Pemeriksaan Berat Badan Penumpang Korean Air

98

Who weighs some passengers before flights…

Korean Air.
Siapa sih yang nggak pengen terbang ke negerinya para oppa? Yep, dengan segala budaya dan larisnya komoditas k-pop sampai k-drama di seluruh dunia, Korea Selatan kini jadi tujuan wisata favorit para K-Lovers. Buat kamu yang akhir-akhir ini mau explore korsel, ada baiknya kamu tahu informasi ini dulu deh. Soalnya maskapai penerbangan Korean Air baru aja mengumumkan akan ada pemeriksaan berat badan bagi penumpang pesawatnya. Kebijakan ini akan berlaku bagi beberapa pelancong yang berangkat dari Bandara Internasional Gimpo mulai tanggal 28 Agustus sampai 3 September dan dari Bandara Internasional Incheon antara tanggal 8 sampai 19 September.

Well
 jangan kaget dulu, kebijakan ini nggak ada hubungannya sama body shaming kok. Kebijakan ini udah diamanatkan regulator maskapai pemerintah setempat untuk kebutuhan perhitungan bahan bakar dan distribusi berat di dalam pesawat. Jadi sebenernya, seluruh berat badan akan ditimbang secara anonim dan datanya langsung dibagikan ke Kementerian Pertahanan, Infrastruktur, dan Transportasi Korsel. Toh kalau kamu menganggap berat badan merupakan bagian dari privasi, kamu tinggal bilang aja ke staf yang ada dan mereka akan tetap mengizinkan kamu tetap terbang meskipun nggak pakai penimbangan dulu.
Advertisement

FYI
 nggak cuma Korean Air aja nih yang nerapin kebijakan ini. Sebelumnya, Air New Zealand juga udah menerapkan kebijakan serupa awal tahun lalu. Malahan di sana, peraturan ini udah diterapkan di beberapa rute internasional antara Auckland Airport, New Zealand ke Jhon F. Kennedy Airport, US.
Advertisement