Protes Mahasiswa 11.4 Updates

81

Here’s your updates on: Protes Mahasiswa 11.4

From A to Z. Dive in.
Yes guys, kemarin banget nih, ribuan mahasiswa dari berbagai kampus di Indonesia menggelar aksi di berbagai wilayah di tanah air. Aksi ini dilakukan untuk menyuarakan aspirasi mereka ke para pejabat, dari orang-orang di DPR RI sampai ke Presiden.
 
Tell me more.
Ok. Kayak yang udah kita bahas kemarin, ribuan mahasiswa yang tergabung dalam BEM Seluruh Indonesia aka BEM SI tuh kemarin bergerak buat melakukan aksi unjuk rasa atas berbagai isu, khususnya terkait wacana perpanjangan masa jabatan, namun tiga periode. Nah, cuma setelah diliat kemarin, ternyata ada sedikit perubahan nih geng dari rencana awal di mana sebelumnya protes bakalan dilangsungkan di Istana Negara, jadinya dipindah ke Gedung DPR/MPR.
 
Loh kenapa?
Dikonfirmasi oleh Koordinator BEM SI, Kaharuddin, pemindahan lokasi protes ini emang hasil dari konsolidasi internal mereka. Dari analisa mereka, kalau aksinya diadain di Istana Negara, goal-nya adalah biar presiden turun dan ketemu langsung sama mereka, which means itu hal yang susahhhhh banget buat dicapai. Nyaris impossible malah. Terus yang ada malah kemungkinan kelompok tertentu bakalan memanfaatkan gerakan mahasiswa kalo Pak Jokowi yang turun langsung.
 
Makanya dipindahin ke Senayan?
Yess. Secara core dari perpanjangan masa jabatan dan tuntutan lain tuh adanya di Undang-Undang, dan law makers kita adalah para anggota dewan di Senayan. Karenanya, para mahasiswa ini kemudian perlu make sure ke para anggota DPR supaya enggak mengamandemen Undang-Undang soal masa jabatan karena itu sama aja dengan pengkhianatan konstitusi negara. Makanya aksi protesnya juga dipindahin ke Senayan, supaya pesannya nyampe ke para legislator.
 
Terus yang ikutan siapa-siapa aja?
Rame guys, dari berbagai kampus di Indonesia. Tapi yang menarik adalah, BEM Universitas Indonesia aka BEM UI kali ini absen alias they’re like, “Maaf nggak dulu.” Dikonfirmasi oleh Kepala Biro Humas BEM UI, Navio, meskipun mereka nggak ikutan turun, tapi mereka juga nggak membatasi anak-anak UI di luar BEM yang mau ikutan, ya silakan. Nggak dilarang, katanya. Tapi meskipun nggak ikutan aksi, itu nggak berarti BEM UI nggak satu suara sama temen-temennya yang lain di BEM SI. Mereka tetap bakal menyuarakan soal penolakan perpanjangan masa jabatan dan penundaan pemilu dengan berbagai gerakan.
 
Kalau di daerah lain gimana?
Macem-macem. Salah satunya para mahasiswa di Makassar yang menggelar aksi di 19 titik. Mulai dari kampus, kantor pemerintahan, sampai ke jalan-jalan protokol di Makassar, Sulawesi Selatan. Menyikapi aksi itu, sebanyak 2.700 personel pun diturunkan buat mengawal dan mengawasi aksi itu dan disebar ke sejumlah titik. Terus di Maluku juga para mahasiswa dari Universitas Pattimura melakukan aksi protes di depan DPRD Maluku dengan tuntutan yang sama.
 
Emang bikin prahara ya, tiga periode nih…
Makanya. Padahal sehari sebelumnya, Presiden Jokowi udah meminta jajarannya memastikan supaya nggak ada lagi muncul spekulasi di masyarakat soal wacana penundaan Pemilu, maupun perpanjangan masa jabatan. Pokoknya kata Pak Jokowi, pemilu jadi nih, digelar pada tanggal 14 Februari 2024, dan Pilkada serentak pada November 2024.
 
And mahasiswa be lyke…
“Udah telat, protesnya udah keburu jalan!” Nah balik lagi ke protes mahasiswa, di Palembang, banyak massa yang meminta Pak Jokowi supaya plz pak pecat aja menteri-menteri yang minta tiga periode tuh. Selain itu, mahasiswa di Sumenep, Madura, Jawa Timur juga merubuhkan pagar gedung DPRD Sumenep, secara ketua DPRD-nya ngga mau keluar. Padahal mahasiswa udah nungguin supaya bisa diskusi soal tiga periode ini. Finally guys, ada yang menarik nih, di mana para mahasiswa yang demo di Jakarta menyanyikan lagu potong bebek angsa yang liriknya diubah menjadi “Potong bebek angsa masak di kuali, gagal urus bangsa minta tiga kali.” You sing, you lose!
 
Got it. Did anyone say anything?
Yep. Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid bilangnya emang perlu ada ketegasan one more time dari Jokowi yang menyatakan kalau emang presiden menolak both pemilu diundur dan masa jabatan tiga periode. Karena kalau diliat lagi track record-nya, Pak Hidayat bilangnya yang kemarin-kemarin tuh kesannya kayak nggak tegas gitu, sebelum akhirnya presiden bilang Pemilu tetap bakal diadain 14 Februari 2024.
 
I see. Anything else?
Fyi aksi kemarin itu ternyata nggak cuma diikuti oleh mahasiswa doang, tapi juga ada elemen massa yang lain. Kapolri Jenderal Listyo menyebut bahwa ada anak-anak SMA, yang pas diciduk di dalam tasnya masih bawa buku pelajaran. Dari situ, polisi langsung bergerak menyisir kawasan sekitar buat mengamankan anak-anak SMA yang mau ikutan aksi protes.