2024 Ibukota Negara Resmi Pindah

284

What’s getting real but not your relationhip with mas/mbak crush?

Perpindahan Ibu Kota Negara.
Yoi. Prepare yourself everybody. Karena tinggal nunggu Presiden Jokowi tanda tangan, terus udah, Ibu Kota Negara bakalan officially pindah dari Jakarta ke IKN Nusantara, di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Dan itu nggak lama lagi, tepatnya di tahun depan, tahun 2024.

Wow so many things are happening next year ya…
We know, rite? Selain ada democratic party aka pesta demokrasi alias Pemilihan Umum, rencananya, bakalan ada hal besar lainnya yang bakal terjadi di tahun depan, guys, yaitu perpindahan Ibu Kota Negara aka IKN. Yep, you must have heard the news, rite? Sejak 2019 lalu, Presiden Joko Widodo tuh emang udah fix bulat haqqul yaqin bakalan memindahkan Ibu Kota Negara dari Jakarta ke salah satu daerah di Kalimantan. Terus dengan berbagai pertimbangan, dipilihlah satu daerah di Kalimantan Timur, namanya Penajam Paser Utara, untuk jadi titik 0 lokasi Ibu Kota Negara tersebut yang kemudian dikasih nama Nusantara.

Okay….
As we all know banyak banget pro kontra terhadap pemindahan ibu kota negara ini kan. Dinilai unnecessary, insenstive terhadap masyarakat yang baru pulih dari Covid-19, dll. Tapi meskipun begitu, proses pemindahan IKN ini juga berproses di DPR dengan perumusan Undang-Undangnya, guys, yang kemudian diteken Presiden Jokowi per 15 Februari 2022 lalu. UU IKN ini kemudian sah jadi UU Nomor 3 Tahun 2022. Terus direvisi di mana ada berbagai percepatan, supaya cepet pindah nih ibu kota gitu kan.

Terus terus?
Nah long story short, seiringan dengan itu, proses pembangunan infrastruktur di IKN itu juga dipercepatguys. Nggak cuman itu, perpindahan ASN, kantor-kantor kementerian, juga lagi dikerjain secara bertahap. Sambil urusan adminstrasi juga dikerjain. Nah yang harus kamu tahu adalah, proses administrasi itu now coming to an end dengan Ketetapan Presiden, guys.

Udah ada?
Itu yang sekarang lagi kita tunggu-tunggu. Adapun sejauh ini, Keputusan Presiden ini tinggal nunggu Presiden Joko Widodo tanda tangan aja. Terus kalau Pakde udah tanda tangan nih, maka resmilah Ibu Kota Negara pindah dari Jakarta ke Nusantara di Kalimantan Timur, gengs. Dan hal itu bakalan direncanakan bakal kejadian di 2024 mendatang di mana Pakde nargetinnya Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi 17 Agustus 2024 bakal digelar di sana.

So, goodbye Jakarta?
Well, sampai sekarang DKI Jakarta tetap berstatus sebagai ibu kota negara, guys. Until the day Keputusan Presiden aka Keppres itu ditandatangani, official deh pindah. Tapi meskipun begitu, Jakarta diprediksi nggak bakal kehilangan pesonanya
Advertisement
. Nggak bakal ngaruh secara fundamental dan substansial. Hal itu disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.

Gimana gimana?
Well, disampaikan oleh Pak Sandi, kayak Amerika Serikat yang ibu kotanya di Washington DC, tapi tingkatan ekonomi di New York tetap tinggi thanks to okupansi hotelnya. Di Australia juga gitu. Despite ibu kotanya di Canberra, ekonomi Sydney dan Melbourne tetap meningkat karena turis mancanegara banyak ke sana dan okupansi hotelnya tinggi. That being said, Pak Sandi optimis ekonomi Jakarta nggak bakalan terguncang just because ibu kota pindah, guysNot to mention warga dari berbagai penjuru juga bakalan tetap berdatangan ke Jakarta.

Kok gitu?
Menurut Pj. Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Santoso, masyarakat tetap datang ke Jakarta tuh karena layanan sosial masyarakat di JKT tuh the best in the country which nggak ditemukan di tempat lain. Kayak kualitas layanan kesehatan misalnya, RS bagus, nakes bagus, terus bantuan sosial juga banyak. In his words, Pak Heru bilangnya gini, “Hal ini karena apa? Karena dokternya bagus, RS-nya bagus, AC, di tempat lain tidak ditemukan itu. Belum lagi jaring pengaman sosial ada 17 mulai dari Kartu Jakarta Pintar hingga bantuan sembako.”


I see….
Masih dari keterangan Pak Heru, banyaknya warga yang pindah ke Jakarta tuh karena pemerintah pusat juga nggak membatasi perpindahan ini. Apalagi mostly mereka asalnya dari kelompok masyarakat ekonomi menengah ke bawah, yang kemudian ada pengaruhnya juga sama APBD DKI Jakarta. Makanya, masalah ini bakalan dibahas lagi sama Pemprov DKI bareng sama TNI-Polri, since it has something to do with Ketertiban dan Keamanan.

Got it. Anything else I should know?
Balik lagi ke pro kontra perpindahan Ibu Kota Negara, pengamat kebijakan publik, Agus Pambagio bilang perpindahan IKN ini tuh memaksakan banget, guys. Butuh hitung-hitungan yang matang, katanya. Terus, kalaupun jadi pindah di 2024, Agus menyebut butuh waktu at least 10 tahun buat pemerintahan bisa berjalan secara efektif. Jakarta bakalan tetap macet, jadi yha nggak ada bedanya juga ceunah.
Advertisement