dirusak, guys. Mulai dari Terminal Pelabuhan Laut Sorong, Polsek KP3 Laut, Pos Lantas Drive Thru Kuda Laut, dua Pos Pengamanan Idul Fitri Polresta Sorong Kota, semua rusak.
 
Gara-gara salah paham semua tuh?
Iya. Makanya kalau kata pengamat militer dari Institute for Security and Strategic Studies Khairul Fahmi, masalah ini tuh nggak bisa dianggap sepele. Nggak bisa cuma sekadar, “Oh cuma salah paham” terus udah. Langsung salam-salaman. Nggak bisa gitu katanya. Menurut Pak Fahmi, arogansinya TNI-Polri tuh nggak bisa dikasih makan terus gitu lo. Ujung-ujungnya main hakim sendiri. So in that sense, menurut Pak Fahmi, kudu ada pembinaan SDM yang menyeluruh dari pimpinan sampai pasukan. Tujuannya, ya biar sifat impulsif, ego, dan emosi para personel tuh bisa dikendalikan. Jadinya nggak bentrok mulu.
 
Kalau dari TNI Polri sendiri gimana?
Well, kalau dari TNI/Polri sendiri, sekarang sih mereka bakal menyelidiki dulu kasus ini gimana. Secara itu TNI AL negor gimana bahkan kita juga nggak tahu kan. That being said, TNI AL dan Brimob Polda Barat disebut bakal collab ngadain penyelidikan lebih lanjut. Biar jelas aja duduk perkaranya di mana. Kalau semua udah jelas, maka sanksi pun akan dijatuhkan. Iya, Mayjen Nugraha kemaren bilang personel yang terlibat ntar bakal ditindak sesuai ketentuan yang berlaku.
 
So, what happens now?
Sekarang sih udah damai, gengs. Jadi setelah bentrokan, kedua belah pihak dari TNI dan Polri kan langsung mediasi yang dilakukan masing-masing pimpinan. Jadi setelah mediasi, situasi pun meredam dan udah damai deh. Since ini masalahnya perorangan, bukan antar satuan, jadi TNI/Polri sekarang udah kerja lagi bersinergi kayak biasa, guys. Kapolda Papua Barat, Irjen Jhonny Edison Isir juga udah minta maaf sama segenap masyarakat Papua Barat. In his words: “Kami tetap berkomitmen untuk menjaga dan mewujudkan soliditas dan sinergitas dengan kawan-kawan TNI yang berada di wilayah hukum Polda Papua Barat.”
 
The synergy pls. Anything else? 
WE KNOW RITE. Lebih jauh soal sinergi antara TNI dan Polri, Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana Muhammad Ali dalam keterangannya kemaren bilang gini guys: “Sebagai Prajurit Jalasena harus selalu menunjukkan jiwa kesatria dan selalu menjunjung tinggi sinergisitas kepada seluruh instansi dan elemen masyarakat dimanapun berada,” cenah. In that sense, bawahannya Laksamana Ali, Panglima Komando Armada III, Laksamana Muda Hersan ngeliatnya sayang banget kalau hubungan yang selama ini terjalin baik banget antara TNI dan Polri harus dirusak gara-gara oknum nggak bertanggung jawab gitu. Jangan diulang lagi lah kalau kata Laksamana Hersan.

Who’s singing, “Cenenet cenenet” Selamat Ulang Tahun by Jamrud…Pak Prabowo on Bu Titiek Soeharto.

Iyesss, kemarin Minggu tuh jadi momen yang spesial banget buat Ibu Titiek Soeharto, guys. Lah gimana nggak, di hari ini tuh Bu Titiek menggelar acara syukuran ulang tahun ke-65 dirinya. Acara yang berlangsung di kediaman Bu Titiek di Menteng, Jakarta Pusat ini dihadiri beberapa tamu undangan penting termasuk Pak Prabowo serta anak mereka Ragowo Hediprasetyo aka Mas Didit. Nah di dalam rangkaian acara syukuran kemarin, ada momen ketika Ibu Titiek memotong tumpeng pertama dan hendak langsung diberikan kepada Pak Prabowo. Tapi pas itu Pak Prabowo seolah ngasih kode tuh buat Bu Titiek untuk ngasih potongan tumpeng pertamanya ke saudara kandungnya dulu, which is Ibu Tutut Soeharto. Baru deh potongan tumpeng kedua dikasih ke Pak Prabowo dengan dilanjut momen salaman dan cipika-cipiki antar keduanya.
 
Momen so sweet Pak Prabowo dan Bu Titiek ini lanjut di-posting tuh sama Pak Prabowo di Instagram pribadi beliau. Di situ Pak Prabowo ada bagiin beberapa momen dirinya ikut di acara syukuran ulang tahun Bu Titiek plus momen dirinya cipika-cipiki sama Bu Titiek. Di Instagram pribadi Bu Titiek pun juga sama aja. Ada foto momen ulang tahunnya sama Pak Prabowo yang di-posting di slide pertama, guys. Pokoknya uwu banget deh lihatnya, xixixi.

“Itu bukan prioritas sekarang,”

Gitu guys kata Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya pas menjawab pertanyaan soal kemungkinan partainya bergabung ke koalisi pemerintah bersama Prabowo-Gibran dkk. Bang Willy menjelaskan, partainya mau fokus dulu sama proses sengketa Pemilu 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Baru abis itu kita liat ke depannya, ceunah.
 
When you’ve been asked “Pacarnya siapa sekarang?” all the time during Lebaran holiday…

Announcement


Thanks to Aiq for buying us coffee today 🙂

Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!

Catch Me Up! recommendations

Just… in case you need to be convinced to consume more vitamin C