Vladimir Putin Kunjungan ke Iran

49

Who’s making another surprise visit?

Vladimir Putin.
Ke Teheran, Iran. Yep, di tengah kondisi dunia yang lagi chaos dan salah banyaknya disebabkan oleh invasi yang dilakukan sama doi ke Ukraina, Presiden Rusia Vladimir Putin pada Selasa lalu baru aja mendarat di Teheran, Iran. Ini adalah kunjungan luar negeri pertama Putin pasca invasi dimulai, dan Rusia? Ketemu Iran? Not good… Gitulah ya kira-kita kalo kata netijen Pro-Barat mah.
 
Whoaaa tell me about this visit first!
Sure. Jadi dalam kunjungannya tuh Putin ketemu sama pemimpin-pemimpin di sana, termasuk Presiden Iran Ebrahim Raisi dan Supreme Leader-nya Iran, Ayatollah Khamanei. Selain itu, doi juga ketemu sama Presiden Turki Racep Tayyip Erdoman. Seru banget kan? Nah adapun dalam kunjungan tersebut, Rusia dan Turki banyak ngebahas tentang kerjasama bilateral dua negara, terutama terkait masalah keamanan kedua negara, keamanan internasional, hingga memerangi terorisme.
 
Interesting
Nah terus, dalam kunjungan ini juga Supreme Leader Iran Ayatulloh Khamenei menyebut bahwa keputusan Rusia untuk menginvasi Ukraina tuh udah bener. Apalagi dalam konteksnya untuk melawan perluasan aliansi NATO. Khamenei menyebut, NATO nih emang bahaya banget, dan emang dunia berat itu anti sama namanya negara Rusia yang kuat dan independen. Makanya kalo ngga dihentikan di Ukraina, maka NATO tuh bakal terus juga melakukan perluasan wilayahnya sampe ke Krimea, gitu katanya, guys.
 
Terus kalo ketemu Erdogan, bahas apa?
Bahas peran negara tersebut sebagai mediator. Jadi selama invasi berlangsung, pemerintah Ukraina menuding Rusia udah menghentikan ekspor gandumnya ke luar negeri sampe 20juta ton. Nah dalam hal ini, Erdogan sat set sat set melakukan mediasi antar kedua belah pihak, yang berakhir dengan dicabutnya larangan pengiriman gandum ke luar negeri. Makanya atas pencapaian ini, Putin bilang bahwa ya emang semua masalahnya ngga terselesaikan, tapi yang udah tercapai juga udah sabi kok. Makanya, thank u ya. Gitu guys kira-kira kata Putin.
 
Hiya hiya….
Oya, kamu pasti ngeuh kan dari pertemuan yang terjadi ini, ada yang watching very closely from far away. Yep, Amerika Serikat, everybody. Secara AS dan sekutunya negara-negara Barat tuh rivalan banget sama Rusia dkk. Nah in that sense, juru bicara lembaga keamanan nasional AS John Kirbu bilang, bahwa kunjungan ini hanya menunjukkan betapa terisolasinya Rusia dari dunia internasional. Makanya visit-nya ke negara-negara tadi.
 
Got it. Anything else I should know?
Despite keadaan dunia yang lagi dirugikan parah gara-gara invasi Rusia ini, Selasa kemarin, Rusia dan Iran baru aja menandatangani kerjasama di bidang gas dan minyak, guys. Adapun yang bekerja sama adalah National Oil Company-nya Iran dengan perusahaan gas swasta punyanya Rusia bernama Gazprom. Kerjasama ini sendiri bernilai US$40 Miliar dan dengan adanya kerjasama ini, Iran bisa mengembangkan ladang gasnya, termasuk memperluas lagi pipeline baru buat diekspor ke negara-negara lain.