Pemilu Flash 24 Juli 2023, Gelombang Panas di Eropa Capai 40 Derajat Celsius, Anggota DPRD DKI Jakarta Main Game Saat Rapat, Terima Ganti Rugi Sebesar USD800 Dari McD

260

Hello

Monday is here, everyone. Time to hit the ground running again to chase your dreams. We are on the last week of July, and we’re only getting closer to 2024. Talking about 2024, we got you all the updates from the election, as always. Let’s scroll down!

As always. Meet Monday, meet…..

Pemilu Flash!

Yoi. Seperti Senin-Senin kemarin, kita mau bahas apa aja yang udah terjadi seminggu terakhir related to pemilihan umum yang bakal berlangsung awal tahun depan banget. Kamu harus tahu nih guys, menjelang pemilu, partai politik, koalisi, termasuk bakal calon presiden pilihan mereka makin sibuk bergerilya, dan ngedrama ehehehehe. So, without any further ado, shall we start?

  • Anies Baswedan-AHY makin nempel. Ok kita akan mulai dengan Koalisi Perubahan (Circle-nya NasDem-Demokrat-PKS) yah, guys. Bakal capres yang mereka usung, Anies Rasyid Baswedan disebut-sebut makin nempel aja sama Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono. Kayak Sabtu kemaren aja misalnya, Pak Anies dan Mas AHY nonton voli bareng di Sentul. Bogor. Hal ini ofc bikin publik mikir dong, “Fix ini mah. AHY cawapres-nya Anies.”
  • Khofifah nolak jadi Cawapres. Yep, di saat nama AHY makin kencang diisukan jadi sosok pendamping Anies, ada satu nama yang disebut menolak tawaran sebagai cawapres, guys. And it’s none other than: Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Hal ini legit di-spill sama Ketua DPP Partai NasDem, Effendie Choirie Sabtu kemarin. Bu Khofifah kayak nggak ada ngasih kepastian katanya, padahal udah di-reachIn that sense, Gus Chopi mikirnya yha, “Oh berarti nggak mau nih,” gitu lo. Sampai berita ini ditulis, belum ada konfirmasi apapun dari Khofifah Indar Parawansa terkait isu penolakan ini.
  • Kriteria Baru Cawapres AniesSpeaking of cawapres Anies, now everybody meetKriteria 0. Kriteria 0 ini adalah kriteria baru yang disyaratkan Anies dan harus dipenuhi sama bakal cawapresnya mendatang. At this point kamu pasti mikir, “Maksudnya apaan dah Kriteria 0?” Well, dijelaskan langsung oleh Pak Anies, intinya kriteria 0 ini adalah sosok cawapres itu kudu nggak pernah bermasalah, nggak problematic, track record-nya bersih, dan harus punya keberanian juga. Kenapa ini penting, yha karena biar nggak mudah kesandung terus digoreng karier politiknya dan mengganggu elektabilitas nanti.
  • NasDem-nya bingung. Semua orang di dunia ini bingung. Udah nggak bingung pas di akhirat ntar wkwkwkwk. On a serious note, menyikapi Kriteria 0 ini, Wakil Ketua Umum Partai NasDem, Ahmad Ali, bilangnya bingung banget sama Pak Anies, guys. Secara, tiap hari nambah mulu kriteria. Seolah cuma mau ngikutin maunya dia aja ceunah. Padahal, menurut Pak Ali yang nentuin kriteria cawapres tuh ya harusnya partai politik. Makanya di sini dia ngerasa aneh katanya gitu.
  • Meanwhile Demokrat-PKS…. sih fine-fine aja sama kriteria 0 ini. Mereka mendukung banget malah. Politisi Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra ngeliatnya hal ini selaras sama misi perubahan dan perbaikan yang dibawa sama koalisi mereka, guys. Bang Zaky bahkan menganalogikannya gini, “Membersihkan rumah Indonesia ini harus dengan sapu yang bersih. Bukan sapu yang bermasalah, atau bisa tersandera kasus.” PKS juga mikirnya sama. Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera, menyebut kalau mau Indonesia maju, capres-cawapresnya ya nggak boleh terbebani masa laluguys.
  • Anies Baswedan dengar aspirasi buruh. Jadi ya gitu, guys. Poinnya kan di sini tuh kan Pak Anies mau bawa perubahan yah bareng koalisinya. Nah untuk mewujudkan perubahan itu, maka yang harus dilakukan adalah dengerin dulu aspirasi masyarakat. Dan ini yang kemarin dilakukan Pak Anies di Bogor, Jawa Barat. Yep, di hadapan ratusan buruh, Pak Anies dengerin semua aspirasi mereka termasuk maunya mereka supaya UU Ciptaker dicabut aja. Menyikapi hal ini, Pak Anies sih cuma bilang, “Yuk kita sama-sama bawa keadilan dan kesetaraan yah.”
