Pendaftaran Caleg Dibuka

192

Pemilu Flash! On Pendaftaran Caleg, etc.

Pendaftaran Caleg is happening!!
Crazy how time flies, rite? Our ‘democratic party’ alias Pesta Demokrasi Pemilu 2024 is getting real, everybody. Yep, setelah beberapa waktu lalu Komisi Pemilihan Umum aka KPU membuka pendaftaran untuk partai politik yang bakal ikutan Pemilu, kini proses itu udah beres, guys. Masing-masing parpol udah dapat nomor urut, now we’re jumping to another chapter di mana orang-orang yang namanya ntar bakal kita liat di surat suara sibuk mendaftarkan diri bareng partai mereka ke KPU.

Yep, we’re talking about 
Pendaftaran Calon Anggota DPR, DPRD, dan DPD yang udah berlangsung full dua minggu, dari tanggal 1-14 Mei. Now we bring you the recap of what happened over these past two weeks. Leggoo….

  • 18 Partai yang mendaftar. Meskipun udah dibuka sejak tanggal 1, tapi partai politik baru rame-rame datangin KPU tuh di minggu kedua, guys. Dimulai di Senin tanggal 8 Mei dan diawali sama Partai Keadilan Sejahtera aka PKS, terus diikuti sama Partai Hanura di tanggal 10, dan partai-partai lainnya yang nyusul sampai mentok deadline di hari Minggu kemarin. Iya, kayak kamu, para parpol ini juga suka ngumpulin tugas mepet-mepet deadline. EHEHEHE. Sejauh ini, udah ada 18 partai yang mendaftarkan caleg mereka ke KPU, guys, termasuk partai-partai gede yang dari kemaren udah kita omongin kayak PDI-Perjuangan, Partai Gerindra, Partai NasDem, Golkar, dll.
  • Partai Demokrat dangdutan. Di antara partai-partai di atas, ada juga Partai Demokrat yang kemarin banget nih mendaftarkan sebanyak 580 bakal caleg mereka ke KPU. Dipimpin langsung oleh Ketum Agus Harimurti Yudhoyono, rombongan itu rame banget pake iring-iringan perkusi, rampak kendang, dan penari. Mas AHY bahkan nyanyi dangdut koplo, guys. Dalam Pemilu tahun depan, Partai Demokrat sendiri ambi bakal masuk tiga besar, dengan capaian 14-15 persen kursi di DPR RI.
  • Cak Imin dipersiapkan untuk Pilpres. Dari Partai Demokrat, kita ke Partai Kebangkitan Bangsa aka PKB. PKB juga udah officially mendaftarkan 580 caleg-nya ke Komisi Pemilihan Umum. Sama kayak Mas AHY, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar cuma memimpin rombongan aja, nganterin gitu, nggak ikut daftar jadi caleg. Fokus buat Pilpres aja katanya, guys.  In his words, Cak Imin bilangnya, “Saya diperintah oleh para kiai, Dewan Syura, Ijtima Ulama untuk tidak boleh nyaleg karena dipersiapkan untuk nyalon presiden,” katanya gitu. Lebih jauh, hal ini sejalan juga sama isu yang sekarng beredar di mana Cak Imin dipersiapkan buat jadi Cawapres mendampingi Prabowo Subianto. Tapi belom fix juga sih, nggak mau berandai-andai juga kata Cak Imin. Kalau nggak capres, ya cawapres. Pokoknya ngikutin perintah PKB dan para ulama.
  • PAN dan perempuan. Dari Partai Demokrat, terus ke PKB, now we’re moving to Partai Amanat Nasional aka PAN. Yang harus kamu tahu adalah pendaftaran caleg ini kan terjadi di seluruh kabupaten dan kota, serta provinsi di seluruh Indonesia yah. Nah jadi selain di KPU pusat, KPU di daerah juga hectic tuh ngurusin pendaftaran ini, guys. Salah satunya KPU Jawa Tengah. Di KPU Jawa Tengah, pendaftaran Caleg untuk PAN diwakili oleh 12 kader perempuan mereka, guys. Yep, disampaikan oleh Wakil Ketua DPW PAN Jawa Tengah, Sri Maryuni, PAN Jawa Tengah emang sengaja mengutus 12 kader ini sebagai simbol kalau partai mereka tuh sangat menjunjung tinggi keterlibatan perempuan dalam legislatif, guys. PAN Jawa Tengah sendiri mendaftarkan kurang lebih 120 caleg mereka di mana 47 di antaranya adalah kader perempuan.
