Mudik 2024 Updates

15

First stop, let’s catch you up on: Mudik Updates 2024….Via jalur darat, laut, dan udara
Yep, we’re just two days away to Hari Lebaran, guysOfc dari Sabtu kemarin udah pada libur Lebaran dong yaaa. Soalnya emang pemerintah sendiri udah fix nih netapin libur Lebaran tahun ini sampe 15 April 2024. Jadi kalo kantormu netapin lima hari kerja, total ada sepuluh hari nih waktumu buat nikmatin libur Lebaran dan pulang ke kampung. So, let’s catch up on Arus Mudik Lebaran 2024, shall we?

Let’s go! 
You got it. Jadi buat yang masih stay di Jakarta dan sekitarnya, pada ngerasa nggak sih kalo beberapa hari ini tuh jalanan udah mulai lenggang gitu. Kalo belakangan ini kamu kepo, ‘orang-orang pada kemana?’ Jawabannya yha pada mudik, guys. Soalnya PT Jasa Marga ada mencatat ada lebih dari 800 ribu kendaraan yang pada cabut dari Jabodetabek sejak H-7 sampe H-4 Lebaran kemarin. Kata pihak Jasa Marga sih, jumlah ini didapet dari angka kumulatif arus lalu lintas gerbang tol Cikupa, Ciawi, Cikampek Utama, dan Kalihurip Utama. Kalo dibandingin sama hari biasa, jumlahnya ada meningkat sampe lebih dari 40 persen.

Lumayan ugha yaa…

Bukan lumayan lagi sih ni. Soalnya ya arus mudik yang juga identik sama macet ini udah mulai terjadi di beberapa tempat, guys. Salah satunya ya di akses masuk Pelabuhan Merak, Banten pada Jalan Tol Tangerang-Merak KM 92. Nah dari Sabtu kemarin, udah mulai terjadi peningkatan volume kendaraan tuh di sana. Pemudik yang mau menyeberang ke Sumatra lewat lewat Pelabuhan Merak bisa tertahan sampe empat jamguys. Kapolda Banten, Irjen Abdul Karim pas itu ada bilang kalo Sabtu kemarin emang jadi puncak arus mudik di Pelabuhan Merak.

Empat jam bisa buat nonton Justice League, bjir.

Iyaa kan. Cuma ya dari pihak kepolisian ofc coba cari jalan keluar dari macetnya Pelabuhan Merak. Hal ini disampein langsung sama Irjen Abdul pada hari Minggu kemarin di mana beliau ada bilang kalo kemacetan di akses masuk Pelabuhan Merak udah coba dicegah lewat sistem delayguys. Kata Irjen Abdul, sistem delay ini diterapin untuk menyesuaikan antara jumlah kendaraan dan kapal yang tersedia.

Arus mudik di luar Jawa pada macet juga nggak sih?

Well, jangan salah guys. Kemacetan nggak cuma terjadi di wilayah pulau Jawa doang. Soalnya Sabtu kemarin, kemacetan sepanjang 12 km juga terjadi di Jalan Raya Lintas Sumatra. Tepatnya mulai dari Jalan Betung km 58 sampe km 70, Sumatra Selatan. Yep, jalur itu kemarin penuh banget sama mobil pribadi, motor, sampe berbagai kendaraan umum gitu, guys.

Kalo pake pesawat gimana?
Nah, kalo dibanding arus mudik tahun lalu, jumlah penumpang pesawat angkutan Lebaran tahun ini di Bandara Soekarno-Hatta mengalami kenaikan sampe 16 persen. Soalnya dari tanggal 3-6 April alias H-7 sampe H-4 kemarin, udah ada sekitar 658 ribu penumpang yang mudik ke kampung halaman. Pihak Angkasa Pura juga menyampaikan bahwa jadwal pesawat so far pada on time dengan mencapai rata-rata 95 persen di seluruh bandara Angkasa Putra II. Nah tingkat on time ini yang jadi indikator kelancaran operasional dan pelayanan arus mudik dari H-7 sampe H-4 Lebaran ini.

Udah mulai rame juga yah…

Emang, guys. Cuma kamu perlu tau nih kalo hari Sabtu kemarin tuh belum jadi puncak mudik Lebaran 2024 ternyata. Yep hal ini disampein langsung sama Kepala Korps Lalu Lintas, Aan Suhanan yang kbilang bahwa prediksi kepadatan arus mudik tuh terjadi pada 6-8 April alias H-4 sampe H-2 Lebaran, guys. Cuma kata Pak Aan, at least hari Sabtu kemarin tuh masih belum terjadi puncak arus mudik Lebaran.

Now, tell me about ganjil genap.

You got it. Jadi emang 1001 cara dilakukan pemerintah buat memastikan bahwa mudik bisa berjalan lancar, salah satunya dengan menerapkan aturan ganjil-genap. Aturan ini berlaku di Jalan Tol Jakarta-Cikampek sampe Tol Kalikangkung. Terus guys, unsurprisingly enough, Jumat dan Sabtu kemarin kamera polisi di sana udah merekam sekitar 1.031 pengendara mobil yang ngelanggar aturan ganjil-genap. Hal ini di-confirm langsung sama Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman yang bilang kalo ribuan pelanggar ini bisa terdeteksi dari kamera electronic traffic law enforcement aka e-TLE. Jadi yah siap-siap deh buat para pelanggar ini bakal dikirim surat konfirmasi tilang.

Got it. Now, wrap it up please.
Yah begitulah update arus mudik dengan segala keramaiannya. Toh meskipun di daerah-daerah bakal macet, potensi perputaran ekonomi dari arus mudik tahun ini diperkirakan lumayan gede juga loh. Soalnya kalo kata Bank Syariah Indonesia, potensi perputaran ekonomi kita dari arus mudik Lebaran ini bisa mencapai Rp30,42 triliun, guys. Yah walaupun nggak segede kasus korupsi timah yang nyampe Rp271 triliun, cuma angka ini lumayan banget dengan nunjukin konsumsi belanja masyarakat yang mencapai 66,1 persen.

 
Suaminya Sandra Dewi 1 – 0 Mudik