2 Pejabat Yang Harus Meninggalkan Jabatannya, Joe Biden Mengunjungi Ukraina, Kecelakaan Helikopter Kapolda Jambi, Arkeolog Menemukan Mainan Kayu Berbentuk Penis

455

Good morning

Welcome everyone to Wednesday. As always, we got you our podcast here. But, if you’re more into reading, you can only scroll down. Today we will catch you up! with things from Ukraine to something from the past. So get your coffee, sit down and go!

Who’s leaving the office?

Zainuddin Amali dan Lucky Hakim.
Yep. Kalau kata Gen-Z sekarang mah, “People come and go”, gengs. Ada yang dateng, ada juga yang pergi. Yep, minggu ini, ada lagi pejabat yang harus pergi ninggalin jabatannya. Nggak cuman satu, tapi dua. Ada Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainuddin Amali dan Wakil Bupati Indramayu, Jawa Barat, Lucky Hakim.

Wait, what???
Iya. Masing-masing dari mereka fix bakal meninggalkan jabatannya sebagai Menpora dan Wakil Bupati, guys. Ada alasannya sih. Kita mulai dari Lucky Hakim dulu yah. Nama Lucky Hakim sendiri pasti nggak asing di telinga kamu since sebelumnya emang terkenal sebagai aktor dan model tanah air. Adapun sejak tahun 2012 lalu, Lucky udah mulai interested sama dunia politik dan mencalonkan diri sebagai Calon Wakil Wali Kota Bekasi barengan sama Dadang Mulyani. Gagal tuh. Terus maju lagi di Pemilu 2014 sebagai kader PAN dan akhirnya terpilih sebagai anggota DPR RI.

Terus terus? 
Lucky kerja di Senayan nggak sampai masa jabatannya kelar, guys. Karena di tahun 2018, dia memilih mundur dari keanggotaan DPR dan partainya dan beralih jadi kadernya Partai NasDem. Terus, lewat Partai NasDem inilah di tahun 2020 lalu dia maju lagi di Pilkada Pemilihan Wali Kota -Wakil Bupati Indramayu, Jawa Barat barengan sama Nina Agustina dan menang. Lucky Hakim kemudian dilantik sebagai Wakil Bupati Indramayu di tahun 2021 yang masa jabatannya harusnya berakhir di 2026 nanti, gengs.

Harusnya yha….
Iya harusnya. Karena hari Senin kemarin nih, Lucky dan rombongannya datang ke Kantor DPRD Indramayu dan menyerahkan surat pengunduran dirinya sebagai Wakil Bupati. Dikonfirmasi langsung oleh yang bersangkutan, alasan pengunduran dirinya tuh karena ngerasa nggak sanggup mengemban amanah masyarakat Indramayu. In that sense, dia udah ngerasa membohongi masyarakat Indramayu dengan janji-janji kampanyenya yang sampai sekarang nggak terwujud, guys.

HAH????
Yep, kamu nggak salah baca, gengs. Dalam keterangannya, Lucky menyebut dia nggak mampu lagi mengemban amanah sebagai wakil bupati. Dia bahkan malu sama masyarakat Indramayu. Jalan pun sampai nunduk, katanya. Tapi kan nggak mungkin datengin rumah warga satu-satu. Makanya langsung ngundurin diri aja ke Kantor DPRD. In his words, Lucky bilangnya gini, “Mending saya malu saat ini. Berharap Allah memaafkan dan masyarakat Indramayu memaafkan. Ketimbang pertimbangan saya di dunia akhirat.”

Sampai mundur dong…..
Lebih jauh, alasan Lucky Hakim mundur sebagai Wakil Bupati Indramayu tuh karena somehow dia ngerasa tertekan selama jalanin jabatannya.  Apalagi dengan segala kemewahan yang dia dapat. Yep, uang makan 170 juta per bulan, belum lagi fasilitas mewah lainnya, dan gaji lima puluh juta. Pokoknya lebih dari 200 juta Rupiah-lah diterimanya sebulan. Nah menurut Lucky itu terlalu mewah. Meanwhile ada 99 janji kampanye yang sampai sekarang belum bisa dia wujudin. Makanya Lucky ngerasa makan gaji buta. Fyi dia bahkan udah nggak mau terima lagi tunjangan makan 170 juta Rupiah itu sejak tahun lalu lo, gengs. Dan end up memilih untuk mundur deh.

