Pendaftaran Caleg Dibuka, Mantan PM Pakistan Yang Terjerat Kasus Korupsi, Kasus Sifilis di Indonesia Meningkat, Anjing Tertua di Dunia

245

Good morning

Rise and shine! Today, let’s talk about Pemilu 2024. Yep, we’ve always been excited about it because of allll the drama. We know you’re just as curious as us, so today we bring you: Pemilu Flash! It’s a weekly recap, where we will catch you up! with all the pemilu drama from over the weekend on your inbox every Monday. So, enjoy our first edition!

Pemilu Flash! On Pendaftaran Caleg, etc.

Pendaftaran Caleg is happening!!
Crazy how time flies, rite? Our ‘democratic party’ alias Pesta Demokrasi Pemilu 2024 is getting real, everybody. Yep, setelah beberapa waktu lalu Komisi Pemilihan Umum aka KPU membuka pendaftaran untuk partai politik yang bakal ikutan Pemilu, kini proses itu udah beres, guys. Masing-masing parpol udah dapat nomor urut, now we’re jumping to another chapter di mana orang-orang yang namanya ntar bakal kita liat di surat suara sibuk mendaftarkan diri bareng partai mereka ke KPU.

Yep, we’re talking about 
Pendaftaran Calon Anggota DPR, DPRD, dan DPD yang udah berlangsung full dua minggu, dari tanggal 1-14 Mei. Now we bring you the recap of what happened over these past two weeks. Leggoo….

