Kepercayaan Beragama Yang Kuat Memiliki Kesehatan Jantung Lebih Baik

23

When you’re a religious person…

Chances are you’ll live healthier.
 
Tapi religious-nya bukan yang judgy sana-sini nyeramahin orang ya guys... jujurrr. Jadi gini, penelitian terbaru di Amerika Serikat baru aja menemukan bahwa orang dewasa kulit hitam yang sering melakukan kegiatan keagamaan (again, bukan grebek sana-grebek sini ygy) atau yang punya kepercayaan beragama yang kuat ditemukan memiliki kesehatan jantung yang lebih baik dibanding mereka yang ngga relijius. Selain itu, mereka yang lebih relijius juga diketahui punya tekanan darah, kolestrol, dan matrik kesehatan jantung lainnya yang lebih baik. Nah menurut penelitian yang dilakukan oleh American Heart Association ini, diketahui bahwa orang yang sering menghadiri kegiatan keagamaan juga memiliki kemungkinan 15% lebih tinggi untuk mencapai kondisi jantung sehat yang ideal. Ga main-main, matriks ini ditemukan setelah mengukur dari delapan tolak ukur, di antaranya makanan, kegiatan fisik, kebiasaan tidur, hingga exposure terhadap nikotin.
 
Ada beberapa alasan yang diduga jadi penyebab atas kondisi ini. Menurut Epidemiologist Mercedes R. Carnethon, hal ini bisa jadi karena emang kan mengikuti aturan agama tuh membutuhkan komitmen dan disiplin, dan bisa jadi kedisiplinan tersebut jadi diaplikasikan juga dalam menjalankan hidup yang lebih sehat oleh penganutnya. Selain itu, biasanya para pemimpin agama di AS juga mempromosikan gaya hidup yang lebih sehat, kayak jangan ngerokok atau konsumsi alkohol kebanyakan, jadi bisa jadi, hal ini juga bikin jemaatnya nurut dan less likely kena penyakit cardiovaskular tadi.
 
Silakan dipraktekkan ya guys, sekedar mengingatkan 🙏🏻🙏🏻