Koalisi Besar Partai Politik, Penangkapan Jamaah Masjid Al Aqsa Oleh Pasukan Israel, Bupati Meranti Ditangkap KPK, Logo Twitter Diubah Elon Musk

321

Hello

Welcome to Monday again. Now, it’s the last full week of Ramadan so if you are celebrating, let’s make the best out of it. Don’t forget to also check out on your hampers before it’s going frenzy and you know, we will always here in your inbox. Let’s catch up!

Who’s been busy jumping to countless meetings?

People from Partai Politik.
Sibuk banget deh bapak-bapak ibu-ibu partai politik yang mau hajatan tahun depan. Yoi, semingguan terakhir, orang-orang partai politik tuh kerjaannya meeting mulu. Nggak cuma meeting internal, mereka juga meeting koalisi, plus meeting antar-koalisi. Bahkan dari meeting itu, dua koalisi bahkan rencananya bakal digabung dan membentuk koalisi besarguys.

WHAT??? Tell me
.
Sure. Jadi yang harus kamu sadari adalah, per hari ini, we’re 310 days away to our democratic party alias pesta demokrasi aka pemilu 14 Februari 2024. Yep, kurang dari setahun, guysThat being said, salah satu aktor utama dalam pemilu, which is Partai Politik, udah nggak bisa leha-leha lagi nih. Pokoknya udah harus gaspol deh. Berbagai taktik dan strategi juga disiapkan dan pelan-pelan mulai dieksekusi. Salah satunya, adalah taktik dan strategi dalam pembentukan koalisi aka bargabung.

Udah kayak mau perang ya tsay…
Ya gitu deh hehehehe, kalau mau menang ya kudu pakai taktik dan strategi dong. Nah, adapun strategi yang common banget digunakan oleh partai politik adalah koalisi, gengs. Iya, parpol tuh join-an biar chance menang Pemilu bisa lebih gede dan kader-kader partai mereka juga banyak yang akhirnya masuk ke DPR/D. Berhubung udah deket banget nih Pemilu, maka partai politik dari kemaren juga udah sibuk banget berkoalisi, guys.

Gimme all the details….
You got it. Jadi untuk menyambut Pemilu 2024, so far udah ada beberapa koalisi yang terbentuk nih. Ada Koalisi Indonesia Bersatu yang isinya Partai Golkar, Partai Amanat Nasional aka PAN, dan Partai Persatuan Pembangunan aka PPP. Sama  Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya yang isinya ada Partai Gerindra sama PKB. The thing is, minggu lalu, lima ketua partai ini udah meeting langsung sama Presiden Joko Widodo dan berencana gabungin koalisi mereka jadi satu.

Lah….
Iya. Jadi dalam Silaturahmi Ramadan yang digelar di DPP PAN 2 April minggu lalu, Pak Presiden barengan sama Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PAN, Zulkifli Hasan, terus ada juga Ketum PKB Muhaimin Iskandar, Ketum PPP Mardiono, dan Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto tuh udah meeting sama Pak Jokowi, guys. Terus dalam silaturahmi ini, tercetuslah rencana buat gabungin Koalisi Indonesia Raya dan Koalisi Indonesia Bersatu jadi satu koalisi besar. Yep, disampaikan langsung oleh Ketua Umum Partai Gerindra yang juga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, pihaknya dan partai-partai ini tuh punya tujuan yang sama buat meneruskan kebijakan Jokowi. “Kita sudah masuk timnya Jokowi,” Kalau kata Pak Prabowo.

Terus Pak Jokowi setuju?
Justru kalau kata Pak Zulhas, koalisi besar ini bakalan di bawah ‘Orkestra komando’ Pak Jokowi, guys. Lebih jauh, disampaikan oleh Sekjen PAN, Eddy Soeparno, meskipun di bawah komando Jokowi, Pak Jokowi selaku presiden juga nggak akan mendikte langkah-langkah mereka since partai politik sendiri punya independensi kan. Perjuangan partai mau dibawa ke arah mana yha urusan parpol, asalkan parpol tuh nggak drama dan nggak bergejolak apa pun yang bisa mengganggu stabilitas dan perekonomian masyarakat, everything is fine, gitu.

