Kualitas Udara Indonesia Sangat Buruk

124

When air pollution threatens you…

With antibiotic resistance.
Yep, akhir-akhir ini timeline sosial media kalian lagi banyak muncul soal buruknya tingkat quality air di Indonesia nggak sih? Seburuk itu, sampe efeknya sama aja kayak kamu ngerokok berbatang-batang, HIIIH! Nah kamu juga tentunya udah familiar sama efek dari polusi, kayak sakit di saluran pernapasan, asma, dll. Tapi kamu tau ga bahwa ada dampak negatif kesehatan lainnya yang disebabkan oleh polusi? Adapun efek yang kita maksud adalah resistensi antibiotik, di mana tubuh kita udah ngga mempan lagi aka kebal ssama antibiotik. Padahal antibiotik itu obatnya untuk mencegah infeksi bakteri. Jadi kebayang kan, kalo kamu lagi sakit karena bakteri, terus kamu minum obat, tapi somehow obatnya ngga ampuh karena tubuh kamu udah resisten :(.
Advertisement

Well
 ini emang ngeri sih, secara resistensi antibiotik tuh udah jadi salah satu ancaman serius buat kesehatan global. Lah gimana nggak, tiap tahunnya ada sekitar 1,3 juta orang di dunia yang meninggal gara-gara resistensi antibiotik ini. Ya meskipun pendorong utama resistensi antibiotik masih dikarenakan konsumsi antibiotik yang berlebihan, tapi tuh polusi udara emang memperparah resistensi antibiotik yang terjadi. Hasilnya tuh ternyata resistensi antibiotik meningkat 1,1 persen setiap kenaikan 10 persen polusi udara. Nggak cuma itu, bahkan di tahun 2018 lalu, resistensi antibiotik akibat polusi udara ini udah dikaitkan sama 480.000 kematian dini di seluruh dunia, guys.
Nah makanya penulis utama studi yang bernama Profesor Hong Chen bilangnya resistensi antibiotik dan polusi udara tuh udah jadi ancaman terbesar bagi kesehatan global. Nah kalau beberapa tahun ke depan nggak ada perubahan kebijakan yang nyata soal polusi udara, diperkirakan di tahun 2050 besok, tingkat resistensi antibiotik manusia di seluruh dunia meningkat sebesar 17 persen. Kalo ini amit-amit terjadi, total bakal ada 840.000 kematian dini tiap tahunnya gara-gara resistensi antibiotik ini.
Advertisement