Penipu Kembar Rihana-Rihani Ditangkap

307

When we talk about Rihanna but not about Fenty, Chris Brown, or Umbrella…

Tapi soal ‘si kembar’ Rihana-Rihani
I believe someday drama will be over. Salah satunya ya drama penipuan iPhone yang dilakuin si kembar Rihana-Rihani ini. Kemarin banget, mereka berdua akhirnya ditangkap di sebuah apartemen di Tangerang Selatan. Mereka ditangkap tanpa perlawanan setelah 22 hari buron kasus penipuan iPhone senilai Rp35 milyar. Once again, 35 milyar.

Geezzzz 
kok bisa?
Well, jadi di awal bulan Juni kemarin tuh Twitter sempet dihebohin sama thread dari seorang selebtwit yang nge-spill penipuan preorder iPhone-nya si kembar. Di thread itu dibeberin lah semuanya, mulai total kerugian korban yang lebih dari Rp35 milyar sampe adanya indikasi ancaman dari pelaku ke para korban. Selebtwit-nya juga bilang kalo si kembar ga cuman ngincer di skala basar doang, tapi orang-orang yang cuma beli satuan aja juga mereka tipu.

Go on…
Nah saking kezelnya sama pelaku, salah satu korban sampe ada yang bikin akun Instagram khusus buat bikin viral pelaku. Di akun Instagram ini diceritain tuh kronologi salah satu korban yang awalnya kegiur preorder iPhone si kembar yang surprisingly murah banget. Setelah beberapa waktu ngamatin dan tanya-tanya, akhirnya pesanlah korban pada Januari 2022. Awalnya si kembar kasih estimasi waktu sampe 12 minggu tuh. Eh tapi malah pesenan korban nggak kunjung dateng dengan berdalih ada masalah. Pas korban minta refund pun, si kembar juga ngeles mulu sampe akun jualan si kembar hilang.

Emang korban nggak lapor polisi?
Ya jelas lapor dong. Hingga berita ini ditulis, tercatat ada 17 laporan yang diterima kepolisian atas kasus penipuan si kembar. Menanggapi laporan itu pihak kepolisian sebenernya udah dua kali memanggil si kembar sebagai terlapor. Tapi dari kedua panggilan ini, si kembar sama sekali nggak pernah dateng, guys. Melihat masifnya jumlah laporan dan total kisaran kerugian korban, akhirnya Polda Metro Jaya turun tangan di kasus ini.

OK terus…
Nah setelah diambil alih Polda Metro Jaya dan status si kembar yang udah jadi tersangka, akhirnya awal bulan kemaren si kembar resmi masuk ke daftar pencarian orang. Nggak sampe situ doang, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi aka PPATK juga udah ngeblokir 21 rekening atas nama si kembar. Meskipun nggak nyebutin besaran saldo rekening si kembar, tapi Kepala PPATK
Advertisement
, Ivan Yustiavandana mengonfirmasi bahwa nilai transaksi rekening si kembar tuh gede banget, guys.

WOW.
Ternyata kasusnya si kembar ini nggak cuma tentang iPhone doang lho. Seorang pengusaha mobil rental di Jakarta Selatan juga mengaku mobil sewaannya udah digelapin sama si kembar. Awalnya pelaku merental mobil dari empat tahun yang lalu dan berjalan normal aja tuh. Sampe akhirnya enam bulan belakangan ini, pelaku nggak kunjung membayar uang sewa. Kasus ini juga udah dilaporin ke pihak kepolisian Kebayoran Baru.

HUH, untung mereka udah ketangkep ya…
Yep, akhirnya si kembar berhasil ditangkap pihak kepolisian di sebuah apartemen di Tangerang Selatan. Video penangkapan si kembar akhirnya mulai beredar di timeline sosial media. Netizen yang udah geram sama kelakuan si kembar malah dibikin makin panas gara-gara si kembar masih sempet ketawa ketika ditanya petugas. Sambil ketawa, si kembar menjawab enteng bahwa dirinya selama ini mencukupi kebutuhan makannya lewat supermarket di bawah apartemennya.

Memang agak lain sepertinya…
WKWK begitulah.. Setelah si kembar ditangkap, mereka digiring ke Polda Metro Jaya untuk pendalaman kasus. Menurut keterangan dari Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Pak Imam Yulisdiyanto, si kembar sebenernya juga udah tau dirinya lagi buron. Makanya mereka tuh bersembunyi di sini dan diketahui beberapa kali pindah apartemen.


Anything else I should know?
Balik lagi ke dugaan ancaman si kembar ke para korban di awal yuk. Dari situ muncul spekulasi tuh dari para korban bahwa si kembar ini sebenernya punya ‘bekingan’ yang kuat. Masih di hari yang sama dengan penangkapan si kembar, ketua Indonesia Police Watch, Pak Sugeng meminta kepolisian untuk mendalami adanya pihak yang melindungi tersangka. Ini juga termasuk sama dugaan pencucian uang mungkin dilakuin si kembar.
Advertisement