Perubahan Aturan Umroh Saudi Arabia

22

Who’s making some new rules?

Saudi Arabia, on umroh.
Yoi guys, buat kamu yang muslim, pasti umroh di bulan puasa tuh jadi salah satu daftar di bucket list yang pengen banget terwujud. Secara pahalanya gede banget kan. Nah makanya, misal dalam waktu deket ini kamu atau mungkin keluarga, temen, or tetanggamu ada yang berangkat ke tanah suci buat ngejalanin ibadah Umrah, mending baca ini sampe abis dulu. Karena ada berbagai perubahan aturan yang diberlakukan oleh pemerintah Saudi Arabia baru-baru ini.
 
Ok, tell me everything.
You got it. Jadi kamu pasti tau dong kalo ibadah Umrah ini tuh beda sama ibadah Haji yang cuma bisa dilakuin pada bulan Dzulhijjah dalam kalender Hijriah. Ibadah Umrah bisa dilakuin kapan aja sepanjang tahun, guys. Cuma di momen Ramadan ini, animo umat muslim di seluruh dunia buat menjalani Ibadah Umrah tuh tinggi banget. Hal ini disampaikan sendiri oleh pemerintah Arab Saudi yang sampe perlu bikin aturan khusus selama penyelenggaraan ibadah Umrah di bulan Ramadan.
 
Apa aja tuh?
First of all, ada aturan baru pemerintah Arab Saudi yang nggak ngizinin seseorang buat ngelakuin Ibadah Umrah lebih dari satu kali selama bulan Ramadan. Yep, aturan ini udah mulai diterapin otoritas Arab Saudi sejak awal Ramadan kemarin di mana izin ibadah Umrah nggak akan dikeluarkan buat orang yang sebelumnya udah ngelaksanain ibadah Umrah di bulan yang sama. Kementerian Haji dan Umrah Saudi ada bilang kalo kebijakan ini ditujukan untuk membuka kesempatan umat muslim lain yang juga dateng ke Saudi buat jalanin ibadah Umrah di bulan Ramadan. Harapannya juga biar para jamaah nggak terlalu berdesakan ketika beribadah, guys.
 
Emang di sana padet banget yah?
Well, bukan lagi sih. Bayangin aja, buat mengantisipasi padetnya Umrah di bulan Ramadan sekaligus ibadah Haji besok, pemerintah Arab Saudi akhirnya baru selesai menambah kapasitas Al Mas’aa jadi 118 ribu jamaah per jamnya. Buat yang nggak tau, Al Mas’aa ini merupakan ruang di antara bukit Safa dan Marwa yang ada di sebelah Timur Masjidil Haram. Penambahan kapasitas ini dilakukan buat make sure jamaah bisa beribadah lebih nyaman serta mengantisipasi rekor jamaah umrah pada tahun lalu yang mencapai 13,5 juta orang.
 
Masya Allah banyak banget.
Iya kan. Makanya, selain membatasi izin Umrah di bulan Ramadan, otoritas Arab Saudi baru-baru ini juga mengimbau jamaah Umrah buat menghindari kerumunan dan nggak asik selfie selama Tawaf atau ibadah mengelilingi Ka’bah di Masjidil Haram. Yep, imbauan ini ditujukan biar jamaah bisa khusyuk
Advertisement
 aja beribadah sekaligus menghormati kesucian Ka’bah, guys. Hal ini juga include ke anjuran di mana mencium Hajar Aswad bisa dilakukan di momen Hajar Aswad lagi nggak padet, aja gitu.
 
Terus, semuanya OK aja?
Well, terkait kebijakan baru ini, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas langsung gercep otw ke Saudi tuh buat ngecek semua aturan-aturan baru otoritas Arab Saudi sekaligus mensinkronkan dengan aturan pemerintah Indonesia. In his words, Gus Yaqut ada bilang, “Mudah-mudahan saya akan dapat beberapa aturan yang kompatibel supaya kita segera antisipasi termasuk informasi di Ramadan hanya sekali Umrah.”
 
Ada lagi yang disampein Gus Yaqut?
Ada nih, guys. Jadi hari Senin kemarin, Gus Yaqut juga sempet nge-mention soal fenomena Umrah backpacker di mana ada indikasi Umroh model ini dijadikan modus orang yang nggak bertanggung jawab buat menyiasati antrean panjang dan mencari pekerjaan di Arab Saudi. Nah pas itu, Gus Yaqut bilang kalo sekarang ini Kemenag udah menjalin kerja sama dengan Kementerian Haji Arab Saudi serta Dubes Arab Saudi buat mengatasi problem-problem yang mungkin terjadi dalam Umrah atau Haji backpacker ini.
 
Ohiya, kalo persiapan Haji gimana deh?
Good question! Karena nggak lama selang Ramadan ada ibadah Haji, Kemenag udah mulai nyiapin penyelenggaraan ibadah Haji dengan menggelar bimbingan teknis buat para Petugas Penyelenggara Ibadah Haji aka PPIH. Di situ, pihak Kemenag bakal membekali berbagai materi soal seluk beluk ibadah Haji ke para PPIH. FYI, Bimtek kali ini juga digunakan Kemenag sebagai seleksi akhir para calon PPIH yang bakal langsung dicoret kalo nggak terlalu perform di bimtek ini.
 
Got it. Anything else I should know?
Well, sebelum Gus Yaqut berangkat ke Arab Saudi, pada hari Selasa kemarin doi baru aja menerima 100 ton kurma dari Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud di gedung Kementerian Agama, Jakarta Pusat. Raja Salman sengaja bagi-bagi kurma sebagai indikasi hubungan luar biasa antara Arab Saudi dan Indonesia. Rencananya sih, kurma sebanyak itu bakal langsung dibagikan ke pengelola masjid sampe organisasi masyarakat muslim di Indonesia.
Advertisement