  • 18 Partai yang mendaftar. Meskipun udah dibuka sejak tanggal 1, tapi partai politik baru rame-rame datangin KPU tuh di minggu kedua, guys. Dimulai di Senin tanggal 8 Mei dan diawali sama Partai Keadilan Sejahtera aka PKS, terus diikuti sama Partai Hanura di tanggal 10, dan partai-partai lainnya yang nyusul sampai mentok deadline di hari Minggu kemarin. Iya, kayak kamu, para parpol ini juga suka ngumpulin tugas mepet-mepet deadline. EHEHEHE. Sejauh ini, udah ada 18 partai yang mendaftarkan caleg mereka ke KPU, guys, termasuk partai-partai gede yang dari kemaren udah kita omongin kayak PDI-Perjuangan, Partai Gerindra, Partai NasDem, Golkar, dll.
  • Partai Demokrat dangdutan. Di antara partai-partai di atas, ada juga Partai Demokrat yang kemarin banget nih mendaftarkan sebanyak 580 bakal caleg mereka ke KPU. Dipimpin langsung oleh Ketum Agus Harimurti Yudhoyono, rombongan itu rame banget pake iring-iringan perkusi, rampak kendang, dan penari. Mas AHY bahkan nyanyi dangdut koplo, guys. Dalam Pemilu tahun depan, Partai Demokrat sendiri ambi bakal masuk tiga besar, dengan capaian 14-15 persen kursi di DPR RI.
  • Cak Imin dipersiapkan untuk Pilpres. Dari Partai Demokrat, kita ke Partai Kebangkitan Bangsa aka PKB. PKB juga udah officially mendaftarkan 580 caleg-nya ke Komisi Pemilihan Umum. Sama kayak Mas AHY, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar cuma memimpin rombongan aja, nganterin gitu, nggak ikut daftar jadi caleg. Fokus buat Pilpres aja katanya, guys.  In his words, Cak Imin bilangnya, “Saya diperintah oleh para kiai, Dewan Syura, Ijtima Ulama untuk tidak boleh nyaleg karena dipersiapkan untuk nyalon presiden,” katanya gitu. Lebih jauh, hal ini sejalan juga sama isu yang sekarng beredar di mana Cak Imin dipersiapkan buat jadi Cawapres mendampingi Prabowo Subianto. Tapi belom fix juga sih, nggak mau berandai-andai juga kata Cak Imin. Kalau nggak capres, ya cawapres. Pokoknya ngikutin perintah PKB dan para ulama.
  • PAN dan perempuan. Dari Partai Demokrat, terus ke PKB, now we’re moving to Partai Amanat Nasional aka PAN. Yang harus kamu tahu adalah pendaftaran caleg ini kan terjadi di seluruh kabupaten dan kota, serta provinsi di seluruh Indonesia yah. Nah jadi selain di KPU pusat, KPU di daerah juga hectic tuh ngurusin pendaftaran ini, guys. Salah satunya KPU Jawa Tengah. Di KPU Jawa Tengah, pendaftaran Caleg untuk PAN diwakili oleh 12 kader perempuan mereka, guys. Yep, disampaikan oleh Wakil Ketua DPW PAN Jawa Tengah, Sri Maryuni, PAN Jawa Tengah emang sengaja mengutus 12 kader ini sebagai simbol kalau partai mereka tuh sangat menjunjung tinggi keterlibatan perempuan dalam legislatif, guys. PAN Jawa Tengah sendiri mendaftarkan kurang lebih 120 caleg mereka di mana 47 di antaranya adalah kader perempuan.
  • The beef between Golkar-PAN-PPP, aka Koalisi Indonesia Bersatu. As we all know sejak PPP menyatakan dukungan mereka terhadap Ganjar Pranowo sebagai calon presiden, rame banget yang ngomongin kalau koalisi ini tuh udah retak bahkan hampir bubar, guys. Nah, tapi instead of PPP yang left out, di pendaftaran caleg kemaren justru Partai Golkar yang left out, guys. Iya, PPP dan PAN diketahui daftarin caleg mereka barengan di hari Jumat, sementara Golkar baru di hari Minggu kemaren. Publik pada wondering dong, “Hayoo kemaren daftar parpol aja barengan kok sekarang udah gak lagi?” Terus menyikapi hal ini, Ketua DPP Partai Golkar, Dave Laksono bilangnya, “Yha terus kenapa?” Meskipun di dalam koalisi yang sama nih, tapi Pak Dave bilangnya pendaftaran Caleg tuh diurus masing-masing, guys. Apalagi yang diurus ratusan caleg, yha it takes time, katanya gitu. Hmmm…
  • PDI-Perjuangan dan kader artis. Ngomongin 2024 will never be complete without.. PDI-Perjuangan. Yep, PDI-Perjuangan Kamis kemaren juga udah mengantarkan kader-kadernya menuju Pemilihan Legislatif, di mana dari ratusan kader yang mendaftar, 14 di antaranya adalah nama-nama yang udah nggak asing di telinga  kita. Yep, mulai dari anggota DPR RI yang sebelumnya udah menjabat dan datang dari kalangan artis kayak Si Doel alias Rano Karno, Rieke Diah Pitaloka, serta Mimi Kris Dayanti. Ada juga nama baru yang juga datang dari kalangan artis tanah air kayak Once Mekel, Marcell Siahaan, Denny Cagur, Tamara Geraldine, dll.
  • Artis dan Anggota DPR. Nah selain dari PDI-Perjuangan, banyak juga partai politik lain yang punya kader dari kalangan artis dan kemarin udah mendaftar sebagai bakal caleg, guys. Dari Partai NasDem ada Reza Artamevia, Choky Sitohang, dan Annisa Bahar. Terus kalau PKS tuh ada Narji, serta Ahmad Dhani dan Melly Goeslaw yang nyalonin dari Partai Gerindra.
  • Menteri Jokowi ikutan nyaleg. Nggak cuma dari kalangan artis, beberapa menteri-menterinya Presiden Joko Widodo dari Kabinet Indonesia Maju juga pada nyalonin diri jadi anggota legislatif dalam Pemilu tahun depan, guys. Mulai dari Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah, Menteri Sosial Tri Rismaharini. serta Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar. Well, in case you’re wondering, “Lah emang boleh?” Yha boleh-boleh aja, guys. Peraturan dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu juga menjelaskan kalau menteri yang nyalonin dirinya jadi anggota legislatif nggak perlu mundur dari jabatan mereka.
  • Anak Puan Maharani joins the game. Now everybody meet: Diah Pikatan Orissa Putri Hapsari alias Pinka Hapsari. Pinka Hapsari ini anak pertamanya Ketua DPR RI, Puan Maharani yang kemarin juga didaftarkan sebagai calon anggota DPR RI ngikutin jejak ibu dan neneknya di PDI-Perjuangan. Lebih jauh, Pinka diketahui sebagai salah satu kader muda yang sebelumnya udah dapat pendidikan politik, guysAlongside with Pinka, ada juga Aryo Seno Bagaskara yang saat ini masih berstatus sebagai mahasiswa.
  • Mbak Puan pun nggak ketinggalan. Iya, like mother like daughter, Puan Maharani pun diketahui juga udah mendaftarkan diri buat nerusin langkahnya buat maju terus sebagai calon anggota legislatif di Pemilu besok, guys. Menurut Sekjen PDI-Perjuangan, Mas Hasto Kristianto, Mbak Puan itu patut dicalonkan karena emang beliau sebagai Ketua DPR RI perempuan pertama, terus juga jadi ketua DPP Bidang Politik, plus pernah sukses jadi Menko PMK yang terbukti kepemimpinannya, masih muda pula.
  • Bu Cinta enters the group chatLast but not least, yang bikin rame di Pendaftaran Calon Anggota DPR/D dan DPD kemarin tuh none other than Atalia Praratya aka Bu Cinta, istrinya Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang menyatakan siap maju jadi anggota legislatif dari Partai Golkar. Suami istri nggak terpisahkan, sampai partainya aja sama hehehe. Disampaikan langsung oleh Bu Cinta, selama mendampingi Kang Emil sebagai Gubernur, Bu Cinta yang juga aktif di berbagai aktivitas kemasyarakatan ini ngerasa perlu ngambil langkah di ranah kebijakan, buat bantu lebih banyak orang di isu perempuan dan anak yang jadi concern-nya Bu Cinta.

