Film Barbie Tidak Akan Tayang di Vietnam

163

Who’s (not) singing: Imma barbie girl, in a barbie world?

Vietnam.
Yang baru aja mengkonfirmasi bahwa fix nih, film “Barbie” yang dibintangi oleh Margot Robbie dan Ryan Gosling ga akan tayang di Vietnam. Alasannya? Polemik Laut China Selatan. Iya guys, gokil yah urusan politik ampe bisa ngaruh ke perfilman gini. Well, jadi initially, film “Barbie” harusnya tayang di bioskop pada pertengahan Bulan Juli ini kan. Namun otoritas perfilman Vietnam be like “I spy with my little eye…” ketika mereka menemukan satu scene di film ini yang nunjukin peta Laut China Selatan, dengan menggunakan gambar “nine-dash line”. Masalahnya, “nine-dash line” adalah gambar perbatasan versi China, yang mengklaim hampir seluruh area di Laut China Selatan sebagai teritorialnya. Padahal kan di situ ada juga klaim punyanya Vietnam, Filipina, Taiwan, hingga Malaysia. Nah balik ke film Barbie tadi, dengan menggunakan versi “nine-dash line”
Advertisement
, maka jelaslah bahwa di film itu, area teritorialnya Vietnam jadi seolah-oleh punyanya China. Vietnam bete. Di-banned deh filmnya.
 
Nah ternyata guys, bukan cuma film Barbie aja yang pernah di-banned di Vietnam. Sebelumnya, udah ada dua film Hollywood yang dilarang di Vietnam gara-gara nampilin klaim China pada Laut China Selatan. Kedua film yang dilarang ini merupakan film animasi garapan DreamWorks berjudul “Abominable dan film aksi garapan Sony berjudul “Uncharted”. Padahal ya kalo dipikir-pikir, yang punya klaim kan bukan Vietnam doang ya, tapi yang paling galak mereka tu…
Advertisement