Tapi Indramayu so far gimana kondisinya emang?
Nah dikonfirmasi oleh Bupati Indramayu, Nina Agustina, Kabupaten Indramayu selama masa jabatan mereka dua tahunan ini tuh udah menunjukkan banyak prestasi, guys. Salah satu yang di-highlight ya masalah stunting yang turun dari 29,9% sekarang jadi 14,4%. Terus waktu masa pandemi, Bu Nina dan Lucky juga turun ke lapangan. That being said, Bu Nina ngerasanya selama ini dia kompak-kompak aja sama Lucky. Nggak ada masalah. Tapi ya balik lagi, Bu Nina bilangnya kalau emang ada sesuatu yang bikin Lucky nggak nyaman, ya beliau minta maaf. Bu Nina juga siap cari jalan keluar buat masalah ini, katanya gitu.

Jalan keluar gimana maksudnya?
Ya dengan rekonsiliasi antara Bu Nina dan Lucky, guys. Adapun rekonsiliasi ini akan dipimpin oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.  Yep, begitu dengar resignation-nya Lucky, Kang Emil tuh langsung diberi mandat sama Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian untuk mendamaikan mereka. Kang Emil pun langsung gercep memanggil Lucky Hakim dan akhirnya terjadilah pertemuan antara Ridwan Kamil dan Lucky Hakim di Jakarta. Nah setelah ketemuan, dalam video yang di-upload di media sosial, Kang Emil sih bilangnya beliau bakal cari solusi terkait masalahnya Lucky. Juga bakalan manggil Bu Nina supaya berimbang aja gitu, guys.

Jadi Lucky is leaving the office dong?
So far, belumguys. Masih ada lagi berbagai proses dan tahapan terkait birokrasi pengunduran diri pejabat negara tuh. Adapun dari surat yang ditujukan ke DPRD Indramayu tadi, kemudian didisposisi ke Ketua DPRD kan. Terus baru deh mereka rapat membahas masalah ini. Nah hasil rapatnya kemudian diteruskan lagi ke Gubernur Jawa Barat dan Kementerian Dalam Negeri. Sampai sekarang sih nggak bisa ditentuin juga berapa lama proses itu dan kapan Pak Lucky nggak menjabat lagi. Nunggu keputusan dari pimpinan lah pokoknya kata orang-orang di DPRD mah.

I see….
Well, yang harus kamu tahu adalah, Lucky Hakim is not the only one yang bakal meninggalkan posisi dan jabatannya sebagai pejabat, gengs. Yep, we’re talking about Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainuddin Amali yang disebut udah mengundurkan diri secara informal ke Presiden Joko Widodo. Well, in case you’re puzzled, Zainuddin Amali tuh beberapa waktu lalu ditetapkan sebagai Waketum 1 Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia aka PSSI barengan sama Mas Menteri BUMN, Erick Thohir sebagai ketuanya, guys.

Okay….
Nah nggak berapa lama, kemudian Zainuddin Amali pun menghadap ke Presiden Joko Widodo kan. Di situlah beliau ngomong bahwa beliau mau fokus aja di PSSI ngurusin sepakbola. Pernyataan itu kemudian di-approve alias disetujui sama Pakde, gengs. Tapi ya itu tadi, baru secara informal aja pengunduran itu, belum secara resmi dan belum fix juga. Presiden Jokowi sih bilangnya orang yang akan menggantikan sebagai Menpora tuh bakalan diurus kalau Zainuddin Amali udah resmi mundur, gengs.