We’re soooo ready to welcome 2024!!! AAAAA!!!! 


Here we go again with: Another day another corruption case…

This time, ex-Prime Minister of Pakistan, Imran Khan. 
Kalau hidup kamu penuh dengan drama bertubi-tubi dan nggak kelar-kelar, masyarakat Pakistan juga ngerasain hal yang sama, guys. Iya, banyak banget kejadian di sana sekarang, mulai dari mantan Perdana Menteri-nya yang diduga korupsi, terus ditangkap, sampai kerusuhan yang terjadi hampir di seluruh penjuru negeri. Nah, dari berbagai rentetan kejadian ini, ada satu tokoh utama that everyone is looking at nowEverybody meet: Imran Khan.

Tell me. 
Nah ini dia Imran Khan, mantan Perdana Menteri Pakistan yang terjerat kasus dugaan korupsi. Iya, budaya korupsi mah di mana-mana sama aja, nggak di Pakistan, nggak di negeri Wakanda (Oops). Nah kalau di Pakistan sendiri, Kasus dugaan korupsi ini bermula dari sebuah NGO atas nama Al-Qadir Trust di mana Imran Khan dan istri ketiganya, Bushra Watoo menjabat sebagai dewan pengawas di sana. Nah lewat NGO ini juga, Imran Khan pernah janji bakal membangun Universitas Al Qadir di Punjab, provinsi paling padat di sana dan rencananya bakal dibangun di atas lahan seluas 60 hektar. But the thing is, boro-boro bangun kampus, sampai sekian lama, cuma sedikit banget pembangunan di sana, guys.

Go on…
Nah seiring dengan progres pembangunan kampus yang super lambat, 9 Mei kemarin nih, Imran Khan justru ditangkap KPK sana—which is called Biro Akuntabilitas Nasional—atas tuduhan korupsi. Yep, dia bareng sama istri ketiganya tadi diduga udah menerima suap dalam bentuk lahan senilai jutaan USD jalur NGO si Al Qadir Trust yang mereka awasi ini.
 
Rumit yha…
Well, nggak sampai di situ, guys. Kalau ditarik lagi kejadiannya jauh ke belakang, tepatnya di 3 Desember 2019 lalu, Badan Pemberantas Kejahatan Nasional Inggris (NCA) mengumumkan ada pembekuan dana  senilai Rp3,5 triliun atas nama Malik Riaz Hussain, yang merupakan seorang pengusaha kaya raya dan berpengaruh di Pakistan. Lembaga tersebut bilang bahwa uangnya diduga hasil korupsi, makanya lembaga tersebut bakal ngebalikin uangnya ke pemerintah Pakistan. Tapi, Hussain of course
Advertisement
 ngebantah dong dan bilang kalo dia tuh abis ngejual property legal dan resmi di Inggris kepada MA-nya Pakistan.

How is it related to Khan? 
Balik lagi soal Khan, pemerintah Pakistan bilang kalo uang senilai Rp3,5 triliun itu nggak masuk ke kas negara tapi justru buat bayar denda yang seharusnya dikenakan kepada Hussain. Pengadilan emang menjatuhkan sanksi denda ke Hussain karena melakukan akuisisi illegal terhadap tanah milik pemerintah. Kemudian, Husain diduga ngasih lahan ke Al-Qadir Trust sebagai imbalan atas bantuan tersebut. And finally, that’s why Imran Khan is related to this corruption case. 
 
But, the chaos? 
Atas tuduhan tersebut, si Khan akhirnya ditangkap dong sama pihak berwenang. Terus, doi juga akhirnya ditahan gara-gara berulang kali mangkir dari sidang. Yang bikin chaos adalah, para pendukung Khan yang super militan tuh nggak terima sama penangkapan Khan ini. Mereka menganggap bahwa kasus yang menjerat Khan ini cuma bermotif politik aja. Soalnya, fyi aja ni ya, Khan emang lagi kampanye menjelang pemilu pada akhir tahun ini.