  • The beef between Golkar-PAN-PPP, aka Koalisi Indonesia Bersatu. As we all know sejak PPP menyatakan dukungan mereka terhadap Ganjar Pranowo sebagai calon presiden, rame banget yang ngomongin kalau koalisi ini tuh udah retak bahkan hampir bubar, guys. Nah, tapi instead of PPP yang left out, di pendaftaran caleg kemaren justru Partai Golkar yang left out, guys. Iya, PPP dan PAN diketahui daftarin caleg mereka barengan di hari Jumat, sementara Golkar baru di hari Minggu kemaren. Publik pada wondering dong, “Hayoo kemaren daftar parpol aja barengan kok sekarang udah gak lagi?” Terus menyikapi hal ini, Ketua DPP Partai Golkar, Dave Laksono bilangnya, “Yha terus kenapa?” Meskipun di dalam koalisi yang sama nih, tapi Pak Dave bilangnya pendaftaran Caleg tuh diurus masing-masing, guys
    Advertisement
    . Apalagi yang diurus ratusan caleg, yha it takes time, katanya gitu. Hmmm…
  • PDI-Perjuangan dan kader artis. Ngomongin 2024 will never be complete without.. PDI-Perjuangan. Yep, PDI-Perjuangan Kamis kemaren juga udah mengantarkan kader-kadernya menuju Pemilihan Legislatif, di mana dari ratusan kader yang mendaftar, 14 di antaranya adalah nama-nama yang udah nggak asing di telinga  kita. Yep, mulai dari anggota DPR RI yang sebelumnya udah menjabat dan datang dari kalangan artis kayak Si Doel alias Rano Karno, Rieke Diah Pitaloka, serta Mimi Kris Dayanti. Ada juga nama baru yang juga datang dari kalangan artis tanah air kayak Once Mekel, Marcell Siahaan, Denny Cagur, Tamara Geraldine, dll.
  • Artis dan Anggota DPR. Nah selain dari PDI-Perjuangan, banyak juga partai politik lain yang punya kader dari kalangan artis dan kemarin udah mendaftar sebagai bakal caleg, guys. Dari Partai NasDem ada Reza Artamevia, Choky Sitohang, dan Annisa Bahar. Terus kalau PKS tuh ada Narji, serta Ahmad Dhani dan Melly Goeslaw yang nyalonin dari Partai Gerindra.
  • Menteri Jokowi ikutan nyaleg. Nggak cuma dari kalangan artis, beberapa menteri-menterinya Presiden Joko Widodo dari Kabinet Indonesia Maju juga pada nyalonin diri jadi anggota legislatif dalam Pemilu tahun depan, guys. Mulai dari Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah, Menteri Sosial Tri Rismaharini. serta Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar. Well, in case you’re wondering, “Lah emang boleh?” Yha boleh-boleh aja, guys. Peraturan dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu juga menjelaskan kalau menteri yang nyalonin dirinya jadi anggota legislatif nggak perlu mundur dari jabatan mereka.
  • Anak Puan Maharani joins the game. Now everybody meet: Diah Pikatan Orissa Putri Hapsari alias Pinka Hapsari. Pinka Hapsari ini anak pertamanya Ketua DPR RI, Puan Maharani yang kemarin juga didaftarkan sebagai calon anggota DPR RI ngikutin jejak ibu dan neneknya di PDI-Perjuangan. Lebih jauh, Pinka diketahui sebagai salah satu kader muda yang sebelumnya udah dapat pendidikan politik, guysAlongside with Pinka, ada juga Aryo Seno Bagaskara yang saat ini masih berstatus sebagai mahasiswa.
  • Mbak Puan pun nggak ketinggalan. Iya, like mother like daughter, Puan Maharani pun diketahui juga udah mendaftarkan diri buat nerusin langkahnya buat maju terus sebagai calon anggota legislatif di Pemilu besok, guys. Menurut Sekjen PDI-Perjuangan, Mas Hasto Kristianto, Mbak Puan itu patut dicalonkan karena emang beliau sebagai Ketua DPR RI perempuan pertama, terus juga jadi ketua DPP Bidang Politik, plus pernah sukses jadi Menko PMK yang terbukti kepemimpinannya, masih muda pula.
  • Bu Cinta enters the group chatLast but not least, yang bikin rame di Pendaftaran Calon Anggota DPR/D dan DPD kemarin tuh none other than Atalia Praratya aka Bu Cinta, istrinya Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang menyatakan siap maju jadi anggota legislatif dari Partai Golkar. Suami istri nggak terpisahkan, sampai partainya aja sama hehehe. Disampaikan langsung oleh Bu Cinta, selama mendampingi Kang Emil sebagai Gubernur, Bu Cinta yang juga aktif di berbagai aktivitas kemasyarakatan ini ngerasa perlu ngambil langkah di ranah kebijakan, buat bantu lebih banyak orang di isu perempuan dan anak yang jadi concern-nya Bu Cinta.

We’re soooo ready to welcome 2024!!! AAAAA!!!! 

Advertisement