Memperingati Hubungan Diplomatik Indonesia & Kanada

88

Who’s celebrating their anniversary?

Indonesia and Canada’s relationship.
Yoi guys, did you know bahwa Indonesia dan Kanada udah menjalin hubungan diplomatik selama 70 tahun? Nah untuk memperingati momentum tersebut, kemarin banget nih, Menteri Luar Negeri Kanada datang deh ke Indonesia dan ketemu langsung sama orang-orang di pemerintahan kita, termasuk Bu Menlu Retno Marsudi dan Presiden Jokowi.
 
Tell me.
Yoi guys, Menteri Luar negeri Kanada, Melanie Joly tuh sekarang lagi ada di Jakarta, Indonesia dalam kunjungan kerja pertamanya ke sini. Adapun agenda-agenda Bu Melanie di Indonesia tuh meliputi rapat sama Menlu Bu Retno, terus juga of course menandatangani berbagai dokumen kerja sama diplomatik, kayak Perangko Peringatan 70 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Canada, sama Indonesia-Canada Plan of Action aka PoA 2022-2025.
 
I’m not anak HI. What is PoA?
Itu loo semacam guidance yang bisa dipakai buat jadi acuan dua negara dalam menjalin kerja samanya selama empat tahun ke depan. Disampaikan oleh Menlu Bu Retno Marsudi, hubungan bilateral yang ada dalam PoA itu sekarang difokuskan ke kerja sama ekonomi. Langkah-langkahnya juga udah jelas, mulai dari perdagangan yang bakal dikuatkan, terus negosiasi atas berbagai hal yang bakal dilakukan lebih intensif, dan investasi yang bakalan terus ditingkatkan.
 
I see.. Terus terus?
Nah, selain ketemu sama Bu Retno, Bu Melanie ini juga menggelar meeting sama Presiden Joko Widodo. Dalam pertemuan itu kemudian dibahas berbagai upaya peningkatan kerja sama perdagangan, secara Kanada merupakan salah satu mitra dagang dan investasi yang penting buat Indonesia kalo di Kawasan Amerika Utara. Adapun nilai perdagangan Kanada-Indonesia pada tahun 2021 kemarin juga udah meningkat hingga hampir 30% dan total investasi yang meningkat jadi hampir 4%.
 
Okay, ngomongin apa lagi mereka?
Nah, secara lagi rame-rame G20, ga mungkin dong acara kumpul-kumpul negara tajir dan hampir tajir ini ga dibahas. Jadi dalam pertemuan itu, Bu Melanie juga menyampaikan dukungan negaranya atas presidensi Indonesia di G20 tahun ini. Kanada dan Indonesia juga siap untuk melakukan komunikasi terbuka demi menyukseskan G20, terutama dalam sikon lagi serba menantang kayak sekarang. Selain itu, kedua pihak juga membahas soal isu lingkungan, di mana both are committed buat mempercepat transisi ke sumber energi yang lebih bersih, termasuk yang bener-bener 0 emisi. Yep, kayak penggunaan bahan bakar hidrogen, gitu-gitu.
 
Ada ngomongin Ukraine-Russia nggak?
Ada dong. Nah kalau ngomongin Russia-Ukraina, kedua negara sepakat bahwa menghormati prinsip, menjunjung integritas dan menjaga kedaulatan wilayah merupakan hal-hal yang vital banget dan semua negara harus konsisten menghormatinya. Meskipun nggak secara obvious nyebut nama Rusia, tapi Bu Retno bilangnya perang tuh harus segera dihentikan, dan semua pihak harus berperan aktif demi mengakhiri perang.
 
Couldn’t agree more. Anything else?
Fyi dari kunjungan Menlu Kanada Melanie Joly ke Indonesia, diperkirakan investasi Kanada ke Indonesia bakalan makin mulus ni guys, khususnya untuk beberapa proyek infrastruktur kayak pengembangan jalan tol Cikopo-Palimanan aka Cipali, hingga pembangunan Pelabuhan Gresik. Bu Melanie sendiri bilang, pihaknya akan terus mengeksplor berbagai opportunities investasi di Indonesia.