Pelanggaran HAM Israel Pada Warga Palestina

82

Who’s just “red-flagged” Israel?

Amnesty International.
Iya guys, organisasi yang concern sama isu human rights itu baru aja menyebut bahwa Israel ni parah banget ngelanggar HAM-nya, dan udah melakukan praktek apartheid, aka rasisme dan diskriminasi parah pada warga Palestina.
 
I believe it’s been going on since… forever?
Yep, tapi ini jadi catatan terbaru dari Amnesty International buat Israel yang tentunya bikin negara Yahudi itu bete banget. Jadi dalam report-nya yang setebal 300an halaman lebih itu, Amnesty International bilang bahwa Israel telah melakukan berbagai tindak penindasan, penahanan, penyiksaan, pembunuhan, dan cedera serius buat orang-orang di Palestina. Orang-orang Israel juga memperlakukan masyarakat Palestina sebagai kelompok ras non-Jewish yang derajatnya lebih rendah dibanding mereka, yang kemudian disebutkan Amnesty sebagai tindakan apartheid.
 
Kok apartheid si?
Yha kan karena dijelasin tadi guys, jadi apartheid itu sistem rasisme yang beda-bedain orang berdasarkan ras-nya. Nah biasanya, sikap rasis ini udah sistematis banget dalam kehidupan bernegara tersebut. Artinya, rasisnya itu udah ada di berbagai aspek kehidupan (misalnya, di daerah yang banyak warga Palestina-nya, infrastrukturnya dibikin lebih jelek dibanding di wilayah yang banyak warga Israel-nya. Atau anggaran buat sekolah di wilayah yang banyak anak Palestina-nya lebih dikit dibanding sekolah-sekolah yang mayoritas anak Israel. Hasilnya bakal ada ketimpangan di sepanjang hidup, mulai dari pendidikan anak Palestina yang lebih rendah karena budget-nya dikit, udah gede nyari kerja susah, terus mereka jadi miskin karena lingkungannya ngga dibangun semaju daerah lain, hence the “systematic” term.
 
I see…
Nah hal inilah yang diliat Amnesty International terjadi di Israel gengs. Jadi menurut Agnes Callamard, Sekjen Amnesty International, rasisme ini udah terkandung dalam sistem bernegaranya Israel, kayak di sistem hukum, kebijakan, dan praktik. Belum lagi birokrasinya yang ribet banget. Dan mereka menyebut ini apartheid karena di hukum internasional, tindakan yang kayak gitu termasuk apartheid karena udah diskriminasi terhadap sebuah ras, ras-nya orang Palestina.
 
Terus, reaksi Israel gimana dong?
Panas, gengs. Marah mereka. Bahkan sebelum report itu dirilis, Israel udah mengecamnya sebagai laporan yang salah dan bias. Lebih jauh, pemerintah Israel bilang kalau report itu tuh udah mengarah ke anti-semitisme aka anti-Yahudi. Secara, Israel tuh satu-satunya negara Yahudi di dunia. Jadi jatohnya ya Amnesty International emang mau merusak nama Israel aja gitu (?). Lebih jauh, Jubir Kemenlu Israel Lior Halat bilangnya report yang dibuat Amnesty International tuh double standard banget dan seolah nggak nganggap bangsa Israel hidup di tanah airnya sendiri, tanah air legit-nya bangsa Yahudi.
 
????
Ya emang gitu. Nah, kritik yang sama juga disampaikan oleh kelompok Yahudi di Amerika Serikat dan Liga Anti Pencemaran nama baik yang bilang report-nya Amnesty International tuh ngebuat orang-orang di seluruh dunia juga ikutan anti-Yahudi. Mereka jiuga bilang jangan bawa-bawa apartheid, karena kalau urusannya udah ke sana, itu sama aja dengan merendahkan dan meremehkan penderitaan orang-orang yang tertindas akibat apartheid di Afrika Selatan sana.
 
Got it. Anything else?
Fyi report yang dibuat Amnesty International ini sebenarnya nggak jauh bebeda sama reports sebelumnya yang dibuat berbagai organisasi menyorot Israel ini. Yaitu ada B’Teselem, organisasi HAM punyanya Israel, dan Human Rights Watch aka HRW yang base-nya ada di New York. Mereka menyoroti dua wilayah Palestina yang sekarang masih dikuasain sama Israel dari 1967 lalu, dan kebijakan-kebijakan lain yang ada di dalam negeri Israel yang emang ya menindas, brooow.