Kecelakaan Kereta di India

117

What’s the international headline over the weekend?

Train crash in India.
Yep, over the weekend kemarin, masyarakat dunia dibuat berduka dengan peristiwa mematikan di Odisha, India. Iya, mematikan. Secara, hari Jumat kemarin, sebanyak 275 orang dinyatakan tewas dan lebih dari 1000 orang lainnya mengalami luka-luka atas kecelakaan kereta api yang terjadi di sana.

WHAT?? Gimana ceritanya???
Ceritanya tuh gini, guysAs we all know India tuh kan adalah negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia, yakni sekitar 1,4 miliar jiwa penduduk. Nah dengan penduduk sebanyak itu, plus wilayahnya yang mostly daratan, maka sistem transportasi yang paling diandalkan di India adalah kereta api. Dihimpun dari data Kementerian Perkeretaapian India, ada 25 juta penumpang yang diangkut setiap harinya, yang melintas di rel yang kalau ditotal sepanjang 100.0000 km, dan terbentang all over the country. Maka nggak heran sistem kereta api India ini adalah salah satu yang paling besar di dunia.

Whoaaa…
Cuma ya gitu, there comes the flaw. Masalah ‘tergelincir’ tuh seringkali jadi masalah buat kereta api India. Yep, datanya pemerintah bahkan bilang bahwa sekitar 70% kecelakaan kereta api di India bisa terjadi gara-gara tergelincir. Alasan tergelincirnya tuh macem-macem, kayak treknya nggak well-maintained, gerbongnya rusak, atau emang ada error waktu dikemudikan. Nah, alasan tergelincir ini jugalah yang diduga jadi penyebab dua kereta penumpang dan satu kereta kargo “tabrakan tiga arah” di Kota Balasore, Odisha, India.

Tabrakan tiga arah tu gimana??
Gini gini, menurut laporan setempat, awalnya ada kereta penumpang yang tabrakan sama kereta cargo. Tabrakan ini lumayan keras sampe bikin kereta penumpangnya terbalik dan menyerempet jalur lain. Nah naasnya, di jalur lain yang diserempetin ini juga ada kereta yang lagi melintas dari arah berlawanan. Kegelincir lah kereta itu di situ. Makanya dibilang tabrakan tiga arah :((. Terkait hal ini, Menteri Perkeretaapian India, Ashwini Vaishnaw menyebut bahwa penyebab kecelakaan sampai kegelincir kayak gini tuh karena perubahan sinyal yang digunakan sama kereta api tersebut. Sejauh ini, penyelidikan juga masih terus dilakukan biar ketahuan siapa yang harusnya bertanggungjawab atas kecelakaan ini.
 
Ada korban?
Banyak :(. Dalam tragedi ini, sebanyak 275 orang penumpang dinyatakan meninggal dunia dan lebih dari 1000 orang lainnya mengalami luka-luka. Saat ini, TKP masih dibersihkan hingga melibatkan lebih dari 2.000 pekerja, tujuh mesin penggali, 115 mobil ambulan, 50 bus, dan puluhan health unit
Advertisement
 lainnya. Terus, evakuasi pun masih tetap dilakukan dengan menggunakan kereta api bantuan. Cuma agak hopeless aja buat dapatin korban selamat, gitu kalau kata pemerintah setempat. Yang mereka dapatin cuma dead bodies. Saddd :((((

Separah itu yaa?
Iya, karena disebutkan juga bahwa kecelakaan kereta api kali ini tuh jadi kecelakaan yang paling tragis yang pernah terjadi selama 20 tahun terakhir. Sudhanshu Sarangi, Kepala Fire Department di Odisha bahkan bilang, “This is very, very tragic. I’ve never seen anything like this in my career.” Dan karena udah separah ini, hari Sabtu kemarin pemerintah setempat pun menyatakan Hari Berkabung buat Odisha.

Ini sedih banget.
Banget, guys. Makanya pas denger berita naas ini, Perdana menteri India Narendra Modi langsung visit ke lokasi dan menyampaikan apresiasinya buat siapa pun yang udah kerja keras melakukan penyelamatan. Lebih jauh, para pemimpin dunia kayak Presiden AS Joe Biden, PM Inggris Rishi Sunak, PM Jepang Fumio Kishida, Presiden Rusia dan Ukraina, Volodymyr Zelenskyy dan Vladimir Putin, bahkan sampai Sekjen PBB Antonio Guterres juga menyampaikan belasungkawa mereka terhadap tragedi ini. Direspons lah sama pemerintah India, “Makasih banget. Ini bisa jadi source of strength.”


Got it. Anything else I should know? 
Btw balik lagi ke sistem kereta api di India. Jadi emang meningkatkan infrastruktur kereta api tuh emang udah jadi prioritasnya Narendra Modi sejak lama. Harapannya sih, infrastruktur transportasi ini bisa memudahkan mobilitas warga dan bisa menghasilkan peningkatan ekonomi senilai US $5 triliun di tahun 2025 nanti. Makanya buat ngejar ke situ, banyak deh tuh anggaran belanja negara yang dialihkan ke transportasi. India bahkan lagi ngebangun program kereta cepat buat gantiin kereta api mereka yang terkenal lelet itu.
Advertisement