Penyakit Pneumonia Misterius di Argentina

44

When there’s another mystery disease…

Pneuomonia.
Yep. Hari Jumat kemarin, 3 orang dilaporkan meninggal akibat penyakit Pneumonia misterius di Argentina, guys. Tapi, secara total ada sembilan orang yang udah terkena penyakit ini. Yang bikin deg-degan adalah, Menteri Kesehatan di Tucuman, Luis Medina Ruiz bilang kalo pasiennya muncul dengan gejala yang mirip banget sama COVID-19.

Geeez… not anymore 🙁
Iya. Sampe sekarang sih, gejala pneumonia yang dialami para pasien masih bisa dibilang misterius. Soalnya, setelah dites sama para ahli buat seluruh virus pernapasan, hasilnya negatif. Tapi, menurut hasil sampel yang dikirim ke Administrasi Laboratorium dan Institut Kesehatan Nasional Argentina, ahli penyakit menular Dr Michael Osterholm, salah satu kemungkinannya adalah sesuatu yang dihirup pasien.
 
Tell me more.
Tapi ya emang bisa dibilang penyakit ini mirip banget sama COVID-19 guys. Karena selain menyerang pernapasan, mereka yang meninggal juga adalah orang berusia tua, yakni 70 dan punya penyakit bawaan. Saat ini, otoritas di Argentina juga lagi terus memantau “close contact”-nya para pasien untuk mencari tahu lebih jauh soal penyakitnya. Mereka juga memeriksa tempat tinggal, saluran air hingga udara untuk mencari tahu penyebab utamanya apaaa

Ya ampun…

Nah terkait penyakit misterius ini, ahli Epidemiologi dari Griffith University Australia, Dicky Budiman bilang kalo risiko kematian akibat pneumonia ini lebih tinggi dari COVID-19. Soalnya, dari 9 kasus yang ditemukan di Argentina, 3 di antaranya udah meninggal. Nggak cuma itu, pneumonia juga bisa menular lebih cepat daripada COVID-19.

Terus, What can we do? 
Nah, Selagi para ahli masih meneliti penyebab penyakit misterius ini, yang kita bisa lakuin sekarang ya tetap menjaga 5 M which means memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas. Apalagi, di situasi yang makin nggak jelas kaya sekarang, yang paling maksimal bisa kita lakuin ya buat menjaga diri buat tetap bersih.