  • Guess who’s also in Bogor.  Ganjar Pranowo. Yoi, Selain Pak Anies, bakal capres dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo juga lagi ada di Bogor Minggu kemarin, guysPlot twist-nya adalah, nggak cuma ditemani Wali Kota Bogor, Pak Bima Arya, kunjungan kali ini Ganjar juga ditemani sama Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. Yep, kamu harus tahu nih, guys. Mas Gibran ini udah ditetapkan sebagai juru kampanyenya Pak Ganjar. Alasannya, yha karena mereka dari dulu udah deket.
  • Baju garis-garis hitam putih. And there’s that. Setelah fix jadi juru kampanye, Gibran muncul di hadapan publik pake kemeja garis-garis hitam putih nih. “Ini yang ngasih Pak Ganjar. Disiapkan langsung oleh beliau,” kata Mas Gibran gitu. Yep, in case you’re not following, kemeja garis-garis hitam putih ini emang merupakan salah satu simbol branding-nya Pak Ganjar dalam Pilpres. Kayak kemeja kotak-kotak jaman Jokowi-Ahok di Pilkada DKI 2012 lalu gitu deh.
  • Artinya apa Bang Messi….. Nah dijelaskan langsung oleh Pak Ganjar, kemeja garis-garis hitam putih ini artinya berani, guys. Hitam ya hitam, putih ya putih. Nggak abu-abu ceunah. Lebih jauh, Pak Ganjar juga menyebut nggak bersikap abu-abu ini juga disampaikan Presiden Joko Widodo. Sebagai penguat perjuangan, katanya.
  • Speaking of Presiden Jokowi….. Kita semua masih dibikin bingung dan bertanya-tanya sama sikap Pak Jokowiguys. Di satu sisi keliatan ngedukung Ganjar karena sama-sama kader PDI Perjuangan (not to mention statement ‘Rambut putih’ yang nggak akan kita lupain itu). But at the same time, beliau juga keliatan akrab banget sama bakal capres dari Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Contohnya kemarin, Pak Prabowo pamer makan bareng Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan.
  • Nggak cuma berdua sih…. Tapi juga ada Menteri BUMN, Erick Thohir. Walaupun disebut cuma ngomongin industri pertahanan, tapi people be like, “Yakinnn???” gitu kan. Secara Pak Prabowo tuh bakal capres, nah Pak ET, tokoh politik yang dari kemaren terus di-push sama Partai Amanat Nasional buat jadi cawapres, guys. Termasuk cawapresnya Prabowo Subianto.
  • Lah, bukannya Cak Imin? Nah soal itu, as we all know Gerindra tuh kan koalisi sama PKB di mana nama Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, kencang banget diisukan jadi sosok cawapresnya Pak Prabowo. Nah sekarang masuk nama Erick Thohir, PKB sih nanggepinnya santai, gengs. Iya, dikonfirmasi oleh Ketua DPP PKB, Daniel Johan, pertemuan kemaren itu pure ngomongin masalah pertahanan dengan kapasitas Pak Prabowo sebagai Menteri Pertahanan dan Ercik Thohir sebagai Menteri BUMN. PKB nggak butt hurt juga sih. Daniel Johan bahkan bilangnya silaturahmi dan komunikasi antar tokoh tuh bagus dalam persatuan.
  • Toh Mas ET-nya pun…. nggak mau dipaksa kawin kalau nggak ada chemistry. Iya guys, Mas ET bilangnya gitu. Lebih jauh, sampai sekarang Erick Thohir juga masih nunggu dan ngeliat lagi peta koalisi ini bakal kayak apa. Yha nggak mungkin juga kan kalau cuma PAN yang dukung beliau. Makanya sekarang di-observe lagi koalisinya bakal kayak apa arahnya ke mana dll.
  • Purna TNI/Polri dukung Prabowo Subianto. Last but not least, let’s wrap up Pemilu Flash! this week by knowing that sejumlah pensiunan TNI Polri minggu ini resmi menyatakan dukungan mereka terhadap Prabowo Subianto. Mulai dari eks Kapolda Metro Jaya, Komjen (Purn) Moch Sofjan Jacoeb, mantan KSAU, Marsekal (Purn) Imam Syufaat, sampai Mayjen (Purn) Muchdi Purwoprandjono. Dalam keterangannya, Sofjan bilang nggak mengharapkan apa-apa sih, guys. Toh kalaupun Prabowo terpilih, dia tetap purnawirawan katanya. Jadi ya nothing to lose aja.

