DPR Tolak Pindah ke IKN

16

Who’s saying no to IKN?

Yang Terhormat Bapak Ibu DPR.
Yep, kamu nggak salah denger. Jadi di awal pekan ini tuh, wakil kita di DPR tiba-tiba aja minta sama perwakilan pemerintah buat nggak ikut pindah ke Ibu Kota Negara aka IKN yang ada di Kalimantan Timur. Alasannya banyak deh, mulai dari pengen bikin Jakarta jadi macem Ibu Kota Legislasi sampe alesan-alesan klasik macem, “Ntar kalo DPR ikut pindah, rakyat jadi susah buat nyampein aspirasinya,” gitu-gitu guys.
 
HAH, gimana-gimana?
Jadi gini, guys. Senin kemarin tuh, DPR sama pemerintah lagi ada agenda rapat kerja soal Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) gitu. Nah di tengah-tengah rapat kerja ini, out of nowhere, Wakil Ketua Badan Legislasi DPR, Achmad Baidowi tiba-tiba ngusulin nih gimana kalo Jakarta jadi ibu kota khusus bidang legislasi aja. Biar aktivitas bisa tetep di IKN, tapi pusat kegiatannya tetep di Jakarta gitu.
 
Ide dari mana tuh?
Well, kata Pak Awiek sapaan akrab Achmad Baidowi sih, usul ini bener-bener serius lho. Doi nyontohin kalo di Afrika Selatan bahkan sampe punya tiga ibu kota, guys. Jadi cabang pemerintahan eksekutif punya wilayah sendiri, yudikatif ada di lokasi terpisah, pun legislatif juga sama. Nah berkaca dari Afsel ini, Pak Awiek lagi coba nge-lobby pemerintah supaya rencana Jakarta jadi ibu kota khusus bidang legislasi bisa dimasukin ke RUU DKJ biar DPR tetep stay di Jakarta dan nggak ikut pindah ke IKN deh.
 
Go on…
Well, selain alasan dari Pak Awiek, sebelumnya Anggota Baleg DPR bernama Hermanto pada Jumat kemarin juga udah nge-spill keinginan DPR buat tetep stay di Jakarta. Salah satu pertimbangannya biar masyarakat bisa tetep efektif dan efisien untuk nyampein aspirasinya ke DPR. In his words, pas itu Pak Hermanto ada bilang gini, “DPD RI ada di sini, DPR ada di sini, kawasannya juga sangat luas, sangat nyaman kita untuk rapat, dan masyarakat pun juga sangat enjoy kalau dia menyampaikan aspirasi ke sini. Ya bandingkan, misalnya dia menyampaikan aspirasi ke Kalimantan, berapa biaya yang harus dikeluarkan?”
 
So, respon pemerintah gimana?
Nah, dari pihak pemerintah yang pas itu diwakili Sekjen Kemendagri, Suhajar Diantoro dengan hormat harus menolak usulan tersebut, guys. Dalam statement-nya, Pak Suhajar bilang kalo kedudukan lembaga negara di IKN nggak bisa cuma pemerintah atau eksekutif aja yang ada di IKN, DPR juga perlu ikut gitu. Lebih lanjut, Pak Suhajar juga ada bilang gini, “Menurut pemerintah, jangan biarkan kami saja yang di sana. Kita harus bersama, pimpinan dalam konteks negara kesatuan.”
Advertisement
 
Berarti fix ditolak nih?
So far sih gitu ygy. Hal ini di-confirm langsung sama Pak Awiek usai rapat kerja antara DPR dan Pemerintah selesai pada Senin malam. Kata Pak Awiek, usulan buat jadiin Jakarta sebagai Ibu Kota Legislasi nggak tertuang di dalam RUU DKJ. Secara terpisah, Anggota Baleg DPR, Guspardi Gaus juga nambahin kalo nggak masuknya usulan Jakarta as Ibu Kota Legislasi tuh karena kekhususan Jakarta yang tertuang dalam RUU DKJ ada pada pembentukan Jakarta sebagai kota global ekonomi khusus gitu. Jadi ya fix kalo DPR juga wajib pindah ke IKN, guys!

 
Padahal yang dulu satset bikin UU IKN kan DPR juga yah…
Iya lagi. Cuma ya gitu, bau-bau DPR nggak mau buru-buru pindah ke IKN ini juga kecium dari statement Anggota Komisi II DPR Fraksi Demokrat, Wahyu Sanjaya yang ngusulin kalo pembangunan Gedung DPR di IKN bisa dilakuin paling akhir aja. Biar prioritas pembangunan di IKN bisa fokus ke aspek-aspek lain yang lebih krusial dulu. “Jadi mungkin setelah seluruhnya selesai, barulah kita (DPR) yang terakhir. Kalau perlu yang di paling pojok kecil pun tidak masalah, tetapi yang paling terakhir saja (pembangunannya),” gitu kata Pak Wahyu.
 
Emang progres pembangunan IKN so far gimana?
Well, kamu perlu tau nih kalo pemerintah kita udah nyiapin lima tahap pembangunan IKN sampai tahun 2045 mendatang, guys. Nah sekarang ini, progresnya masih ada di tahap pertama di mana pembangunan dilakuin untuk fungsi pemerintahan prioritas dulu. Kalo lancar, peringatan kemerdekaan tahun ini juga bakal berlangsung di IKN. Who’s excited?
 
Not me. Anything else I should know?
FYI, so far udah ada 25 instansi kementerian yang udah menyatakan ready buat pindah ke IKN as soon as possible. Dari 25 instansi ini, bakal ada sekitar 2.505 ASN jabatan eselon satu sampe eselon empat yang juga bakal ikut pindah ke IKN. Beberapa instansi yang udah menyatakan siap pindah ke IKN antara lain: Kejaksaan Agung, BMKG, Kemenkeu, Kemenlu, sampe Sekjen DPR.
Advertisement