I see….
Makanya, dari rencana koalisi besar ini juga, banyak banget deh tuh petinggi parpol yang meeting satu sama lain. Nggak dari lima partai ini aja, tapi partai lain juga. Kayak Partai Gerindra misalnya, semingguan terakhir udah menerima kunjungan dari berbagai macam partai koalisi kayak PAN dan PKB, bahkan di luar koalisi kayak Partai Perindo dan Partai Bulan Bintang (PBB). In that sense, Partai Perindo disebut ntar juga bakalan join sama koalisi ini since Partai Gerindra dan Partai Perindo punya visi dan misi yang sama. Makanya dalam waktu dekat Pak Prabowo dan Pak Hary Tanoesoedibjo selaku Ketua Umum Partai Perindo bakalan ketemu lagi buat ngomongin kerja sama politik ini lebih jauh deh.

PBB juga join? 
Well, sejauh ini sih emang belum pasti apakah bakal join juga atau nggak, gengs. Tapi Ketua Umum mereka, Yusril Ihza Mahendra, menyambut baik rencana koalisi besar ini. Pak Yusril bilangnya kalau udah berkoalisi besar tuh kekuatan politiknya bakalan nyatu dan jadi hal yang ideal banget buat demokrasi di Indonesia. In his words, Pak Yusril bilangnya gini: “Artinya kalau koalisi besar itu tentu kekuatan politik akan menyatu tidak ada lagi sesuatu yang di luar itu dan itu memang sangat ideal, demokrasi yang khas Indonesia yang dilandasi oleh persaudaraan, kerja sama, dan kegotongroyongan.”

But, why I don’t see PDI-Perjuangan yah?
Nah soal itu juga. Dari awal Silaturahmi Ramadan yang dihadiri Jokowi tadi itu, PDI-Perjuangan emang udah diundang, guys. Tapi Bu Mega berhalangan hadir karena diketahui masih di Jepang dan nggak ada perwakilannya yang hadir di sana. That being said, banyak dong spekulasi masyarakat, “PDI-Perjuangan nggak diajak nih?” gitu kan. Nah menyikapi hal ini, Partai Gerindra sama PDI-Perjuangan diketahui masih cari waktu yang pas buat ketemu dan ngobrol, guys. Nggak ada hard feelings, Ketua DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad bahkan ngeklaim terus komunikasi sama Ketua DPP PDI-Perjuangan, Puan Maharani.

Beneran no hard feelings?
TBH, we’re not sure. Karena seems like things go a little bit harder for PDI-Perjuangan dan lima partai ini since Bu Megawati Soekarnoputri disebut kasih syarat gitu ke koalisi ini. Iya, banyak isu beredar di mana PDI-Perjuangan tuh kasih syarat, “Oke gw mau gabung ke koalisi ini asalkan capres tetap dari kita yah. RI-2 nya terserah siapa,” katanya gitu. Meanwhile, lima partai ini mendukung Prabowo Subianto yang maju jadi capres, gengs. Makanya, agak riweuhnya tuh di sini. Nah, menyikapi hal ini, Ketua DPP PDI-Perjuangan Puan Maharani akhirnya clarify kalau statement itu tuh nggak benerIn her words, Mbak Puan bilangnya, “Nggak ada persyaratan PDI-Perjuangan harus RI 1. Cuma di sini saya sampaikan untuk posisi kita sekarang memungkinkan untuk majuin calon RI 1.” Makanya PDI-Perjuangan ke depannya juga bakalan ngajak parpol lain buat meeting membahas koalisi dan urusan capres

Got it. Anything else?
Eh, btw dari tadi ngomongin koalisi, selain lima partai ini yang kemungkinan bakalan melebur jadi satu koalisi besar, meet: Koalisi Perubahan, yang isinya Partai NasDem, Partai Demokrat, sama PKS. Koalisi Perubahan ini sendiri udah resmi mengusung mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sebagai capres mereka, gengs. Meanwhile lima partai yang dari tadi kita omongin ini, belum. Dari sini, Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia, Djayadi Hanan bilangnya bakal susah mereka menentukan capres-cawapresnya, gengs.  Bayangin aja, nyatuin lima partai politik buat satu hal yang udah harga mati, yha nggak gampang. Makanya Presiden Jokowi kudu bisa jadi air yang nyatuin mereka semua dan tinggal Jokowi yang menentukan siapa capres-cawapres nya.

When things are getting worse…..

In Palestina.
Yep. Sedih banget asli. Di saat bulan Ramadan kayak gini, where we enjoy Ramadan with so much joy, ibadah juga khusyuk, bukber sama sanak famili, tapi ternyata hal yang sama ngga dirasakan oleh masyarakat Palestina, guys. Yep, minggu lalu, waktu orang-orang lagi ibadah, pasukan Israel masuk ke Masjid Al Aqsa dan melakukan pengeroyokan, pengusiran, dan penangkapan terhadap jamaah di sana. Makanya tindakan ini bikin masyarakat dunia marah banget sama Israel.

