Musim Dingin Ekstrem Melanda AS Pekan Ini

225

Who’s preparing for the worst?

United States. 
Soalnya, malapetaka dan bencana diperkirakan bakal melanda sebagian besar wilayah Amerika Serikat (AS) pada pekan ini.

Not another disaster pls…..
Yep. Winter is not over di Amerika Serikat. Masih ajaaa musim dingin. Tapi jangan bayangin musim dinginnya kayak di Drakor gitu, guys. Pertama karena ini reality, bukan Drakor. Kedua karena musim dinginnyaa tuh ekstrem. Nah, karena udah seekstrem itu, maka mulai dari salju, hujan es, sampe angin kencang diperkirakan bakal terjadi di sana. And of course, it’s not good news for the US. Mulai dari Pantai Barat, Timur Laut dan Barat Tengah, semuanya bakal kena dampaknya deh.
 
Oh noooo….
Wait until you hear about: Karena musim dingin ekstrem ini juga,  pemadaman listrik, pohon tumbang dan gangguan perjalanan juga diperkirakan bakal terjadi, gengs :((. Even petani aja udah dikasih peringatan kalo hewan ternak mereka juga kemungkinan bakal terancam.

Kalau orang-orangnya?
So far, 65 juta orang di 29 negara bagian, mulai dari California sampe ke Minnesota, udah dikasih warning soal cuaca dingin yang parah ini. Apalagi, peringatan badai ini diperkirakan bakal terjadi selama tiga hari. Udah pasti, aktivitas masyarakat setempat bakal terganggu dan bikin mereka kesulitan kalo harus melakukan perjalanan. Bahkan, warga di sekitar Minneapolis udah dikasih warning kalo mereka bakal ngerasain dampak terburuknya. Mulai dari salju tebal dan angin kencang pada hari Rabu malam hingga Kamis, which is bisa membahayakan nyawa.

Any preparation from now on?

Well, Gubernur Minnessota, Tim Walz sih bilang kalo they have done something before the storm comes. Mulai dari Garda Nasional negara bagian, departemen transportasi sampe patroli negara bagian udah siap-siap misalkan badai itu terjadi. Selain itu, pemerintahan di South Dakota juga udah kasih pengumuman kalo mereka bakal menutup kantor cabang eksekutif pemerintah negara bagian dan rencananya karyawannya disuruh WFH aja. Sementara di Wyoming, beberapa institusi juga udah ditutup sementara.

Advertisement
 
Terus terus?
Layanan Cuaca Nasional juga udah kasih peringatan soal badai salju terutama di sejumlah wilayah paling parah kaya kota Rock Springs dan Green River di Wyoming. Gara-gara peringatan bencana ini juga, situs pelacakan FlightAware melaporkan kalo lebih dari 700 penerbangan yang dijadwalkan berangkat hari Rabu akhirnya dibatalkan. Kira-kira ada lebih dari 300 penerbangan yang dibatalkan dari Minneapolis dan hampir 200 penerbangan dibatalkan di Denver.

Okay…
Kalo di wilayah yang lebih jauh ke barat, angin kencang dan badai kuat udah merobohkan kabel listrik, terus pemadaman listrik ke lebih dari 140 ribu rumah di negara bagian San Mateo, Santa Clara dan Santa Cruz. Sementara di California sendiri, mereka sih masih siap-siap buat menghadapi salju yang diperkirakan terjadi di pegunungan.

Got it. Anything else?
Lately, cuaca di sana emang makin nggak menentu, guys. Bahkan minggu lalu, Las Vegas yang biasanya sejuk-sejuk aja, eh sekarang turun salju juga. Kalo pada Januari lalu sendiri, mobil-mobil di Dallas, Texas tergelincir karena jalan rayanya tiba-tiba jadi lapangan ice skating alias dilapisi es.
Advertisement