Bayi Tertukar di Bogor

112

When you think this drama is only on TV…

On swapped babies in Bogor.
Bayi yang tertukar rasanya udah kayak judul sinetron nggak sih? But gimana kalau it’s happening in real life, guys? Soalnya nih, Jumat kemarin Polres Bogor finally mengumumkan ada dua bayi yang tertukar selama lebih dari setahun ini. Sontak kabar ini bikin kedua keluarga sempet shockbut pada akhirnya sih semua pihak lega dan kedua ibu bayi saling berpelukan.

WHAT
 kok bisa ketuker sih?
Jadi ceritanya gini nih. Semua bermula dari Ibu Siti Mauliah yang melahirkan di RS Sentosa Bogor, pada tanggal 18 Juli 2022 lalu. Awalnya semua berjalan normal setelah Ibu Siti melahirkan seorang bayi laki-laki. Kejanggalan baru terasa di hari kedua setelah kelahiran di mana yang namanya Ibu pasti punya ikatan emosional sama anaknya sendiri. Saat itu Ibu Situ merasa ada yang aneh pas doi menyusui bayinya. Ini terlihat dari bagian rambut yang nampak lebih lebat dari sebelumnya.

Ok go on.
Nah di hari ketiga melahirkan, Ibu Siti dan keluarga udah dibolehin untuk pulang ke rumah tuh. Tapi begitu sampai rumah, eh ternyata ada suster yang menyusul ke rumahnya juga. Suster ini tuh bilang kalau gelang bayinya tuh ketuker gitu. Tentu aja ini bikin Ibu Siti makin curiga dong. Tapi susternya saat itu masih mengelak kalau gelangnya tuh cuma jatuh atau tertukar doang. Jawaban yang sama juga dilontarkan pihak RS Sentosa ketika Ibu Siti coba konfirmasi ke mereka.

Emang bener cuma ketuker gelang doang?
Lagi-lagi firasat seorang ibu yang bisa menjawab, guys. Ibu Siti tetep kekeuh meminta mediasi dari RS Sentosa untuk mengetahui di mana anak kandungnya berada. Tapi karena masih terus berlarut-larut dan belum menemui jalan keluar, akhirnya Ibu Siti pada bulan Juni kemarin melakukan tes DNA dengan bayi yang selama ini dia asuh. Hasil tes DNA ternyata negatif, yang artinya bayi yang bersama Ibu Siti bukanlah anak kandungnya.

Wah u berchandyaaa.
Nggak, guys ini serius. Berbekal hasil tes DNA ini, Ibu siti bersama pengacaranya kemudian membuat laporan ke Unit Pelayanan Perempuan dan Anak Polres Bogor pada awal bulan ini. Aparat berwajib tentu aja terus melakukan penyelidikan mulai dari perawat RS Sentosa yang terlibat dan orang tua lain yang diduga merawat anak kandung Ibu Siti. Akhirnya dilakukanlah tes DNA antara kedua keluarga itu untuk membuktikan garis keturunan yang sebenarnya.
Advertisement

Tell me the truth.
Well, dengan mengundang kedua keluarga, Jumat kemarin Polres Bogor akhirnya me-reveal hasil tes DNA yang membuktikan 99,99 persen kedua anak itu tertukar. Ini jadi momen yang dramatis banget bagi kedua belah keluarga setelah satu tahun ini tertukar buah hatinya. Kedua keluarga juga udah bikin kesepakatan terkait langkah-langkah penyesuaian pengembalian anak yang berjalan selama satu bulan. Proses ini juga akan dipantau Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

OMG, FINALLY.
Yep meskipun kedua orang tua udah menemukan anak kandung mereka, langkah hukum dengan pihak RS Sentosa masih akan berlanjut, guys. Hal ini disampaikan kuasa hukum Ibu Siti bernama Rusdy Ridho, Jumat kemarin. Pak Rusdy mempertimbangkan membuat laporan polisi terhadap rumah sakit karena ada unsur pidana yang jelas pada kasus ini. Sabtu kemarin, Kapolres Bogor bernama Rio Wahyu juga bilang kalau pihaknya terbuka dan siap menindaklanjuti kasus ini apabila keluarga membuat laporan.


Apa kata RS Sentosa?
Nah lewat staf legal RS Sentosa, Gregg Djako pihaknya menghormati keputusan pihak keluarga pasien yang akan membawa kasus ini ke jalur hukum. Lewat direktur RS Sentosa bernama Margaretha Kurnia, pihak Rumah Sakit juga meminta maaf atas terjadinya ketidak hati-hatian petugas rumah sakit dalam melaksanakan prosedur. Kini pihak RS Sentosa juga udah melakukan penyelidikan internal di rumah sakit dan memberikan sanksi sesuai peraturan rumah sakit.

Got it, now wrap it up pls.
Well kasus ini of course jadi sorotan banyak pihak. Banyak yang peduli sama kondisi kedua anak, termasuk RS Sentosa itu sendiri yang akan kasih beasiswa ke dua anak ini sampai lulus SMA. Nggak cuma itu, kedua anak yang tertukar ini juga udah diangkat jadi anak asuh Polres Bogor, guys. Hal ini disampaikan langsung sama Pak Rio sebagai Kapolres Bogor atas izin dari Kapolda Jabar.
Advertisement