Jutaan Warga AS Tidak Menerima Vaksinasi Non-Covid

66

When you need more shots…

What shots?
Vaccine shots. 
 
Hah gimana?
Iya ni guys, fakta baru di Amerika Serikat menemukan bahwa ada jutaan orang dewasa dan anak-anak yang ngga menerima vaksinasi rutin atas pencegahan penyakit yang non-Covid.
 
Tell me more.
Gini guys, jadi kamu pasti tahu bahwa vaksin itu banyak macemnya dan penting banget buat melindungi tubuh kamu dari berbagai macam penyakit. Contohnya aja pas masih kecil, kamu tentu udah divaksin kayak hepatitis, BCG, polio, dll. Adapun untuk orang dewasa di AS sana, vaksinnya tuh misalnya vaksin flu dan HPV. Nah munculnya virus COVID-19 ini bikin warga di sana juga jadi missed vaksin yang lain-lainnya tadi gengs.
 
Really? 
Yep. Jadi contohnya ni yah, soal vaksin flu dan HPV tadi. Jadi vaksin ini diperuntukkan buat remaja dan orang dewasa seantero Amerika Serikat. Namun setelah dua tahunan pandemi, tingkat vaksinasi atas dua jenis vaksinasi ini  mengalami penurunan drastis, padahal udah sempat ada progress tuh sebelum pandemi. Disebutkan juga oleh agency asuransi bernama Avalere, bahwa ada 37 juta orang di Amerika Serikat yang melewatkan vaksinasi rutin during the pandemic.

Go on.
Nah selain vaksin buat HPV dan flu, ada juga penyakit lain kayak hepatitis, cacar air, herpes, meningitis, terus penyakit MMR mulai dari campak, gondok, sampai rubella, plus TDAP which stands for Tetanus, Diphtheria, and Pertussis yang semuanya-semuanya itu merupakan penyakit menular dan membutuhkan vaksin. Namun ya itu tadi guys, kondisi layanan kesehatan di sana yang saat ini masih fokus menanggulangi COVID-19 bikin banyak warga yang akhirnya kelewatan jadwal vaksin rutinnya.
 
Terus gimana?
Well, pemerintah sana sampe punya kebijakan namanya “Healthy People 2030 plan”, di mana salah satu goals-nya adalah untuk meningkatkan angka vaksinasi pada orang dewasa sesuai dengan umurnya. Terus, pemerintah juga bakal makin meningkatkan sosialisasi dengan memanfaatkan para tenaga kesehatan aka nakes, mulai dari dokter, perawat, sampai apoteker, buat ngerekomendasiin vaksin ini ke masyarakat luas.
 
Anything else?
Remember orang-orang di Amerika udah melewatkan 37 juta vaksin rutin during the pandemic, rite? Nah itu kalau dipecah lagi, di umur remaja 7 sampai 18 tahun, ada total 10 juta vaksin rutin yang udah missed sama mereka, belum lagi usia di atas 19 tahun yang udah melewatkan 27 juta vaksin. Jadi ya udah, kalau di sini juga ada yang belum lengkap vaksinasinya, buruan dilengkapi, guys. Pentinggg.