When heat wave already burned down the forest…

In Southeast Europe.
Kalo belakangan ini kamu ngerasa cuaca lagi puanasss banget, yes kamu nggak sendirian. Soalnya di Eropa gelombang panas emang lagi ganas-ganasnya nih after kebakaran lahan di Eropa Selatan yang beberapa di antaranya masih aja belum kelar sampe sekarang. Gelombang panas ini parah banget guys, bahkan ada banyak negara di Eropa yang mencatatkan suhu panasnya hingga lebih dari 40 derajat Celsius.

WHAT I need some background.
You got it. Jadi udah dari minggu kemarin, beberapa area hutan di Eropa Selatan tuh kebakaran, guys. Mulai dari kebakaran hutan di Kepulauan Canary, Spanyol yang membakar sekitar 4.710 hektar termasuk ngehancurin 20 rumah dan bikin ribuan orang harus mengungsi. Terus di Catania, Italia juga terjadi kebakaran lahan yang bikin beberapa penerbangan setempat ditangguhkan untuk beberapa waktu. Last but not least, kebakaran juga melanda empat tempat sekaligus di Yunani yang bikin ribuan warga dievakuasi karena kebakaran masih berlangsung sampe sekarang.

Kok bisa barengan gitu?
Yes, ini emang agak aneh sih. Tapi kalo kamu ngira hutannya emang sengaja dibakar, that’s definitely not the case. Meskipun emang belum ada pernyataan resmi dari pihak setempat terkait penyebab kebakaran, tapi indikasi gelombang panas ekstrem yang terjadi di Eropa Selatan jadi pemicu kuat munculnya beberapa titik api di sana. Soalnya, World Meteorological Organization mencatatkan bahwa pekan pertama bulan Juli ini merupakan pekan terpanas dunia yang menyentuh suhu global rata-rata 17,24 derajat Celsius.

Wew…
Nah, gelombang panas yang terjadi sekarang sebenernya udah kejadian dari bulan lalu. Menurut European Union’s Copernicus Climate Change Service, di bulan Juni kemarin tuh emang jadi bulan Juni terpanas yang pernah ada. Makanya, nggak aneh kalo gelombang panas ini masih terjadi sampe sekarang, terutama di sebagian besar Eropa. Dampak dari musim panas ekstrim ini juga ngga main-main, karena menyebabkan gelombang panas yang bisa menyulut kebakaran tadi guys. Gelombang panas ini awalnya dinamai ‘Cerberus’ sama komunitas meteorologi Italia yang berarti monster berkepala tiga. Tapi ada juga yang menyebut ‘Charon’ atau tukang perahu yang mengantarkan jiwa ke dunia bawah.

Serem. Emang ‘Cerberus’ ato ‘Charon’ ini sepanas apa sih?
Pokoknya lebih panas dari rata-rata suhu di Indonesia lah. Jadi kalo kamu udah banyak ngeluh ngadepin panas di sini, panas di Eropa tuh udah another level lagi, guys. Soalnya emang baru-baru ini beberapa negara di Eropa lagi mencatatkan suhu panas ekstrem. Kayak yang terjadi di Yunani yang mencapai lebih dari 40 derajat Celsius yang berdampak pada penutupan bangunan bersejarah Akropolis. Malahan di Spanyol, suhu diperkirakan naik sampe di atas 45 derajat Celsius pada Rabu ini.

Sedih banget 🙁
Makanya kan. Banyaknya rekor baru gelombang panas dan terjadinya kebakaran hutan di beberapa wilayah Eropa Selatan ini juga memicu peringatan kesehatan yang serius. Peringatan ini disampaikan oleh kepala perhimpunan ahli lingkungan Italia, Alessandro Miani yang bilang bahwa gelombang panas paling sering memicu kematian pada orang dengan usia lebih dari 80 tahun. Panas yang berlebihan seperti sekarang juga bisa bikin keringat sulit menguap dan mengganggu kemampuan tubuh untuk mengatur suhunya sendiri.
Advertisement

Terus gimana dong?
Ya mau nggak mau, semua stakeholders harus bekerjasama buat ngurangin dampak dari gelombang panas ini. Syukur-syukur bisa tuh secara berangsur nurunin gelombang panas yang terjadi. Kayak yang dibilang pimpinan ilmu perubahan global College London Simon Lewis, peluang untuk mewujudkan masa depan yang layak huni akan hilang kalo jumlah emisi karbon yang ada di dunia nggak berkurang.

