Politik Filipina Memanas Jelang Pemilihan Presiden 9 Mei 2022, Densus 88 Antiteror Tangkap Ketua Umum PDRI Farid Okbah, Kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2022, Pemeran Film Harry Potter Akan Reunian

33

Good morning

Hello. Today we want to zoom in on Banjir Sintang that has lasted for almost a month. Our thoughts and prayers are for the victims during this difficult time. We cannot stress enough the importance of taking care of the environment since climate crisis is no joke. Yep, start from turning off the light in your bedroom today. Chop, chop.


Who’s gearing up for elections?

The Philippines.
Yep, iklim politik di Filipina lagi memanas ni gengs karena tanggal 9 Mei 2022 nanti, bakal resmi diadain pemilihan presiden.

 
Reaaaally?
Yep, terus Komisi Pemilihan Umum (KPU) aka ketua panitia pemilu di sana juga udah mulai menutup pendaftaran bakal calon kandidat presiden dan wakil presiden Filipina tahun depan. In case you’re wondering, yes, presiden dan wakil presiden di Filipina dipilih secara terpisah gengs, bukan berpasangan kayak di Indonesia.
 
Menarique…

Ya gitu deh. Tapi, bukan berarti para calon kandidat gak bisa bekerjasama sejak awal-awal pemilu. Contohnya aja yang dilakukan sama anak Presiden Filipina saat ini Rodrigo Duterte yaitu Sara Duterte-Carpio. Sara mencalonkan diri jadi wakil presiden dan udah mengumumkan kerja samanya dengan salah satu calon kandidat presiden yaitu Ferdinand “Bongbong” Marcos Jr. Yang juga anaknya dari Presiden Filipina sebelumnya, Ferdinand Marcos. Jadi kayak Mbak Puan jadi wapresnya Mas Gibran. Gitula kira-kira.

Lol ok….
Nah, lanjut soal panas-panas perpolitikan di sana, jadi hari Selasa kemaren keduanya resmi mengumumkan kalo Duterte dan Marcos bakal berpasangan jadi calon presiden dan wakil presiden Filipina. Sara sendiri merupakan anak dari Presiden Filipina saat ini Rodrigo Duterte dan diusung oleh partai Lakas-CMD (Christian Muslim Democracy). FYI, Duterte jadi presiden sejak 2016 lalu dan gak dibolehin ikutan pemilu lagi oleh konstitusi karena di Juni 2022 nanti sudah habis menjabat selama enam tahun. Sara saat ini merupakan Walikota Davao sejak 2010 dan sebelumnya doi merupakan wakil wali kota di sana. Bisa dibilang, Sara ini diunggulkan dengan background-nya secara politik. Menariknya adalah, capresnya Marcos juga punya power yang sama besarnya or even bigger dari Sara.

Well he does sound familiar…
That’s because Ferdinand “Bongbong” adalah anak dari diktator Filipina Ferdinand Marcos yang digulingkan dari kekuasaannya tahun 1986 silam setelah berkuasa selama 20 tahun. Bongbong pernah jadi senator dari tahun 2010 sampe 2016 lalu. Selain itu, Bongbong juga pernah jadi Gubernur dan Anggota Kongres. Doi dinominasiin sama partai PFP, partai yang dibentuk tahun 2018 oleh para pendukung Rodrigo Duterte. Nah, banyak pengamat yang bilang kalo keduanya adalah tandem yang kuat dalam pemilu 2022 nanti. Tapi, ternyata banyak yang gak setuju ni sama pencalonan Bongbong.

Siapa tu yang gak setuju?
Adalah sekelompok orang yang tergabung dalam Campaign Against the Return of the Marcoses and Martial Law ni yang gak setuju Bongbong nyalon. Katanya sih karena Bongbong masih punya tuntutan atas penghindaran pajak dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara. Hal ini berkaitan sama kekuasaan bokapnya aka Marcos sr yang setelah digulingkan dinyatakan harus bayar pajak atas korupsi pemerintahan bapaknya di pengadilan tahun 1997, dan sampe sekarang belom ada resolusi apa-apa. Kemaren, kelompok ini bersama dengan kelompok lain yang mengecam pencalonan Bongbong bikin petisi buat mengeliminasi Bongbong dari pemilu.

Waduh… Any words from Bongbong?
Yha doi bilang kalo petisi tersebut ga ada dasarnya gengs. Buktinya, kemaren-kemaren dia udah kepilih jadi senator, anggota kongres, dan gubernur. Terus kenapa sekarang doi jadi gak eligible buat ikutan pilpres? Gitu ceunah. Intinya, Bongbong udah bertekad bulat buat ngelanjutin pencalonan dirinya sebagai presiden Filipina bareng sama Duterte-Carpio tahun depan.

I see. What about other candidates?
Ada kandidat lain yang menarik ni gengs, yaitu Manny Pacquiao aka petinju asal Filipina yang pamornya udah sampe level internasional. As you guys probably know, Manny sendiri juga udah lama terjun di dunia politik, di mana doi merupakan senator Filipina saat ini. Dalam kampanyenya, Manny sering kali menyatakan bahwa doi pengen memenjarakan para koruptor, termasuk di dalamnya orang-orang di pemerintahannya Duterte maupun Marcos. Manny juga bilang di tanggal 11 November kemaren kalo doi bakal memenjarakan dan menginvestigasi pemerintah-pemerintah sebelumnya atas kasus korupsi.

