Badai Tornado Landa Amerika Serikat

78

New let’s zoom in on: Tornadoes in the US.

What?
Badai tornado, guys. Jadi saat ini Amerika Serikat lagi sedih banget karena mereka dilanda bencana tornado yang kata Presiden Biden jadi salah satu tornado terbesar sepanjang sejarah AS. Ga tanggung-tanggung, tornado-nya menyapu enam negara bagian, dan udah menewaskan sekitar 84 orang.
 
Oh no….
Iya, jadi enam negara bagian itu meliputi Arkansas, Illinois, Kentucky, Missouri, Tennessee. Dan Mississippi. Tornado ini totalnya berjumlah 50, dan terjadi di Friday Night minggu lalu, di mana banyak warga yang udah tidur. Adapun di Kentucky, kerusakan paling parah terjadi di sebuah kota namanya Mayfield, di mana korban paling banyak ditemukan di sebuah pabrik lilin di mana pegawai-pegawainya lagi kerja shift malam. Terus guys, hasil evakuasi juga menemukan bahwa ada satu kota kecil di sana, namanya Dawson Springs yang kehilangan hampir 75% dari isinya. Adapun di Illinois, kerusakan parah terjadi di gudangnya Amazon yang menyebabkan enam orang tewas dan sisanya lagi dalam masa perawatan.
 
What about other states?
Rusak parah juga sih. Jadi kerusakan parah juga terjadi di Arkansas, Missouri, dan Tennessee. Di Arkansas, ada sekitar 20 korban yang terjebak di panti jompo dan nggak sempat keluar dari sana terus sekarang masih dalam perawatan. Gubernur Arkansas, Asa Hutchinson mengkonfirmasi setidaknya udah ada dua orang yang tewas di negara bagiannya. Terus, Pak Gub juga berencana untuk mem-propose status emergency declaration di negara bagiannya karena udah ada empat daerah di Arkansas yang terdampak parah tornado ini.
 
Lanjut…
Meanwhile in Tennessee, udah ada empat orang yang meninggal karena cuaca buruk. Terus ada juga bangunan-bangunan yang rusak parah bahkan rata dengan tanah di sana. Selain itu, tornado juga membuat rumah-rumah yang tersisa jadi nggak punya listrik, karena alirannya yang rusak. Menurut website PowerOutage.us, ada sekitar 26ribu pelanggan di Kentucky yang akses listriknya terputus, dan di Tennessee ada juga sekitar 10ribuan orang.
 
Terus, ada respons dari Presiden Biden ngga?
Ada dong, jadi dari awal, Biden emang udah di-brief soal bencana ini dan bilang bahwa doi memantau banget perkembangan di lokasi bencana dan udah call-call-an sama para gubernur dari negara bagian-negara bagian tadi. Biden juga bilang bahwa doi pengen hadir langsung di lokasi kejadian, namun dia gamau ganggu proses evakuasi yang lagi berjalan. Terus yang juga penting ni guys, Mr. Biden udah mengakui bahwa doi haqqul yakin badai itu bisa terjadi karena ada kontribusi dari global warming. Karenanya, dia bakal meminta lembaga lingkungan yaitu Environmental Protection Agency untuk meneliti sejauh mana pengaruh dari perubahan iklim atas tornado tadi.
 
Anything else?
So far, jumlah pasti dari para korban meninggal karena tornado ini masih belum jelas guys, karena jumlah korban yang terus bertambah. Meski begitu diyakini, korbannya bisa nyampe 100 orang di Kentucky aja, belum lagi di state-state lain. Saat ini, tim SAR masih berupaya melakukan evakuasi korban dan mendata nama-nama orang yang hilang :(.