Kabinet Indonesia Maju Mengalami Perombakan Lagi

108

Who’s having their first day at the offices?

Bapak-Bapak Menteri dan Wakil Menteri Barunya Jokowi.
Reshuffle lagi, reshuffle lagi. Kemarin banget nih, Kabinet Indonesia Maju again and again mengalami perombakan alias reshuffleguys. Yep, ada menteri baru yang masuk di pemerintahan Presiden Joko Widodo. Ada juga beberapa kementerian yang punya wakil menteri baru. Yuk kenalan!

Tell me. 
Ok. To start it off, yang harus kamu tahu adalah, meskipun udah mulai masuk ke detik-detik terakhir pemerintahan Presiden Jokowi, tapi demi keberlangsungan negara nih, maka kalau Presiden maunya reshuffle menteri, yha reshuffle it is. Secara, hak prerogatif presiden juga kan itu. Nah reshuffle ini juga yang terjadi kemarin banget, di Istana Negara. Dalam kesempatan itu, Pak Jokowi melantik menteri dan wakil menteri baru untuk beberapa kementerian. Kita bahas satu-satu yah.

Gimme all the details….
OK. Pertama, kamu pastinya masih inget dong kalau Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate tuh kan beberapa waktu lalu ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi BTS 5G yah. That being said, jabatan Menkominfo tuh dilimpahkan ke PJ aka penanggung jawab, yang saat ini dijabat oleh Menkopolhukam Mahfud MD. Tapikan jabatan menterinya kosong, kan. Makanya Menkominfo yang baru akhirnya dilantik kemarin. So everybody meet: Budi Arie Setiadi. (Yes, another Budi in the cabinet ehehehe).

Skim me his CV… 
Sure. Pak Budi Setiadi ini adalah Ketua Umum Relawan Pro Jokowi yang sebelumnya juga menjabat sebagai Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. Yep, naik level doi jadi menteri dan jadi satu-satunya menteri yang dilantik kemaren. Adapun alasan Pak Budi di-reshuffle menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika adalah karena Presiden Jokowi nge-consider banyak program strategisnya Kominfo yang kudu kelar as soon as possible, nggak terkecuali Project BTS yang saat ini terbengkalai. Nah dalam hal ini, Pak Jokowi tuh liatnya Pak Budi bakal mampu ngelarin kerjaannya dengan sat set sat set.

Emergency
 lah ya…
Correct. Saking pengen cepet-cepetan nih, kemarin Presiden Jokowi juga melantik Wakil Menteri untuk Kominfo, guys.  Padahal jabatan ini sebelumnya nggak ada. Yep, wamennya namanya Nezar Patria. Nama Pak Nezar sendiri udah terkenal lama malang melintang di media, pers, dan BUMN, guys. Jadi dengan adanya Pak Nezar sebagai Wamen, yha diharapkan program strategis Kominfo bisa beneran kelar cepet, terutama BTS itu tadi.
Advertisement

Ok terus siapa lagi?
Nah selain di Kementerian Kominfo, kementerian lain yang punya bos baru antara lain: Kementerian Agama, Kementerian BUMN, Kementerian Luar Negeri, serta Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal. dan Transmigrasi. Kalau Kementerian Desa PPDT yha obvious yah, karena Pak Budi jadi Menteri, jabatan yang ditinggalkan Pak Budi kemudian diisi oleh Paiman Rahardjo, akademisi yang juga Rektor Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Interesting. Terus terus? 
Terus ada juga Saiful Rahmat Dasuki, kader PPP yang dilantik sebagai Wakil Menteri Agama. Nggak cuma itu, kalau kamu into economics dan hubungan Indonesia-AS, kamu pastinya udah nggak asing sama nama Rosan Roeslani, rite? Rosan Roeslani ini adalah Duta Besar Indonesia untuk AS yang baru aja diminta balik ke tanah air dan mengabdi di Kementerian BUMN sebagai Wakil Menteri, guys. Yha diharapkan sih doi bisa bikin BUMN kita jadi pemain global, kata Pak Jokowi. Speaking of BUMN as pemain global, Pahala Mansury, Wakil Menteri BUMN juga kemaren di-reshuffle mengisi posisi Wakil Menteri Luar Negeri. And that’s all.


Got it. Anything else? 
FYI gara-gara reshuffle kemaren itu, pasar modal bergerak ke arah positif lo, guys. Iya, alasan pergerakan positif ini disebut yha nggak jauh-jauh dari terpilihnya Pak Rosan Roeslani sebagai Wakil Menteri BUMN. Kalau kamu skip banget Pak Rosan ini siapa, sebelum sampai di posisi Dubes, Pak Rosan ini emang seorang banker dan ekonom yang punya pengaruh kuat di pasar modal. In that sense, dengan dilantik sebagai Wakil Menteri BUMN, ada sentimen related to emiten-emitennya BUMN khususnya di emiten karya dan bank.

Yuk pak, sat-set!
Advertisement