Hmmm kira-kira siapa ya penggantinya?
Well, since Zainuddin Amali ini adalah kader Partai Golkar, maka most likely penggantinya juga bakal berasal dari Partai Golkar, gengs. In that sense, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bilang bahwa partainya punya banyak stok yang sesuai sama portfolio yang Kemenpora butuhkan. Salah satunya, Ace Hasan Syadzily. Tapi yha bakal balik lagi ke Presiden since reshuffle kabinet juga merupakan hak prerogatif presiden. Jadi just wait and see aja deh.

Got it. Anything else I should know?
Btw, ngomongin soal pejabat yang mundur dari jabatannya, hal ini sebenarnya emang udah sering banget terjadi di berbagai negara, guys. Contohnya yang belum lama ini kejadian, ya eks Perdana Menteri Inggris, Liz Truss yang cuman menjabat sebagai PM selama 45 hari dan memilih mengundurkan diri karena desakan berbagai pihak di tengah Inggris yang lagi krisis saat itu. Terus eks Menteri Dalam Negeri Jepang, Minoru Terada November tahun lalu juga menyatakan mundur gara-gara skandal pendanaan yang menjeratnya. Jadi yaa.. gitu deh.

Who’s just made a surprise visit?

US President, Joe Biden
Yep, secara mengejutkan, Biden baru aja ngunjungin Kyiv, Ukraina, dan ketemu langsung sama Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy pada 20 Februari kemaren.

Whoaa. Tell me. 
Well, kunjungan Biden ke Ukraina ini emang bener-bener bikin kaget semua orang. Selain gara-gara ini kunjungan perdana Biden ke sana semenjak invasi Rusia terjadi, kunjungan ini juga bisa dibilang bener-bener unexpected karena nggak ada warning sebelumnya dari pihak AS maupun Ukraina. Pihak Gedung Putih sih bilang kalo kunjungan kaya gini belom pernah terjadi sebelumnya, soalnya kan tau sendiri ygy kalo Ukraina masih jadi zona perang. Soalnya, kunjungan Biden ke Irak dan Afghanistan waktu perang aja didampingi sama militer AS yang super duper rame banget.

I see.. 
Adapun kunjungan Biden ini dilakukan di tengah-tengah perjalanannya menuju Polandia. Udah banyak sih yang ngira-ngira kalo Biden bakal mampir ke Ukraina. Eh, tapi kok begitu doi beneran dateng ke Ukraina, masih banyak juga yang kaget. Rute perjalanan Biden sendiri berangkat dari Pangkalan Gabungan Andrews di luar Washington, dan berangkat pukul 04.15 pada hari Minggu pake jet Angkatan Udara.
 
Go on…
Dalam melakukan kunjungan ini, Biden cuma ditemenin sama beberapa ajudan dan hanya dua orang jurnalis yang boleh ikut. Pesawat presiden menuju ke Jerman buat ngisi bahan bakar, terus terbang ke Rzeszow di tenggara Polandia. Setelah satu jam, Biden tiba di Przemysl, sebuah kota di sepanjang perbatasan Polandia-Ukraina. Perjalanan masih panjang, guys. Biden masih harus naik kereta selama 10 jam dan perjalanan itu pun dilakukan malem-malem, dengan pengamanan ketat di dalamnya.
Advertisement

Terus, ngomongin apa aja? 
First things first, udah pasti Biden nyampein lagi komitmen dukungan AS terhadap demokrasi, kedaulatan, dan integritas teritorial Ukraina. Terus, Biden juga bilang kalo AS bakal kirim peralatan penting kaya amunisi artileri, sistem anti-lapis baja dan radar pengawasan udara. Nggak sampe situ aja, Biden juga janji buat ngasih bantuan ke Ukraina sebesar US$500 juta atau sekitar Rp7,5 triliun. Beliau juga menegaskan bahwa AS bakal ngasih sanksi tambahan lagi buat Rusia, terutama buat pejabat Rusia dan perusahaan yang mendukung perang.
 
