Gerhana Matahati Total di AS

12

What’s getting everyone’s attention?

Gerhana matahari total
Yoi. Di saat kita lagi sibuk lebaran, bagi-bagi hampers, dan mencoba move on dari mantan yang tiba-tiba nge-chat lagi, di belahan dunia lain, tepatnya di Amerika Serikat, warga AS lagi heboh banget sama fenomena gerhana matahari totalguys. Iya, fenomena ini yang kemaren terjadi di sana.
 
Tell me. 
Sure. Kamu pasti udah nggak asing dong sama yang namanya gerhana matahari? Well, here’s some quick science lesson for you. Jadi kan bumi tuh mengelilingi matahari dalam orbitnya. Sementara bulan mengelilingi bumi dalam orbitnya juga. Konsepnya emang minding their own business mereka tuh, guys. Bergerak masing-masing gitu kan. Nah tapi di beberapa waktu, ada banget kesempatan si bulan bergerak sampe posisinya ada di antara bumi dan matahari. (Orang ketiga nggak tuh? Lol. Eh apa bumi ya orang ketiganya?)
 
Wkwkwk itu aja dipusingin…
We know rite. Anyways, gara-gara si bulan jadi orang ketiga di tengah-tengah bumi dan matahari, cahaya matahari yang harusnya masuk ke bumi tuh jadi kehalang sama bulan, guys. Jadi kalau bisa digambarkan nih, posisinya matahari tuh kayak ketimpa sama bulan gitu lo. Hal ini kemudian bikin langit jadi gelap selama beberapa menit deh, dan inilah yang dinamakan dengan fenomena gerhana matahari, guys. Gerhana matahari total istilahnya kalau matahari bisa ketutup full sama bulan.
 
Efeknya apa?
Well, lebih jauh soal posisi matahari yang ketimpa sama bulan, data dari Badan Meteorologi dan Klimatologi aka BMKG menyebut ada aktivitas di dalam matahari saat gerhana terjadi, guys. Semacam ledakan gitu lah. Nah atas ledakan ini, matahari disebut melemparkan sejumlah partikel angin dan medan magnet berkecapatan tinggi yang menjalar sampe ke magnetosfer bumi.
 
And then what happened? 
Adapun dampak dari ledakan ini antara lain: Gangguan pada jaringan listrik dan gangguan pada satelit dan komunikasi. Termasuk radio sampe televisi itu semua bisa banget mengalami gangguan. Ini yang disebut kemaren terjadi di wilayah Amerika Utara, termasuk Kanada, AS, dan sejumlah wilayah Meksiko. Tapi aside from that effect, kamu harus tahu nih, bahwa fenomena gerhana matahari ini jarang banget terjadi. Di Amerika Utara sendiri, gerhana matahari tuh terakhir kali terjadi tahun 2017 lalu. Makanya, warga AS in a way pada excited banget sama fenomena ini, guys.
 
Oh wow…
Iya. Di AS, Gerhana matahari ini bakal keliatan di 15 negara bagian. Mulai dari Texas, terus bergerak ke arah timur laut sampai ke Maine. Masyarakat sana bahkan udah nge-book berbagai spot di Dallas, Texas buat menyaksikan langsung fenomena ini. FYI, gerhana matahari ini nggak bisa diamati langsung di Indonesia ya, guys. Jadi yang Amerika-Amerika aja.
 
Got it. Anything else I should know? 
Btw, did you know kalau ada gerhana matahari, hewan-hewan tuh most likely pada tantrum? Iya, contohnya jerapah tuh, atau hewan-hewan lain yang punya jadwal yang strict kapan dia tidur, kapan waktu cari makan, kapan waktu berburu, dll. Secara, ketika ada gerhana matahari, langit kan jadi berubah lebih gelap selama beberapa menit tuh ya. Makanya, jerapah yang nggak tahu apa-apa ini bingung dan gelisah gitu, guys. “Loh kok udah gelap? Ini kan waktunya gue cari makan? Gimana dong nih?” Gitu. Tapi perilaku hewan saat gerhana sampai saat ini masih terus diteliti sih, jadi kayak fyi.