Pelecehan Seksual Pada Pemilihan Miss Universe Indonesia 2023

133

When there’s some allegation of sexual assaults…

This time, we’re talking about Miss Universe Indonesia’s case.
Sedih banget kalau ngomongin masalah perempuan dan kekerasan seksual yang sering banget dialami ya, guysCatcalling pada nggak ngotak, victim blaming, “Lo sih siapa suruh pake baju ketat begitu?” dan perasaan direndahkan lainnya yang bikin marah 100%. Nah kali ini, kita mau bahas dugaan pelecehan seksual yang terjadi dalam pemilihan Miss Universe Indonesia 2023. Senin kemarin, tindakan ini pun dilaporkan ke Polda Metro Jaya deh.

Background pls. 
You got it. Jadi in case you’re not following beauty pageant stuff, at least kamu pasti tahu Miss Universe dong? Nah, untuk memilih wakil Indonesia di ajang Miss Universe 2023 Desember nanti, maka hari Kamis tanggal 3 kemarin diselenggarakanlah pemilihan Miss Universe Indonesia 2023, guys. Ada 30 orang pesertanya, yang datang dari berbagai background mulai dari aktivis, pengusaha, model, dll. Nah sebelum malam final tanggal 3 kemaren, kan semingguan pesertanya pada karantina tuh. Nah ternyata, usut punya usut, ada hal yang diduga sebagai pelecehan seksual di karantina Miss Universe Indonesia 2023, guys.

What???
Yep. Lewat kuasa hukumnya based on cerita salah satu finalis berinisial N, diceritakan bahwa beberapa hari sebelum final, tepatnya di tanggal 1, para finalis tuh disuruh fitting gaun gitu, guysFitting-nya di ballroom gitu, nggak private dong. Cuma dibatasin banner bahkan. Dan CCTV pun nyala. Nah the thing is di ruangan itu juga, tanpa pemberitahuan apapun sebelumnya, para finalis disebut harus melakukan body checking tanpa pakaian sama sekali, guys.

Wah becanda. 
Wait until you hear about: Dalam keadaan naked itu, mereka bahkan disuruh pose dan difoto, guys. Nggak cuma itu, di ruangan body checking itu juga ada laki-laki. Bahkan salah satu kru nyentuh-nyentuh bagian pribadi si finalis :(((. Hal ini tentu bikin si finalis ngerasanya ya malu dan kecewa, gengs. Dia benar-benar merasa direndahkan pada saat itu. Sadar kalau ini adalah hal nggak benar dan kudu ditindak lanjuti, Senin kemarin, finalis itu kemudian bikin laporan ke Polda Metro Jaya. Adapun terlapor di sini adalah pihak penyelenggara, PT Capella Swastika Karya, yang dilaporkan atas Pasal 4, 5, dan 6 UU Nomor 12 Tahun 2022 tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual. Sekarang sih laporannya udah berproses di kepolisian.
Advertisement

I believe pihak penyelenggara has a say…
Of course. Direktur Miss Universe Indonesia, Poppy Capella, dalam rilis persnya cuma bilang kontes kecantikan tuh emang dinamis, ada komentar, ada kritik, ada pandangan, yang bagus banget buat memahat narasi Miss Universe (??). Terus, Mbak Poppy juga bilang terima kasih sama pihak-pihak yang udah kasih perspektif, pandangan, kritik, dan komentar. It means a lot deh katanya.

Hmmm… anything else? 
FYI penyelenggaraan Miss Universe Indonesia di bawah naungan PT Capella Swastika Karya tuh baru berjalan tahun ini, guys. Iya, first timer banget mereka nih. Sebelumnya, wakil Indonesia untuk Miss Universe itu adalah pemenang Puteri Indonesia. Beda organisasi, guys. Tapi somehow top of mind orang Indonesia when it comes to pageant, Miss Universe, yha pasti Puteri Indonesia kan. Makanya banyak yang salah paham juga di sini. Menyikapi hal ini, Yayasan Puteri Indonesia pun kasih press release bahwa mereka ngga ada sangkut pautnya sama sekali dengan penyelanggaraan Miss Universe Indonesia tahun ini, guys. Mereka bahkan menyebut udah nggak ada kaitan apapun dengan Miss Universe sejak Februari lalu.
Advertisement