Russia is not surprised… 
Eh tapi ternyata, Rusia udah tau dari sebelumnya lho soal kunjungan Biden ke Ukraina ini. Penasehat keamanan nasional AS Jake Sullivan, yang juga ikut sama Mr. Biden, ternyata udah ngasih tau ke Rusia bahwa Biden bakal dateng ke Kyiv. Sullivan sendiri ngaku kok kalo pihak AS udah ngasih tau pihak Rusia beberapa jam sebelum kunjungan itu dilakukan. Makanya, Juru Bicara Kepresidenan Rusia, Dmitry Peskov dengan santainya bilang, ”Nothing special.” Beda banget sama Zelenskyy yang absolutely happy to the max, deh.. Zelenskyy sih menyambut gembira kunjungan Biden itu ya. Dia juga bilang kalo kunjungan Biden itu sangat berarti buat warga Ukraina.

China is joining the game…
Nggak lama setelah Joe Biden sampe di Ukraina, diplomat tinggi China made a reverse direction, dengan mengunjungi Rusia. Gokil yah. Jadi penasehat Kebijakan Luar Negeri China yang baru, namanya Wang Yi baru aja tiba di Moskow dalam perjalanannya di Eropa selama delapan hari. BTW, ini jadi a strong message juga kalo AS sama China tuh ada di sisi yang berbeda. Terus, all of these trips tuh dilakuin jelang satu tahun invasi Rusia dan Ukraina. Bisa dibilang, when US is getting closer with the Ukraine, Moskow juga makin mesra juga sama Beijing.

OK. Anything else? 
FYI, gara-gara udah tau soal kunjungan Biden ke Ukraina, Rusia sih ya nggak kaget-kaget amat. Tapi, tetep aja muncul kemarahan di tengah kalangan pro-militer dan ultranasionalis. Apalagi, kunjungan Biden ini dilakukan menjelang pidato Presiden Vladimir Putin, ketika dia lagi mau bangga-banggain soal pencapaiannya.

Now, let’s get you up to speed on: Kecelakaan Helikopter Kapolda Jambi….

Yang berhasil dievakuasi.
Yep. Sedih banget deh, guys. Karena helikopter yang ditumpangi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono tuh hari Minggu kemarin mendarat darurat dan mengalami kecelakaan. Akibatnya, rombongan itu mengalami luka-luka, cedera, bahkan sampai patah tulang. Beruntung sekarang udah berhasil dievakuasi.

Gimana ceritanya? 
Well, jadi ceritanya tuh gini. Hari Minggu kemarin jam setengah 10 pagi, Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono bareng tujuh anggota Polda lainnya tuh berangkat dari Bandara STS Jambi otw ke Kerinci buat meresmikan salah satu gedung Polri di sana pake Helikopter Polri Super Bell 3001. Berangkat jam setengah 10, nah harusnya 10.45 tuh udah mendarat. But the thing is, sampai jam 11.20 WIB, belum ada kabar tuh helikopternya, gengs. Kemudian diketahui kalau helikopter itu mengalami kecelakaan.

WHAT??
Iya. Hal ini dikonfirmasi oleh Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Mulia Prianto. Dari dugaan sementara, Kombes Mulia menyebut penyebab kecelakaan itu karena cuaca. gengs. Berkabut, plus hujan juga. That being said, helikopter yang ada Kapolda Jambi didalamnya itu pun mendarat darurat di Bukit Muaro Emat, Kabupaten Kerinci. Langsung deh tuh, orang-orang dari Polri, Polda Jambi, plus Tim SAR pun bergerak semua ke titik koordinat lokasi dan melakukan evakuasi.

Tell me the updates….
Nah setelah melakukan proses pencarian dan evakuasi yang intens, kemarin banget nih, Irjen Rusdi dan tujuh anggota lainnya berhasil dievakuasi. Nggak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Mereka cuman luka-luka aja, dan langsung dibawa ke Posko Kesehatan Merangin untuk mendapatkan perawatan medis. Cuman yha gitu, setelah diperiksa, Irjen Rusdi luka-lukanya cukup serius, guys. Bahkan tangan kanannya mengalami patah tulang.