Hold on. I need some background. 
You got it. Jadi ceritanya gini, guys. As we all know sekarang kan lagi Ramadan yah di mana salah satu ibadah yang sunnah dilakukan umat Muslim adalah Itikaf where umat Muslim stay di masjid all night long: Salat, ngaji, ibadah, yang gitu-gitu. Apalagi di malam-malam terakhir Ramadan, banyak banget pahalanya tuh, guys kalau Itikaf. Nah, turns out, pasukan Israel ternyata bikin aturan buat melarang mereka Itikaf, gengs. Polisi Israel ngeklaimnya mereka tuh cuma “Hundreds of rioters and mosque desecrators barricaded themselves” alias tukang rusuh dan tukang ngotorin masjid yang membarikade diri :))).

Hey ngaca anda semua….
Makanya kan. Larangan ini jelas ditolak dong sama jamaah di sana. “Yang bener aja, masa ibadah dilarang. Bulan puasa loh ini, setahun sekali,” gitu kan. Jamaah Masjid Al Aqsa pun nggak peduli sama larangan itu dan tetap stay Itikaf di sana. Sampai Selasa minggu lalu pasukan Israel datang gerebek para jamaah yang lagi rame stay di masjid, gengs. Nggak tanggung-tanggung, itu pasukan lemparin granat juga. Selain itu mereka juga nembakin gas air mata, mukulin jemaah itu pakai pentungan dan senjata yang macem-macem, sampai jemaah itu pada luka-luka. Nggak cuma itu, jemaah Al Aqsa pada diusir dan ditangkap.  Well, ada sih yang behasil kabur dan ngunciin diri di dalam mimbar khatib. But still, mereka tetap nggak tenang beribadah di tanah mereka sendiri, di Masjid Al Aqsa.

:((((
Parahnya lagi, kejadian ini tuh nggak terjadi sekali doang. Yep, besokannya, polisi datang lagi nyerbu masjid padahal itu jamaah masih pada salat Tarawih. Brutal deh pokoknya, ditembakin peluru karet, gas air mata, sampai granat keju. Jamaah di sana juga tetap dikejar dan dipukulin pakai pentungan, hingga ada 31 orang yang luka-luka.  Makanya dari sini Palestina tuh marah banget, gengs. Disampaikan oeh Perdana Menteri Palestina, Mohammad Shtayyeh, Israel tuh nggak ngerti sejarahnya bahwa Al Aqsa tuh ya untuk Palestina, untuk orang Arab, dan seluruh umat Muslim. Israel nggak punya hak untuk nyerbu Al Aqsa kayak gini, katanya.

Setuju….
Makanya banyak banget yang mengecam tindakan Israel ini, guys. Banyak juga negara-negara dunia dan organisasi internasional yang mengutuk keras tindakan ini, nggak terkecuali PBB. Dalam keterangannya, Sekjen PBB Antonio Guterres bilangnya dia shock dan kaget banget sama berita ini. Apalagi tindakan ini dilakukannya tuh di bulan-bulan ini, which supposed to be bulan yang baik nggak cuma buat Muslim, tapi juga buat Jews dan Christians. “Harusnya kita tuh melewati masa ini dengan peace dan non-violence,” katanya gitu.

RETWEET
 10000X SUMPAH…
Same. Selain itu, berbagai negara juga ikut mengecam tindakan Israel ini. Kayak AS misalnya, yang extremely concerned since Israel tuh nggak ada abis-abisnya melakukan penyerangan terhadap rakyat Palestina. Dari sini, pihak White House juga bilangnya both Israel dan Palestina tuh kudu menahan diri dulu, biar situasinya juga nggak main runyam. Nggak cuma AS, Turkiye juga sama, mengecam. Presiden Recep Tayyip Erdoğan  bahkan bilang tindakan ini tuh unacceptable
Advertisement
. In his words, Presiden Erdogan bilangnya, “The name of this is the politics of repression, the politics of blood, the politics of provocation. Turkey can never remain silent and unmoved in the face of these attacks.” Yep. Tukiye nggak tinggal diam gengs.