Got it, anything else I should know?
Ternyata bukan cuma kali ini aja nih Yunani mengalami kebakaran hutan separah ini. Dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, Yunani selalu mengalami kebakaran hutan di wilayahnya. Di tahun ini, Yunani juga mendapatkan banyak sekali bantuan dari beberapa negara lain kayak Slovakia, Israel, Yordania, sampe Turki untuk menaklukkan api. Ini dilakukan saking masifnya kebakaran di sana yang diperkirakan departemen kebakaran setempat masih berisiko tinggi terjadi di wilayah Rhodes, Evia, dan sebelah timur daratan Yunani.

When tidur waktu rapat is not a thing anymore….

Nge-game waktu rapat dong.
Nggak ada habisnya kalau ngomongin bapak-ibu DPR tuh ya, guys. Tiap hari adaaaaa aja kelakuannya. Kali ini, kita mau bahas Anggota DPRD DKI Jakarta yang ketahuan main game waktu lagi rapat Paripurna Kamis kemaren. Nggak berhenti di situ, game yang dimainin pun sus banget, bahkan disebut game judi online. So now, everybody’s eyes are onCinta Mega.

Tell me. 
Sure. Jadi gini kisahnya, guys. Cerita ini awalnya bermula di hari Kamis kemaren. Seperti biasa, bapak ibu di DPRD DKI Jakarta tuh rapat bareng Pj Gubernur DKI jakarta, Heru Budi Santoso. Rapat Paripurna lah mereka di Kantor DPRD DKI Jakarta, di Gambir, Jakarta Pusat. Nah sama kayak Rapat Paripurna di Senayan, Rapat Paripurna DKI tuh juga ada livestream-nya dan juga dihadiri sama pihak media kan.

Okay
 terus…
Terus, pas lagi livestream dan diliput sama media, dari atas tuh ada pemandangan yang nggak biasa gitu lo, guys. Tepatnya dari kursi Bu Cinta Mega, anggota Komisi DPRD DKI dari Fraksi PDI Perjuangan. Instead of nampilin materi rapat, iPad-nya Bu Cinta tuh keliatan lagi main game, dan game-nya suspicious pula. Ada sayap-sayapnya gitu, guys. Terus Bu Cinta nya pun kayak cuma ngeliatin aja iPad-nya itu gerak sendiri meanwhile dia ngomong sama temen di sebelah. Dari sini, semua pada curiga dong, “Lah ini sih judi slot.” Dan parahnya lagi, iPad itu aset DPR, guys.

WHAT???
Hal ini langsung dapat konfirmasi dari yang bersangkutan, Bu Cinta Mega. Dalam keterangannya kemarin, Bu Cinta bilang itu bukan slot, guys, tapi game Candy Crush. Lebih jauh, Bu Cinta bilang game itu dimainin waktu lagi gabut nunggu rapatnya mulai. Yang harusnya rapat mulai jam 1 siang, tapi ngaret sampai jam 2.15 siang. Nah iPad-nya lupa dimatiin katanya. In her words, Bu Cinta bilang, “Ya itu Candy Crush. Kan saya taro di meja bukan dimainkan. Ya mas, tolong ya saya. Kan saya tidak mainkan, coba tanya sama teman-teman.”

Candy Crush banget nih???
Nah ini juga yang dicurigain sampai sekarang, guys. Secara, as we all know yang namanya game Candy Crush tuh kan nggak ada sayap-sayapnya gitu yah. Iya kan? Nggak cuma itu, game Candy Crush tuh juga nggak bisa yang beneran ditonton dan gerak sendiri gitu lo. Harus digerakin juga. Makanya banyak pihak yang nggak percaya kalau itu Candy Crush.

Hmmmm….
Tapi Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono, menyebut pihaknya percaya 100% sama keterangan Bu Cinta. Yep, Bu Cinta tuh kan udah diminta klarifikasi yah. Udah diceritain juga kalau itu beneran Candy Crush. Menyikapi hal ini, Pak Gembong bilngnya, “Kami percaya 100% apa yang dikatakan Bu Cinta Mega. Apakah benar atau tidak, itu urusan Ibu Cinta Mega.”

