Banjir di Berbagai Wilayah Indonesia

37

Now, let’s get you up to speed on: Banjir di berbagai wilayah Indonesia…

Bikin pemilu susulan sampe harga beras naik.
As we all know, sebagian besar wilayah di Indonesia sekarang ini emang lagi musim penghujan. Yah meskipun kadang matahari kayak panas banget di siang hari, tapi ya udah lumayan intens juga nih hujan turun di beberapa wilayah Indonesia. Cuma sayangnya masuknya musim hujan di Indonesia ini ternyata juga menyebabkan banjir di beberapa tempat, guys. Terus banjirnya ini juga lumayan masif dan merata gitu di mana-mana kayak di Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, sampe Jambi juga.

Wew, tell me everything.
Sure. Let’s start form banjir di Demak, Jawa Tengah dulu kali ya. Soalnya banjir di sini tuh udah terjadi sejak sekitar dua Minggu yang lalu, guys. Tepatnya udah sebelas hari nih banjir terjadi di Kecamatan Karanganyar, Demak dengan ketinggian air mencapai 1,8 meter. Banjir di Demak ini juga jadi banjir yang relatif parah karena sempat menutup akses Jalur Pantura Demak-Kudus. Nggak cuma itu, banjir juga bikin sepuluh desa di sana jadi harus menggelar pemilu susulan yang rencananya baru bakal digelar Sabtu besok.

Gils, lama banget.
Emang, guys. Nggak cuma di Demak doang, banjir juga terjadi di Kabupaten Bungo, Jambi pada Jumat kemarin. Dari laporan yang dikeluarin Badan Nasional Penanggulangan Bencana aka BNPB, banjir dipicu sama hujan deras dan meluapnya beberapa sungai yang ada di sana. Dari banjir ini, at least ada 485 rumah dengan 1.550 masyarakat yang terdampak. Sekarang ini total ada sekitar 472 masyarakat di Kabupaten Bungo yang mengungsi setelah banjir ini terjadi.

Terus banjir ada di mana lagi?
Wellweekend kemarin banjir juga terjadi di Surabaya, Jawa Timur. Iyess, wilayah Surabaya bagian barat juga mengalami banjir dengan ketinggian air yang bervariasi mulai dari 30 cm sampe satu meter. Pas itu, banjir terpantau di kawasan Pakal, Benowo, dan Margomulyo. Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi ada bilang kalo pihaknya udah mengirim surat ke kementerian terkait buat bikin saluran untuk meminimalisir dampak banjir.

I heard
 Jakarta banjir juga yah?
Pas hari H pemilu kemarin sih sekitar tujuh RT dan 21 ruas jalan di Jakarta emang sempet banjir juga, guys. Cuma yha banjir kemarin udah surut dari beberapa hari yang lalu. Meskipun gitu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah aka BPBD DKI Jakarta pada Senin kemarin nge-publish
Advertisement
 peringatan potensi banjir di pesisir Jakarta pada hari Senin sampe Jumat besok. BPBD melihat potensi banjir rob terjadi karena adanya fenomena pasang maksimum air laut yang bersamaan dengan fase bulan baru. So, kedua fenomena ini yang berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut.

Hiks, sad….
Iya guys, terus FYI nih, banjir di beberapa wilayah Indonesia ini juga jadi salah satu faktor yang bikin harga beras sekarang ini lagi mahal banget. Bayangin aja, rata-rata harga beras premium nasional sekarang tuh udah menyentuh harga Rp16.110 per kilogram. Kalo banjir di beberapa tempat di Indonesia ini masih terus berlanjut, diperkirakan harga beras juga bakal terus naik tajam menjelang bulan puasa dan Idul Fitri besok.

Did the government say something about this?
Ada nih. Jadi kemarin banget nih, Presiden Jokowi juga sempet mention adanya kenaikan harga beras yang terjadi sekarang ini. Kata Presiden Jokowi, harga beras pada naik karena adanya perubahan iklim sampe gagal panen. Makanya gara-gara itu produksi beras di Indonesia jadi berkurang dan harganya pun sekarang lagi naik nih. Nah karena harga beras lagi naik ini, Presiden Jokowi justru mikir ini saat yang tepat buat bansos. Lebih lanjut, Presiden Jokowi ada bilang gini, “Pemerintah kita membantu bantuan beras ini agar meringankan ibu-ibu dan bapak-bapak semuanya karena harganya naik tadi.”

Hhhm bansos ya Pak. Anything else?
Well, dari Jumat kemarin, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika aka BMKG udah kasih warning nih kalo sekarang ini musim hujan udah happening di 76% wilayah Indonesia. Terus BMKG juga kasih peringatan dini soal curah hujan tinggi dan potensi banjir yang bisa aja terjadi di beberapa wilayah kita. Jadi dalam keterangan resminya, BMKG ada menghimbau nih agar masyarakat mengambil tindakan preventif kayak menjaga kebersihan lingkungan sampe mengkonsumsi vitamin biar nggak gampang sakit.
Advertisement