Pemilu Flash 3 Juli 2023

110

Oh, after such a long weekend, now it’s time to get update on…

Pemilu Flash!

Welcome back to reality, everybody. Balik ke kerjaan, kuliah, drama-drama di dalamnya (ehehehe), and everything in between. Nggak cuma itu, drama soal Pemilu 2024 juga masih continue nih, guys. Bahkan makin seru. Secara Pemilu juga udah tinggal bentar lagi kan. Kamu mau tahu update-nya kayak apa? Scroll down, deh.

  • Nama-nama pemilih buat Pemilu ntar udah fix. Yep, dalam Rapat Pleno Terbuka yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) kemarin banget nih, KPU akhirnya menetapkan sebanyak 204.807.222 orang yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap aka DPT dan fix bakalan ikut nyoblos di Pemilu tahun depan. Nah kalau kamu ragu kamu udah masuk DPT atau belum, kamu bisa cek langsung ke cekdptonline.kpu.go.id. Terus kalau belum terdaftar kamu bisa langsung lapor ke KPU setempat sih, guys.
  • KPU nyiapin pilpres. Pemilihnya udah fix, sekarang tinggal ngatur yang mau dipilih dong. Salah satunya ya calon presiden dan calon wakil presiden. Adapun pendaftaran buat capres dan cawapres ke KPU bakal berlangsung mulai dari 19 Oktober mendatang. Jadi sekarang, KPU lagi matangin berbagai aturan teknis, termasuk syarat yang harus dipenuhi pasangan capres cawapres ini, guys.
  • Mau jadi capres? Nih syaratnya! Yoi guys, mau nyapres juga ga bisa ujug-ujug daftar kayak mau ikut kelas di gym ya kan…. Tapi kamu harus memenuhi dulu nih, berbagai syarat kayak kesehatan jasmani dan rohani sama kesesuaian visi, misi, dan program mereka dengan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Nasional aka RPJMN yang disusun Bappenas. Well, KPU sih bilangnya dua hal ini penting dan krusial banget ya di mana kalau nggak checked nih, bisa-bisa bakal capres cawapres itu dikategorikan nggak memenuhi syarat.

Speaking of Capres and Cawapres….

  • Ojol Dukung Anies Baswedan. Yep, ribuan driver ojol se-Jabodetabek kemaren banget udah rame-rame kumpul di BKT Malaka Sari, Jakarta Timur nih, gengs. Bukan buat nganter order-an, tapi di situ mereka men-declare dukungan mereka terhadap Capres dari Koalisi Perubahan, Anies Rasyid Baswedan. Adapun menurut mereka, selama 10 tahun terakhir tuh belum ada aturan yang konkret gitu terkait driver ojol, makanya mereka yakin sosok Pak ABW bisa ngasih kepastian tersebut. Tuh guys, jangan kalah sama ojol, mintalah kepastian sama situationship-mu itu…
  • Ganjar-Anies ketemuan di Mekkah. Meanwhile, yang didukung masih khusyuk ibadah haji di Tanah Suci Mekkah. Iya, as we all know, sekarang Pak Anies Baswedan dan Bakal Capres usungan PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo tuh kan sama-sama lagi ada di Mekkah buat ibadah haji yah. Nah, ketemuan lah mereka di sana. Nggak cuma itu, dua orang yang most likely bakalan ada di surat suara tahun depan ini bahkan jadi sama-sama jadi tamu negara yang diundang Raja Salman dan Pangeran Muhammad bin Salman, sampai makan siang bareng di Istana Mina.
  • Nggak ada obrolan politik. Kalau kamu pikir dua bakal capres kalau ketemuan ngomongin politik, kali ini exceptional, guys. Iya, disebut Pak Ganjar dan Pak Anies di situ ngobrol akrab tapi fokusnya ngomongin ibadah haji yang mereka jalani, nggak ada obrolan soal politik ceunah.
  • Advertisement
  • Yang ada malah Mbak Puan. Nggak ada obrolan politik, tapi politisi kita rame banget yang sekarang lagi Haji, guys. Termasuk Ketua DPP PDI Perjuangan yang juga Ketua DPR RI, Mbak Puan Maharani. Sempat ketemuan bahkan mereka bertiga. Tapi ya gitu, Mbak Puan sih bilangnya nggak tahu kalau bakal ketemu Pak Anies. Dan again, Mbak Pun sih bilangnya doi di sana untuk full ibadah. Nggak ada sama sekali tujuan politik, apalagi buat komunikasi politik. Ya baiqlah…
  • How about Prabowo Subianto? Pak Prabowo sih sekarang masih di Jakarta, guys. Dan kemarin baru aja wawancara beliau sama Mbak Najwa Shihab rilis. Dalam wawancara eksklusif itu, banyak banget yang di-point out sama Pak Prabowo. Mulai dari kenapa Pak Prabowo nekat maju berkali-kali padahal gagal mulu, terus soal isu HAM ‘98 yang melibatkan dirinya, sampai siapa cawapres yang mendampingi beliau. Kalau kata Prabowo Subianto sih….
  • “Dari kecil udah dibesarkan jadi pendekar, ksatria.” Iya, Pak Prabowo ngeliat dirinya tuh emang pendekar dan ksatria gitu lo guys di mana tugasnya yha emang untuk mengabdi buat negeri ini, termasuk salah satunya jadi presiden Republik Indonesia. Nggak ada masalah kalau ada yang ngejek beliau kalah mulu, karena kata Pak Prabowo, “Banyak rakyat yang menderita LEBIH daripada saya dihina, diejek, dan disakiti. Jadi biar aja. Saya nggak mau balas,” ceunah.
  • Tapi bapak cawapresnya siapa?? Nah soal itu juga. Kemarin juga dibahas tuh beberapa nama yang disebut masuk dalam bursa dan dipertimbangkan untuk jadi cawapres Pak Prabowo. Mulai dari Menteri BUMN Erick Thohir, Menko Polhukam Mahfud MD, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, sampai yang beberapa kali terakhir keliatan makin akrab sama beliau, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Menanggapi nama-nama ini, Pak Prabowo menyebut, “I can work with all of them,” katanya gitu. Yang penting mereka adalah orang-orang yang dikehendaki rakyat, based on survey dan polling yang beredar. Termasuk ya Mas Gibran ini tadi, meskipun usianya masih muda.
  • Tapi tadinya Pak Prabowo mau sama Pak Ganjar… Heheheh, ya gitu deh, guysLast but not least, Pak Prabowo tuh sempat mention kalau beliau nemu banget chemistry-nya sama Pak Ganjar Pranowo, dan Pak Ganjar juga disebut sebagai sosok yang easy to get along with. Makanya tadinya Pak Prabowo berharap bisa duet sama beliau tahun depan. Tapi kan kayaknya sih udah nggak mungkin ya. Ehehehehe.
Advertisement