Ya ampun….
.
But other than that, kondisi 8 anggota Polri ini dalam keadaan sadar dan masih bisa diajak komunikasi, guys. Irjen Rusdi dan anggota lainnya yang mengalami luka-luka ini pun juga ditangani sama tim dokter spesialis yang stand by di sana menangani mereka. Terus tim dokter juga udah melakukan pemulihan stamina buat anggota yang kondisi staminanya sempat menurun.

I believe Kapolri has a say….
Ada dong. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang terbang langsung ke Jambi kemarin kan langsung jenguk Irjen Rusdi dan anggota lainnya yah. Sempat ngobrol juga bahkan beliau sama Kapolda Jambi itu, guys dan diketahui kondisinya sekarang udah cukup stabil. Nggak cuman itu, dalam kunjungannya kemarin,  Jenderal Listyo juga bilang makasih sama semua orang di tim yang udah berhasil melakukan tugasnya dalam evakuasi dan penyelamatan. Jenderal Listyo sendiri emang lumayan deket sama Kapolda Jambi ini since mereka berdua juga seangkatan, lulusan Akademi Kepolisian tahun 1991.

Okay. Anything else I should know? 
Fyi proses evakuasi Helikopter ini tuh dilakukan secara bertahap, guys. Satu-satu gitu. Nah yang sering banget kejadian tuh kan yang dievakuasi pertama kali pimpinan tertingginya alias Kapolda dulu dalam case ini, baru kemudian anak buahnya kan. Apalagi ini case-nya Irjen Rusdi sampai patah tulang. HOWEVER, Kapolda Jambi itu justru dievakuasi paling terakhirguys. Yep, hal ini sesuai sama request beliau yang ingin make sure semua anggotanya yang ikut jadi korban itu udah selamat dievakuasi semua, baru giliran beliau terakhir.

When you found something, unexpectedly..

Menarik ni gengs….
 
Jadi para arkeolog baru aja nemuin sebuah benda yang terbuat dari kayu, tapi yang bentuknya mirip penis. Mereka menemukan ini di Vindolanda, wilayah Inggris tengah.
 
Nah yang unexpected, para arkeolog ini memprediksi bahwa mainannya berasal dari era Romawi, dan diduga berfungsi sebagai mainan seks alias sex toy. Benda ini sendiri ukurannya lumayan panjang sih, sekitar 17 cm dan diduga digunakan buat beragam tujuan. Actually, para arkeolog udah menggali dan menemukan benda ini di tahun 1992. At first, para arkeolog sih ngira kalo benda ini dipake buat jadi jimat penangkal kejahatan atau roh halus. Tapi menurut analisa terbaru, kedua ujungnya ternyata lebih aus daripada bagian yang lainnya. Makanya para ahli menyimpulkan kalo kedua ujungnya tuh sering disentuh secara berulang. So far, ada dua kemungkinan sih soal benda ini. Pertama ya itu tadi, sebagai mainan seks kalo diliat dari bentuknya yang mirip kaya penis beneran. Tapi, kemungkinan keduanya, bisa aja benda ini sebagai alu buat menumbuk obat-obatan.
 
Kalo menurut kalian gimana, guys?

“Ibarat kompetisi, saling mengintai kompetitor. Saling melihat.”

Gitu guys, jawaban Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar aka Cak Imin pas ditanya soal perkembangan capres-cawapres 2024. Kata Cak Imin, sekarang tuh semua parpol lagi saling mengintai dan ngeliat para kompetitornya. Makanya semua partai politik tuh sampe saat ini masih belum mau membuka kartu terkait capres-cawapres.
 
When 2024 is already heating up…

Announcement


Thanks to Happy Birthday Risky Ramdany and someone for buying us coffee today!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Catch Me Up! recommendations

If you are trying to lose weight, try these combinations.
Advertisement