Indonesia?
Apalagi Indonesia, jangan ditanya. Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri juga ikut mengutuk tindakan penyerangan yang dilakukan Israel. Dalam keterangan yang di-upload di Twitter, Kemlu bilangnya penyerangan Israel tuh udah menyakiti hati umat Islam dunia dan pelanggaran yang obvious terhadap kesucian Masjid Al Aqsa.Therefore, Pemerintah Indonesia juga mendesak PBB dan organisasi internasional buat take action dan mengakhiri berbagai kekejaman Israel terhadap masyarakat Palestina.

Yes pls. Anything else?
Fyi buntut dari serangan Israel di Masjid Al Aqsa, Palestina melalui kelompok Hamas diketahui juga udah nge-release banyak banget serangan roket yang mereka lemparin dari Lebanon, gengs. Kena ke Israel, Israel pun balik lempar serangan jet ke Jalur Gaza plus satu terowongan di Lebanon Selatan di mana senjata punyanya Hamas pabriknya di situ. Pokoknya serang-serangan deh. Palestina dipastikan bakal fight back sama kekuatan Israel, no matter what and how.

Here we go again with: Another day another pejabat ditangkap KPK..

This time, Bupati Meranti, Muhammad Adil.
Yep. Emang mixed feelings banget kalau udah dengar kabar pejabat ditangkap KPK tu yah. Marahnya ada, keselnya apalagi, kayak “Kenapa nggak kelar-kelar dah ini korupsi???” gitu kan. Tapi di satu sisi satisfied juga, “Rasain lau” (Lol). Nah kali ini, kita bahas another pejabat yang weekend kemarin ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi atas dugaan korupsi. So now, everybody meet: Muhammad Adil, Bupati Kepulauan Meranti, Riau.
 
Wait, I heard his name before….
You did. Jadi Muhammad Adil ini akhir tahun lalu emang sempat bikin heboh setelah ngamuk ke pemerintah pusat yang dalam konteks ini Kementerian Keuangan RI gara-gara pembagian Dana Bagi Hasil aka DBH yang diterima daerahnya dari Kemenkeu tuh nggak sesuai harapan. Karena nggak sesuai harapan, makanya Pak Adil nganggapnya negara tuh cuman morotin daerahnya aja tanpa ada feedback yang worth it. Kesel banget lah dia, saking keselnya, waktu Zoom meeting sama pihak Kementerian Keuangan, Pak Adil ngeluarin statement, “Ini orang Kemenkeu isinya ini iblis atau setan.”
 
Oke kalau yang itu w inget. Lanjut…
Dari  sini, Pak Adil juga mengeluarkan statement yang nggak kalah triggering, “Apa perlu Miranti angkat senjata? Kan nggak mungkin. Maksud saya, kalau bapak tak mau ngurus kami, Pusat tak mau mengurus Meranti, kasihkan kami ke negeri sebelah (Re: Malaysia).” Atas statement ini, Pak Adil pun kudu berurusan sama Kementerian Dalam Negeri buat mediasi langsung sama Kemenkeu dan stakeholders yang terlibat. Sekarang sih masalahnya udah clear, guys. DBH yang belum dibayar bakal segera dibayar setelah audit dari Kementerian Keuangan selesai.

So, where is the problem?
Wait until you hear about: Muhammad Adil terjerat kasus dugaan korupsi. Yep, jadi masalah kemaren itu bukan satu-satunya masalah Pak Adil, guys karena Jumat kemarin, KPK melakukan Operasi Tangkap Tangan aka OTT terhadap Adil atas dugaan korupsi yang dilakukannya. Nggak tanggung-tanggung, Adil dilakukan melakukan tindak pidana korupsi memberi dan menerima suap untuk TIGA KASUS BERBEDAguys. Mulai dari pemotongan anggaran, kasus korupsi penerimaan fee jasa travel umroh, dan dugaan suap pemeriksaan keuangan di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti.

Kok banyak banget…
Makanya. Disampaikan langsung oleh Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri, Pak Adil ngelakuin suap menyuap waktu ada auditor dari Badan Pemeriksa Keuangan datang meriksa supaya keuangan di Kabupaten Meranti lolos Wajar Tanpa Pengecualian aka WTP. Nggak cuma itu, Pak Adil juga diduga terima suap dari PT Tanur Muthmainnah, sebuah biro travel umroh di mana si travel umroh ini nyuap Pak Adil supaya bironya menang project pemberangkatan umroh. Last but not least, soal pemotongan anggaran di mana Pak Adil diduga motong anggaran uang persediaan dan ganti uang persediaan setiap SKPD sebesar 5-10%.