Is that it
? Percaya doang gitu? 
Ya nggak dong. Masih dari keterangan Pak Gembong, Fraksi PDI Perjuangan juga bakal ngadain rapat buat menentukan sanksi apa yang bakal dijatuhkan ke Bu Cinta. Terus terkait iPad-nya, iPad itu disebut nggak bakal disita guys karena merupakan aset kantor kan. Lebih lanjut, Pak Gembong bahkan bilang pihaknya bakal ambil langkah terbaik terkait permasalahan ini. Biar ada efek jera dan anggota lain nggak ngelakuin hal yang sama juga ceunah. Badan Kehormatan DPRD DKI Jakarta juga sampai sekarang masih nunggu laporan resminya, biar bisa ditindaklanjuti tindakan Bu Cinta ini, guysSo just wait and see, deh.

Got it. Anything else I should know? 
FYI did you know bahwa Bu Cinta April kemaren baru aja berurusan sama KPK? Iya, April 2023 lalu, kan ada kasus dugaan korupsi pengadaan lahan di daerah Pulo Gebang, Cakung, Jakarta Timur kan. In that case, KPK tuh curiga ada aliran dana yang masuk ke orang-orang yang ikut dalam pembahasan anggaran project ini, termasuk Bu Cinta Mega. Makanya doi sampai diperiksa sebagai saksi. Tapi ya gitu aja. Nggak ada kelanjutannya lagi sampai sekarang tuh kasus, guys.

When you always get your breakfast in drive thru…

Careful of nuggets tragedy.
Siapa si yang belum pernah cobain drive-through? Yep drive -through atau di bahasa Indonesia jadi lantatur (Hayo baru tau kan? Tos!) ini merupakan inovasi efektif tanpa turun dari kendaraan yang digunakan selagi melakukan transaksi. Umumnya sih layanan ini dipake di restoran cepat saji gitu, biar sat set aja. Nah tapi kamu tau nggak sih, Rabu kemarin seorang anak dari Florida diputuskan untuk menerima uang sebesar USD800 ribu setelah chicken nugget yang doi pesen, back in 2019 di McD jatuh dalam kondisi panas dan bikin pahanya kena luka bakar?
 
Yep, jadi awalnya, balita bernama Olivia itu membeli happy meals bersama saudara dan ibunya lewat drive through di restoran McDonald’s yang ada di Florida. Awalnya, si ibu dateng dan beli lewat drive-through secara biasa aja tuh. Sampe ketika ibu ini keluar dari mobil untuk suatu keperluan, eh tiba-tiba aja Olivia menjerit kenceng banget dari dalem mobil setelah nugget yang hendak doi makan malah jatuh ke kakinya. Atas insiden itu, Olivia mengalami luka bakar tingkat dua dan memerlukan beberapa minggu untuk recovery.
 
Dari insiden ini, si ibu bersama pengacaranya lalu menuntut ganti rugi USD15 juta kepada McDonald’s. Menurutnya, pihak restoran cepat saji itu nggak memperingatkan lebih dulu tentang pesanannya yang ternyata sepanas itu. Since then, proses pengadilan berjalan dan diputuskanlah denda untuk McD sebesar USD800 tadi.
 
Yang menarik, sebelumnya pernah juga ada kejadian yang persis kayak gini di tahun 1990-an, pada nenek berusia 81 tahun. Waktu itu, doi menang di pengadilan dan berhasil mendapatkan ganti rugi senilai USD480 ribu setelah tersiram kopi panas yang dipesannya di gerai McDonald’s. Kopi yang ia pesan tumpah ke pangkuannya dan membakar sebagian besar area kaki ketika si nenek mencoba menstabilkan cangkirnya dengan kakinya sambil membuka tutup cangkir. Hasilnya nenek tersebut mendapat luka bakar tingkat tiga dan menghabiskan lebih dari seminggu di rumah sakit. Awalnya si nenek hanya meminta USD20 ribu kepada McDonald’s setelah kejadian ini. Tapi pihak McDonald’s cenderung menyalahkan keteledoran si nenek dan memutuskan untuk membawanya ke pengadilan, maka hakim memutuskan pihak McDonald’s harus membayar USD480 ribu kepada nenek.

“Cuma usul.”
 
Gitu guys kata Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bali, I Nyoman Adi Wiryatama yang berusaha ngelurusin isu soal adanya anggota DPRD Bali yang nitipin siswa dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2023 di Bali. Kata Pak Adi, anggota DPRD Bali tuh cuma ngasih usulan aja, tapi yang nentuin kan tetap Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Provinsi Bali.

When you asks for a raise and your manager says no…

Announcement


Thanks to Mona, Sarsa, and Someone for buying us coffee today! 

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Catch Me Up! recommendations

Thinking about getting a pierce? Read this first.
Advertisement