Pemilu Flash 07 Agustus 2023

314

First stop, here’s your Pemilu latest update….On Pemilu Flash!

Yuhuuuu. Ketemu lagi sama Senin, everybody. As always, kita bakal bahas update terbaru seputar Pemilihan Umum yang bakal berlangsung 14 Februari mendatang. You know the drill, rite? Yep, makin dekat Hari-H, makin intens juga drama yang terjadi, yang melibatkan para politikus. Khususnya seminggu ke belakang. Nah ini yang sekarang mau kita bahas, guys. Lengkap, kita recap semuanya di sini. All you need to do is… scroll down.

  • Batas Usia Capres-CawapresWell, kamu tahu kan kalau salah satu syarat buat maju sebagai capres-cawapres tuh usianya minimal banget 40 tahun, guys. Ini juga yang diatur dalam Undang-Undang. Nah tapi, menjelang Pemilu 2024, muncul isu syarat batas usia capres-cawapres tuh mau diubah, dari 40 tahun menjadi 35 tahun. Nggak tanggung-tanggung, hal ini bahkan udah diajukan beberapa waktu lalu oleh Partai Solidaritas Indonesia aka PSI ke Mahkamah Konstitusi lewat judicial review (Ya maunya ada bahas usia maksimal juga gasiii biar negeri ini ga dipimpin aki-aki wkwkw).
  • Dinilai Diskriminatif. Yep, adapun alasan kenapa batas usia capres-cawapres ini jadi masalah adalah menurut PSI, sekarang tuh udah banyak anak muda yang menunjukkan kemampuan mereka sebagai kepala daerah. Let’s say ada Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak, dan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. Nah dengan batas usia minimal 40 tahun, aturan ini dinilai diskriminatif, guys.
  • Mulusin jalannya Gibran jadi cawapres. Still talking about anak muda. Kalau udah ngomongin batas usia capres, top of mind kita pasti langsung tertuju ke…. Gibran Rakabuming Raka, Wali Kota Solo, yang juga anak tertuanya Presiden Jokowi. Well, Mas Gibran emang sering banget disebut dalam bursa cawapres, guys.  Cawapres-nya Prabowo Subianto lebih tepatnya. Tapi usianya masih 35 tahun. Karenanya, banyak yang berspekulasi bahwa proposal untuk menurunkan angka minimal usia capres cawapres ini untuk memuluskan langkahnya Mas Gibran. Hmmmm…
  • Dugaan Keterlibatan Jokowi. Sekarang to the big question: Apakah Presiden Jokowi terlibat dalam hal ini buat mulusin jalan anaknya? Yang harus kalian tahu adalah, menurut politisi Partai Demokrat, Syahrial, Jumat lalu, gugatan judicial review ini adalah langkah akhir Jokowi yang bisa dia manfaatkan menjelang Pemilu 2024. Ini juga yang udah di-notice sama Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono. Nah menyikapi hal ini, Presiden Jokowi cuma bilang, “Jangan menduga-duga. Jangan berandai-andai.” Pak Jokowi juga menyebut nggak bakal mengintervensi Mahkamah Konstitusi since itu urusan yudikatif.
  • Tanggapan Tiga Bakal Capres. Well, kalau menurut tiga bakal capres nih: Pak Anies, Pak Prabowo, dan Mas Ganjar, ketiganya sih menanggapi singkat-singkat aja terkait hal ini, guys. Yep, Pak Anies sama Mas Ganjar sama-sama bilangnya, “Nunggu keputusan MK,” atau, “Belum ada keputusan final,” yang gitu-gitu. Terus menurut Pak Prabowo,
    Advertisement
    sekarang tuh udah banyak pemimpin dunia yang masih kinyis-kinyis muda gitu, guys. Cuma nggak tahu aja kalau udah dianggap matang sebagai capres dan cawapres di Indonesia, gitu ceunah.

Speaking of which, now let’s zoom in on: Kegiatan Tiga Bakal Capres.

  • PSI Dukung Prabowo nih, sis bro? Hari Rabu kemarin Pak Prabowo diketahui visit ke kantornya PSI bareng sejumlah petinggi Gerindra lainnya. Hal ini of course jadi pertanyaan dong. Secara dari akhir tahun lalu tuh PSI udah legit menyatakan dukungannya terhadap capres yang diusung PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo. “Jadi dukung siapa nih, sis bro? Prabowo atau Ganjar??” Menanggapi hal ini, Wakil Ketua Pembina PSI, Sis Grace Natalie sih bilangnya pertemuan ini cuma pertemuan biasa, guys.
  • Tapi kadernya sampai resigned Now, everybody meet: Guntur Romli, kader PSI yang menyatakan diri keluar dari partai anak muda itu setelah pertemuan PSI dengan Prabowo Subianto tempo hari. Disampaikan langsung oleh yang bersangkutan Sabtu lalu, in his words, Bro Guntur bilangnya gini nih: “Ada hal yang menganggu hati nurani saya dan idealisme saya dengan kehadiran Prabowo Subianto di DPP PSI, Rabu 2 Agustus 2023.” Hmmm…
  • Prabowo ketemu influencer sampai Raffi Ahmad. Nggak cuma ketemu sama orang partai, besoknya Pak Prabowo Subianto juga ketemuan sama para influencer di Kantor Kementerian Pertahanan. Jadi tujuannya, para influencers itu emang diundang buat sharing soal kreativitas dan demokrasi di negara ini. Oh, minggu lalu Pak Prabowo juga ketemuan sama idola sejuta emak-emak alias Raffi Ahmad. Diajak keliling Kantor Kemhan, diajak makan siang bareng, dll.
  • Anies Baswedan ketemuan juga sama masyarakat Bandung Sabtu kemarin. Yoi, pagi-pagi tuh guys, jalan sehat bareng bahkan. Nah di hadapan simpatisannya kemarin, Pak Anies tetap dengan isu yang dibawa koalisi mereka, yaitu untuk membawa perubahan. Kayak harga pangan mahal, rumah sakit mahal, angka pengangguran, dan siswa sekolah. Semuanya kudu diubah gitu.
  • Ganjar juga lari pagi. Last but not least, dari Jawa Barat, kita ke Jawa Tengah di mana Mas Ganjar Pranowo juga lari pagi Sabtu kemarin di Solo bareng Mas Gibran. Ditanya apakah ngomongin politik atau nggak, Pak Ganjar sih jawabnya nggak. “Wong larinya sambil hah heh hah heh alias terengah-engah,” lol. *Mungkin kalau jalan baru ngomongin politik ya pak…
Advertisement