Gelombang Panas di Kawasan Eropa

44

What keeps increasing, but not your salary?

Earth’s temperature.
Yep. Since this is a very serious and urgent issue, kita masih bakal ngebahas soal suhu bumi di berbagai belahan dunia yang masih tinggi, hingga menyebabkan gelombang panas nih, guys. Khususnya di kawasan Eropa.
 
Tell me. 
Sure. Kamu masih inget kan sama pembahasan kita tempo hari di mana berbagai negara sekarang lagi berusaha berjuang menghadapi heatwave aka gelombang panas? Nah, penyebab dari fenomena alam ini ngga lain ga bukan adalah: climate crisis. Climate crisis yang makin parah, ditambah hawa panas serta CO2 yang makin banyak numpuk di atmosfer akhirnya bikin suhu bumi juga jadi naik, guys. Plus, kalau di kasusnya Eropa, terjadi kebakaran hutan dan lahan sebanyak ratusan hektar di sana yang bikin keadaan jadi tambah parah. Makanya heatwave pun bisa terjadi.
 
Hiks….
Salah satu negara yang paling parah terdampak oleh heatwave ini adalah Spanyol, guys. Secara, kebakaran hutan yang terjadi sejak beberapa waktu lalu itu kan juga berpusat di Spanyol yah, makanya suhu udara di sana pun nggak kunjung membaik sampai sekarang. Minggu lalu aja, kota Zamora, yang deketan sama lokasi pusat kebakaran hutan dan lahan itu mencatat suhu 41,1 derajat Celsius. Terus,  di Kota Ourense yang letaknya di barat daya Spanyol malah lebih parah. Badan Meteorologi setempat mencatat rekor panas tertinggi yaitu 43,2 derajat Celsius. tapi dengan panas segitu, diprediksi bakalan naik lagi mencapai puncaknya dalam waktu dekat ini, guys.
 
Di Spanyol doang?
Nggak. Soalnya Eropa tuh kan deket-deketan yah wilayahnya, meaning, kalau ada musibah kayak gini, yang terdampak nggak cuma satu negara, tapi negara tetangganya juga kena. Adapun salah satu negara yang terdampak oleh fenomena heatwave ini adalah Portugal. Perdana Menteri Portugal, Antonio Costa bilangnya keadaan di sana udah makin serius due to cuaca ekstrem ini, gengs. Makanya, dengan kondisi yang ngga makin membaik, terus diperparah sama heatwave ini, pemerintah akhirnya menetapkan ‘state of alarm’ aka keadaan darurat.

Lanjut…
Nggak cuma di Spanyol dan Portugal, heatwave juga jadi isu yang lagi ramai dibahas di Perancisguys. Di Gironde, barat daya Perancis, kebakaran hutan juga terjadi yang bikin sebanyak 11.000 hektar lahan hangus dan rata sama tanah. Akibatnya, per kemarin banget nih, heatwave aka gelombang panas di sana udah masuk ke siaga tinggi, dengan suhu setinggi 40-42 derajat Celsius, dan bikin sebanyak 16 ribu orang harus dievakuasi dari rumah mereka.
 
But they are doing something, rite?
Yha yang mereka bisa lakukan sekarang adalah berusaha sekuat tenaga gimana caranya kobaran api karhutla bisa padam as soon as possible. Untuk mencapai misi ini, ribuan petugas pun dikerahkan berikut sama enam pesawat yang bakal ngebom air dari atas juga. Terus karena fenomena karhutla ini, warga juga diminta buat membatalkan fireworks party di perayaan Bastille Day, yang supposed to digelar dalam beberapa hari ke depan.
 
Ada lagi?
Ada. Now let’s move on to England. Di Inggris, meskipun nggak separah yang lain, suhu udara di sana juga sama, di angka 40an derajat Celsius, guys. Bahkan, dari London, sampai ke York, dan Mancehester, udah menetapkan siaga merah dan alhasil bikin kegiatan masyarakat di sana jadi terhambat. Beberapa sekolah bahkan harus ditutup, dan masyarakat diimbau untuk keluar rumah kalau beneran urgent aja. Dan nggak cuma di Inggris, gelombang panas juga terjadi di Wales, sampai Scotland, tapi emang nggak separah London sih. Statusnya pun thank God masih ada di kuning, belum nyampe merah. Makanya sekarang mereka sibuk melakukan berbagai tindakan penanggulangan dan pencegahan biar suhu tinggi nggak terus-terusan terjadi.
 
I see. Anything else I should know?
Btw, setelah ribut-ribut soal heatwave aka gelombang panas yang terjadi di sejumlah negara di Eropa, yang jadi pertanyaan sekarang adalah apakah masyarakat sana masih tetep ngantor? Dan gimana tanggapan si employer mengenai karyawannya yang tetep kerja meskipun di tengah heatwave kayak gini? Nah kalau di Inggris, kalau pegawai ngerasa udah kepanasan banget, nah mereka berhak dipulangkan, guys. Pulang yah, bukan dipecat lol. Terus si employer juga bisa ngurangin jam kerja bagi karyawannya dan make sure itu pegawai bisa dapat suhu yang normal buat mereka bekerja.