Jadi chaos dong tuh? 
Banget. Bentrokan antara yang pro dan anti ke Khan kemudian ricuh dan akibatnya, ada sepuluh orang yang tewas dan sekitar 2.000 orang ditangkap. Pihak tentara juga sampe-sampe ikut dikerahkan buat mengatasi kerusuhan, sekaligus jadi peringatan buat pengunjuk rasa tidak melakukan serangan terhadap properti negara. But, they don’t care anyway. Kericuhan di Pakistan bahkan sampai terjadi di beberapa titik. Misalnya di Lahore, para demonstran ngamuk sampe-sampe mereka menerobos kediaman komandan militer setempat. Yang lainnya lagi mengepung salah satu pintu masuk menuju markas besar tentara di Kota Rawalpindi. Pokoknya, kacau banget, deh.

Terus Khannya gimana? 
Akhirnya, pengadilan Pakistan memerintahkan agar Khan dibebaskan dengan jaminan selama dua pekan. Yhaa, Khan-nya sih seneng seneng aja. Dia bahkan bilang bahwa pengadilan tuh jadi satu-satunya perlindungan Pakistan dalam menghadapi “hukum rimba.” Seeing this happened, current Pakistan’s PM, Shehbaz Sharif—who took over the position setelah Imran Khan digulingkan—nggak terima sama pembebasan Imran Khan. Dia bilang putusan pengadilan tuh udah menyebabkan kematian atas keadilan di Pakistan. Bahkan, Sharif juga bilang kalo si Khan ini udah memecah belah bangsa Pakistan.

Anything else?
Despite all things happened with Imran Khan, even ditambah dengan lebih dari 100 kasus gugatan hukum terhadapnya, doi tuh masih jadi yang paling popular di Pakistan. Bahkan, banyak yang bilang kalo masalah hukum yang menjeratnya tuh justru bikin Khan makin populer di kalangan penduduknya.

What’s getting a rise but not your salary?

Sifilis cases in Indonesia. 
Yang angkanya lagi naik banget nih guys.
 
Yep, prihatin banget deh sama kesehatan sekarang tuh. Penyakit baru banyak muncul, terus penyakit lama juga nggak berhenti makin meningkat angka kasusnya. Nggak terkecuali penyakit yang mau kita bahas sekarang, which is sifilis.

Kayak nggak asing deh namanya….
Yep. Sifilis atau bahasa awamnya tuh Raja Singa adalah salah satu Penyakit Menular Seksual (PMS) yang sesuai namanya, merupakan penyakit yang menular lewat hubungan seksual. Sifilis ini asalnya dari bakteri Treponema pallidum, dan gejalanya tuh ada infeksi, terus luka. Nah kalau case-nya lebih parah, infeksinya bisa berkembang jadi ruam, pembengkakan kelenjar, bahkan mata, hati, sampai otak, bisa kena radang gara-gara si sifilis ini.

Seremmm…
Wait until you hear about: Selama lima tahun terakhir, kasus sifilis di Indonesia udah meningkat sebanyak 70 persen! Bahkan tahun lalu, tercatat ada 20 ribu yang terdeteksi menderita sifilis. Adapun disampaikan oleh Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan RI, Imran Pambudi, penemuan angka sifilis yang meningkat ini juga dikarenakan screening Kemenkes terkait sifilis juga udah meluas, which is good sebenarnya kan. Karena lebih banyak yang ketahuan, masyarakat juga bisa lebih aware dan akhirnya nggak nularin lagi ke orang lain.

I see….
Adapun dari datanya Kementerian Kesehatan, ada delapan provinsi di Indonesia yang punya kasus sifilis terbanyak, which is Papua dan Papua Barat, Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Jawa Timur, Bali, serta Sumatera Utara. Angka kasusnya ngeri-ngeri banget, guys. Kayak di Papua tuh tercatat ada 3.000-an kasusnya, Jawa Barat juga sama 3.000-an kasus, dan DKI Jakarta punya 1.875 kasus. Parahnya lagi, dari angka-angka ini, nggak sampai setengah di antara mereka yang udah menjalani pengobatan, guys. Makanya kasus sifilis ini bisa terus menular deh.

Rite
, ini menular yah…
Bahkan, ibu hamil yang terserang sifilis juga bisa banget menularkan penyakit ini ke janin di rahimnya yang berakibat berbagai masalah buat ibu dan anak di saat persalinan nanti. Kayak anak yang lahir tapi berat badannya rendah, lahirnya prematur, atau bahkan.. bayi lahir dengan keadaan meninggal :(.