WHATTT??
Yep, jadi bayangin setiap SKPD ini dipotong anggarannya dalam bentuk uang tunai, dan uang tunai ini disetorkan ke Kepala BPKAD Fitria Nengsih, dan akhirnya sampai ke si Bupati, Muhammad Adil. That being said, dari tiga kasus yang dia lakukan, total nilainya udah mencapai Rp26,5 miliar. Uang ini kemudian dia puterin lagi untuk kepentingan safari politik rencana pencalonannya sebagai Gubernur Riau 2024 nanti.

Idih….
And there’s that. Belum sempat maju jadi cagub, Adil udah keburu pakai rompi orange, ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di Rutan KPK. Nggak cuma Adil, KPK juga menangkap 27 orang lainnya yang terlibat, di mana tiga di antaranya udah ditetapkan sebagai tersangka. Yaitu Pak Adil sendiri, terus Kepala BPKAD Kabupaten Meranti, Fitria Nengsih, dan Auditor BPK Perwakilan Provinsi Riau, M. Fahmi Aresssa. Fitria dan Adil udah ditahan di Rutan KPK, dan Fahmi di Rutan Pomdam Jaya Guntur selama 20 hari ke depan, gengs.

I believe Pak Adil has a say….

Well, dia sih minta maaf sama seluruh warga Kepulauan Meranti. In his words, Pak Adil bilangnya “Saya memohon maaf kepada seluruh warga Kepulauan Meranti atas kekhilafan saya.” Yes, dia khilaf katanya, gengs. Jadi ya gitu, nggak banyak sih yang disampaikan Pak Adil yang langsung dibawa ke Rutan, di mana dia dan Fitria Nengsih tadi dijerat pasal memberi dan menerima suap:

  • Pasal huruf f atau Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.
  • Nggak cuma itu, Adil juga disangka sebagai pemberi suap dan disangka melanggar Pasal 5 ayat (1) huruf a atau Pasal 5 ayat (1) huruf b atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Meanwhile, Fahmi sebagai penerima suap juga dijerat Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 dan Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.


Got it. Now wrap it up….
Btw, karena sekarang bupatinya berurusan dengan KPK dan ditahan nih, maka Kementerian Dalam Negeri kemudian menunjuk wakil bupati mereka, Asmar, sebagai Plt Bupati Kepulauan Meranti. Hal ini juga udah sesuai sama Pasal 65 ayat (4) UU Nomor 23 Tahun 2014 di mana kalau bupatinya lagi menjalani masa tahanan, maka wakil bupati bakal menggantikannya, guys. Dalam keterangannya, Kementerian Dalam Negeri menyebut pihaknya menghormati dan mengikuti proses hukum yang sekarang lagi berjalan di KPK. Jadi ya gitu deh.

When Elon Musk strikes again…

Now on Twitter.
Iya guys, ga abis-abis deh ni orang tertajir di dunia bikin kehebohan. Baru aja minggu lalu, logo terkenal Twitter bergambar burung diubah oleh Musk dengan logo anjing Shiba Inu. Now if you noticed, Shiba Inu ini adalah logo buat dogecoin, salah satu jenis mata uang kripto yang emang identik sama Musk.
 
Dalam twitnya minggu lalu, Musk bilang bahwa perubahan ini emang udah “dijanjikan” dan udah sering dibahas juga. Terus, gatau juga apakah perubahan logo ini akan berlangsung secara permanen atau cuma sementara. Secara, Musk emang terkenal suka nge-troll para followersnya di Twitter.
 
FYI guys, seiring dengan perubahan ini, harga Dogecoin yang biasanya naik turun huruhara mendadak naik sampe 20% cuma dalam waktu 24 jam aja. Hal ini tentunya bikin para investor heboh, secara belakangan ini emang harga mata uang kripto lagi banyak yang turun.

“The relationship had just run its course. It’s why [Alwyn] hasn’t been spotted at any shows.”

Gitu guys kata ordal yang ngebocorin ke media-media bahwa teteh kita semua, Taylor Swift baru aja putus sama Papap Joe Alwyn 💔💔. Hal ini tentunya bikin kaget banget, secara mereka udah pacaran selama enam tahun dan sering banget diisuin mau nikah lah, tunangan lah, sampe rumor kehamilan. Eh taunya sekarang malah putus 🙁 
 
Sedih tapi juga lowkey looking forward for the new album…

Announcement


Thanks to Sarah, velly, and Bakpao for buying us coffee today!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Catch Me Up! recommendations

One apple a day, keeps the doctor away. It can’t be truer.
Advertisement