Messina Denaro Ditangkap Setelah Buron 30 Tahun

284

What’s being the headline in Italy?

Most hunted mafia is finally arrested. 
Yup, doi akhirnya ketangkep setelah 30 tahun jadi buron.
 
Wait whaaaat?
Everybody, meet: Messina Denaro, bos mafia di Italia yang udah sembunyi selama tiga dekade belakangan ini. Jadi, a little bit about him, Denaro ini lahir di kota Castelvetrano, di Sisilia barat daya pada tahun 1962, dan ayahnya juga merupakan seorang mafia. Nah, si Denaro ini udah ngikutin jejak ayahnya di usia 15 tahun, dan sejak saat itu dia udah ke mana-mana bawa senjata. Bahkan, polisi yakin banget kalo dia melakukan pembunuhan pertamanya waktu dia masih berusia 18 tahun.
 
Seremm…
Nah, kayak di cerita-cerita mafia gitu gengs, si Denaro ini punya “guru” yang namanya Salvatore “the Beast” Riina, yang merupakan seorang mafia kejam. Sebagai anak didik, tentu Denaro pengen ngebuktiin kalo dia sama kejamnya sama bosnya. Jadi emang ada berbagai tindakan kriminal yang diyakini dilakukan oleh Denaro, salah satunya yang paling parah adalah pembunuhan massal. Namun walaupun kejahatannya muncul di banyak sidang pengadilan, orangnya nggak pernah muncul sekalipun gengs.
 
I see…
Selanjutnya, polisi juga bilang kalo Denaro jadi otak pembunuhan jaksa anti-mafia, Giovanni Falcone dan Paolo Borsellino di tahun 1992. Kasus itu juga lumayan heboh waktu itu, bahkan berujung dengan ditangkapnya Riina aka bosnya Denaro di tahun 1993. Denaro juga disebut bertanggung jawab atas pengeboman di Roma, Florence, dan Milan di tahun 1993 hingga menewaskan 10 orang. Selain itu, dia juga dinyatakan bersalah karena membantu penculikan bocah usia 12 tahun.
 
Ya ampuuun…
Sampe situ, doi belum ketangkep juga gengs. Denaro kemudian tinggal di persembunyiannya sejak tahun 1993. Terus seiring berjalannya waktu, banyaklah anak buahnya yang cepu alias ngebocorin soal aksi jahatnya selama ini. Terus yang perlu kamu tahu, selama ngumpet itu Denaro melakukan komunikasi sama mafia lainnya pake pizzini
Advertisement
, alias potongan kertas kecil yang tulisannya berupa kode untuk dibawa oleh si pembawa pesan. Kumpulan catatan itu akhirnya ditemukan sama polisi di tahun 2006. Tapi, sampe situ dia juga masih belum ditemukan. Polisi Eropa atau Europol bahkan menganggap dia sebagai orang paling dicari di Eropa, and this week he finally got arrested. 
 
Finally…
Yep. Menurut keterangan dari Jaksa Itali, namanya Maurizio de Lucia, polisi menangkap Denaro dalam operasi khusus di klinik Kesehatan di Palermo. Klinik itu emang jadi tempat dia menjalani perawatan medis. Terus tahun lalu, emang pihak kepolisian udah dapet clue bahwa dia lagi sakit parah dan butuh perawatan rutin di klinik itu, jadi yaudah dipantau aja. Tentunya, keberhasilan penangkapan Denaro ini langsung jadi sorotan masyarakat Itali.
 
Gimana enggak sih, guys
Yoi, karena akhirnya buronan yang udah dicari selama 30 tahun akhirnya ketangkep juga. Bahkan, Perdana Menteri Giorgia Meloni sampe bilang kalo penangkapan ini jadi kemenangan buat Italia. Menteri Pertahanan Italia, Guido Crosetto juga bilang kalo ini merupakan kemenangan negara atas mafia.
 
Anything else? 
Sebenernya, penangkapannya ini bisa jadi kemenangan atau justru ancaman buat kepolisian sih. Soalnya, selama ini dia berhasil lolos dari kejaran polisi nandain kalo dia punya banyak pengikut yang setia dan bisa aja ada efek negatifnya ke kinerja kepolisian di sana.
Advertisement