Terus, penularannya gimana?
Well, lebih jauh soal penularan sifilis, sifilis ini menular dan bisa kena ke siapa aja, nggak laki-laki nggak perempuan, terutama yang udah sexually active. Apalagi buat orang-orang yang nggak konsisten pakai kondom waktu berhubungan seksual, terus orang-orang yang nggak setia alias sana-sini masuk (ehem). Penyakit sifilis rentan banget menyerang orang-orang ini, guys.

I see…
.
Seserem itu emang sifilis ini bahkan sekali pun penderitanya udah menjalani pengobatan dan berhasil sembuh, sifilis bisa banget reinfeksi, guys. Alias udah kena, sembuh, terus bisa terinfeksi lagi, persis kayak COVID-19. That being said, penting banget untuk kita paham terkait pencegahan penyakit sifilis, biar yang udah pernah kena nggak bisa kena lagi, dan yang belum pernah kena yha dijauhkan dari penyakit ini.
 
Gimana tuh?
Yha kalo kamu udah sexually active dan sering gonta ganti pasangan (tapi kalo bisa jangan ygy apalagi SELINGKUH tapi ya you do you) pencegahannya itu ngga lain ngga bukan adalah dengan pakai kondom, gengs. Hal ini karena tingkat keampuhan kondom sebagai alat kontrasepsi dan pencegahan berbagai penyakit menular seksual, kayak kencing nanah, klamidia, sampai sifilis adalah sebesar 98%. Tapi kalau kamu sampai (amit-amit) mengalami gejala sifilis kayak sakit kepala, sakit tenggorokan, cepat capek, sendi-sendi sakit, dan muncul ruam di mulut dan alat kelaminmu, segera periksakan aja ke fasilitas kesehatan.

Got it. Anything else I should know?
But on top of all, penyakit sifilis ini bisa sembuh kok, guys. Iya, adapun dokter-dokter tuh pada merekomendasikan penisilin sebagai antibiotik dengan dosis yang beda-beda. Kalau sifilis yang kurang dua tahun tuh biasanya pakai satu suntikan peninsilin yang disuntik ke bokong, terus ada yang harus pakai tiga suntikan kalau lebih parah. Nah kalau udah memengaruhi otak, suntikannya harus tiap hari tuh selama two weeks in a row.

When you’re feeling like “Life begins at 30″….

Meet: Bobi, 
Anjing tertua di dunia.
 
Well, kalau orang-orang banyak yang bilang, “Life begins at 30,” maka untuk kalangan anjing, hidup selama 30 tahun tuh udah mukjizat banget, guys. Secara, seekor anjing tuh umumnya cuma mampu bertahan di usia belasan atau paling mentok 20-21 tahun aja. Tapi hal itu nggak terjadi sama Bobi, anjing Portugis yang kemaren banget nih, baru merayakan ulang tahunnya yang ke-… 31 Tahun!

That being said, 
Bobi pun dapat penghargaan dari Guiness Book of Records sebagai anjing tertua di dunia, gengs. Ihiyy… Happy Birthday, Bobi. 
 
Ulang tahunnya sendiri kemaren digelar sama si pemiliknya, Leonal Costa yang bikin party kecil-kecilan dan ngundang kira-kira sebanyak 100 orang buat hadir. Ada juga dari kalangan jurnalis dan masyarakat umum yang kepo sama si Bobi ini. Cuma ya gitu, di saat dia enjoy jadi center of attentions, kondisi kesehatannya justru jadi concern tersendiri, gengs. Matanya mulai agak rabun dan jalan pun udah mulai terseok-seok. Makanya Costa sering bawa Bobi buat cek dan control kesehatannya, guys.
 
Panjang umur, Bobi!

“Siapa sih yang dinginkan rakyat?”
Gitu guys bunyi pertanyaan dari Pak Joko Widodo kepada para relawannya pas doi ngumpul-ngumpul di acara Puncak Musyawarah Rakyat (Musra) yang digelar di Istora Senayan, Jakarta Pusat kemarin. Kata Pak Jokowi, pokoknya masyarakat jangan sampe salah memilih capres pada pemilu tahun depan, dan suara rakyat khususnya di akar rumput itu harus bener-bener didenger.
 
When cari capres starts to sound like cari jodoh…

Announcement


Thanks to Kucing & Cay for buying us coffee today! 

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Catch Me Up! recommendations

Seriously, just click. You need this to start your day.
Advertisement