Pemilu Flash 5 Juni 2023

128

Now, here’s your weekly: Pemilu Flash!

A to Z Pemilu-related drama is here.

Yoi. Mulai dari drama-dramanya Partai Politik menjelang Pemilu 2024, terus isu-isu soal Capres dan Cawapres, semuanya udah mimin rangkumin di sini, guys. nah yang mau kita bahas ini adalah kejadian yang terjadi selama semingguan terakhir. Ada apa sih semingguan ini? Scroll down deh….

  • ‘Serangan Darat’ PKB. Partainya kaum Nahdliyyin ini disebut-sebut sejak Jumat kemarin udah melancarkan aksi serangan darat-nya. Serangan Darat ini adalah instruksi buat kader-kader PKB di mana pun berada buat segera mendeklarasikan ketua umum mereka, Muhaimin Iskandar sebagai Capres 2024. Nggak cuma itu, Pemasangan bendera partai, baliho, kunjungan ke tokoh masyarakat, sampai kegiatan sosial harus dilakukan buat mendukung aksi ini. Yakk siap-siappp.
  • Siapa Cawapres Prabowo... Iya kan? Secara as we all know selama ini kandidat terkuat untuk jadi Bakal Cawapres mendampingi Pak Prabowo tuh ya Cak Imin sendiri. Nah kalau Cak Imin-nya maju jadi Capres, terus yang jadi Cawapresnya Prabowo siapa dong? Nah menyikapi hal ini, politisi Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad sih bilangnya dua partai ini tuh udah punya kontrak politik di mana  Cawapres ini bakalan datang dari PKB. Jadi kalau Cak Imin mereka terima, kalau orang lain yha juga silakan. “Asal usulan dari PKB,” katanya gitu.
  • Rakernas Partai Golkar. Yep, yang lain udah ngomongin Capres, Partai Golkar justru baru menggelar yang namanya Rakernas aka Rapat Kerja Nasional. Rakernas ini diadain dari kemaren sampai besok puncaknya, di mana menurut Wakil Ketua Umum Golkar Melchias Markus, Rakernas kali ini tuh cuma konsolidasi sama ngebahas persiapan pemenangan Pemilu aja ceunah. Nggak ada pembahasan tentang Capres-Cawapres. Hmmm….
  • Capres Pilihan Golkar. Meskipun nggak dibahas di Rakernas, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bilangnya Partai Golkar tuh udah ngobrol sama sembilan partai lainnya terkait pencapresan ini. Pak AH bilang, partainya itu masih open sama berbagai options. “Mudah-mudahan keputusan tidak lama lagi,” kata Pak Airlangga gitu.
  • PAN juga lagi galau. Yep, sama kayak Partai Golkar, PAN juga sekarang juga lagi galau mau dukung siapa buat Pilpres. Menurut Wakil Ketua Umum PAN, Yandri Susanto, pihaknya masih bimbang antara dukung Ganjar Pranowo atau Prabowo Subianto. Kebimbangan ini Pak Yandri sampaikan waktu Jumat kemarin ketemuan sama Ketua Umum PDI-Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. Rencananya sih, dalam waktu dekat PAN juga bakalan ketemuan sama Pak Prabowo Subianto dan Partai Gerindra. Biar nggak galau lagi yha….
  • Parpol lain dukung Ganjar. Iya, di saat PAN masih galau menentukan pilihan, PDI Perjuangan, melalui Sekjen mereka Hasto Kristiyanto bilangnya bakal ada partai politik lain
    Advertisement
     yang mendukung Capres pilihan mereka, Ganjar Pranowo. Nggak disebutkan sih apakah itu PAN atau partai apa, tapi Pak Hasto bilangnya saat ini PDI-Perjuangan masih aktif komunikasi sama berbagai partai, dan partai ini bakal mendeklarasikan dukungan mereka ke Ganjar Jumat ini, guysJust wait and see Jumat ini, yah..
  • Ganjar diteriaki ‘Presiden’. Masih soal Bakal Capres Ganjar Pranowo, hari Kamis kemaren Mas Ganjar tuh datang meresmikan Rumah Aspirasi relawan Ganjar di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Sampai di situ, Ganjar udah disambut sama ratusan relawan dan simpatisan yang neriakin beliau Presidenguys.  Rame banget pokoknya, meskipun belum ketahuan Cawapres-nya siapa. Sejauh ini, PPP sih udah mengusulkan dua nama untuk sosok Bakal Cawapres. Tapi yha belom di-spill aja dua nama itu siapa.
  • ‘Spall-Spill’ Cawapres Anies. Yep, sosok capres yang diusung Nasdem-Demokrat-PKS ini juga masih galau untuk memilih wapres guys. Nah, untuk menemukan solusi dari kebuntuan ini, Pak Anies kemudian ketemuan sama Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono di Pacitan, Jawa Timur minggu lalu. Di pertemuan tersebut katanya Pak Anies udah nge-spill ke Pak SBY sosok cawapresnya yang cuma ada satu nama. Siapakah satu nama itu? Nah tunggu aja karena katanya bakal diumumkan by the latest 16 Juli 2023 mendatang, guys.
  • PKS fomo. Nah, udah bilang ke Pepo, udah bilang ke Pak Surya Paloh Ketum Nasdem, Pak Anies tinggal bilang ke PKS nih guys, soal nama capresnya itu. Pak Anies bilang, doi bakal ngabarin PKS juga dalam waktu dekat, yang pasti sebelum deklarasi nanti.
  • Elektabilitas Prabowo naik. Last but not least,  we’re not gonna skip this Pemilu Flash! without ngomongin elektabilitas. Yep, based on Survei Litbang-nya Kompas, nama Pak Prabowo ada di posisi pertama alias yang tertinggi di kalangan pemilih Nahdlatul Ulama dengan elektabilitas sebesar 25,8%, disusul Mas Ganjar dengan 24,9%. Posisinya Pak Ganjar dan Pak Prabowo tuh salip-salipan banget guys di survei ini di mana sebelumnya Pak Ganjar jadi yang pertama, eh sekarang elektabilitas Pak Ganjar turun dan Pak Prabowo naik, jadi kesalip deh. Pak Anies sendiri ada di posisi ketiga dengan elektabilitas sebesar 12,5%.
Advertisement