Whoa, that’s ballsy.
Yep, mengingat Sara dan Bongbong dua-duanya punya hubungan sama pemerintahan lama. Tapi mungkin masih kurang kali ya guys, karena sebuah survei yang dilakukan di Filipina bulan Oktober kemaren menyatakan Bongbong masih memiliki popularitas di tengah pemilih lebih tinggi daripada Manny dan Wakil Presiden Filipina saat ini yang juga nyalon buat tahun depan yaitu Leni Robredo.

Hmmm. Anything else?
On the other handRodrigo Duterte sendiri juga baru aja nyalonin diri jadi senator di detik-detik terakhir pas awal minggu ini. Padahal sebelumnya, Rodrigo udah janji kalo doi gak bakal berpolitik lagi abis lengser dari jabayannya sebagai presiden. Bahkan tadinya sebelum ngomong janji itu, doi dikabarin kepikiran buat nyalon jadi wakil presiden. Emang ajaib gengs pemilu Filipina kali ini, bahkan yang daftarin diri jadi calon presiden ke KPU sana ada 97, dan lebih dari setengahnya ditolak sejak awal sama KPU pendaftarannya. Hmmm, jadi berlomba-lomba duduk di bangku kepresidenan ni…


Who’s just made some arrest?

Densus 88 Antiteror.
Dan sesuai namanya, orang yang ditangkep adalah terduga teroris yang merupakan Ketua Umum Partai Dakwah Rakyat Indonesia (PDRI) Farid Okbah.
 
Tell me more.
OK. Adapun penangkapannya dilakukan di Bekasi, Jawa Barat. Terus enggak cuma Farid Okbah, Densus 88 juga menangkap dua orang lainnya yaitu Ahmad Zain An-Najah yang diduga merupakan anggota komisi fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan seorang ustad bernama Anung Al-Hamat. Ketiganya ditangkap sebagai tersangka kasus terorisme. Bahkan, Farid Okbah juga dianggap punya hubungan sama jaringan terorisme Timur Tengah yaitu Al-Qaeda.
 
Wait, who is he again?
Farid Okbah sendiri terkenal aktif di organisasi atau kelompok Islam di Indonesia gengs. Selain jadi ketum PDRI, Farid terkenal sangat anti terhadap kelompok Islam Syiah. Farid juga merupakan salah satu tokoh Islam yang mendirikan Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI). Farid diketahui juga pernah menjabat sebagai Ketua Majelis Syuro Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII) DKI Jakarta. Pas November tahun lalu, namanya juga sempat tercatat sebagai salah satu anggota Majelis Syuro Partai Masyumi, bahkan sampe jadi anggota sepuh di sana.
 
OK, terus kenapa dikaitin sama terorisme?
Direktur Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Brigjen Ahmad Nurwahid kemaren mengungkap bahwa Farid Okbah juga tercatat merupakan alumni kombatan di Afghanistan. Ahmad juga bilang ni kalo Farid Okbah merupakan lulusan Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA). Terus, doi juga tergabung dalam organisasi teroris Jamaah Islamiah (JI) yang kemaren sempet heboh karena terungkap nyari pendanaan dari kotak amal itu loh.
 
Oh yea I remember now!
Yep, Pak Ahmad juga nyampein kalo Farid Okbah diduga merupakan anggota dewan syariah Lembaga Amil Zakat BM Abdurrohman Bin Auf (LAZ-ABA). LAZ-ABA ini merupakan yayasan yang terafiliasi dengan kelompok teroris Jamaah Islamiah (JI). Gak cuma itu, katanya Farid pernah ke Afghanistan sebagai perwakilan dari JI ke Al-Qaeda gengs.
 
Whoa…
Dari sinilah, Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas (Kabagpenum Divhumas) Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan menegaskan kalo Polri udah punya cukup bukti untuk menetapkan Farid Okbah, Ahmad Zain An-Najah, dan Anung Al-Hamat sebagai tersangka kasus terorisme. Tapi Pak Polisi belom nge-spill detil-detil lainnya soal bukti tersebut gengs.
 
Any words from his side?
Yoi, ada pengacaranya yaitu Ismar Syafruddin yang bener-bener ngebantah kalo kliennya terlibat kegiatan apapun yang berkaitan sama terorisme. Ismar bilang kalo Farid dan dua orang lainnya tuh ulama baik-baik dan gak pantes dapet status tersangka kayak gini. Gak cuma itu, Ismar juga nyinggung, “Lebih berbahaya Luhut Binsar dan Erick Thohir yang sudah jelas merugikan masyarakat lewat PCR,” gitu cuenah.
 
… 
Selain itu guys, diketahui bahwa Farid Okbah juga sempet ketemu Pak Presiden Joko Widodo pada tahun lalu. Hal ini diketahui dari hasil postingannya di IG-nya Farid yang bilang bahwa selain meminta supaya pemerintah mencabut RUU HIP (Haluan Ideologi Pancasila), juga meminta supaya Pak Jokowi jangan lupa salat, tegakkan keadilan, basmi korupsi, dll.
 
Got itAnything else?
In a-not-really-unrelated news, Wakil Ketua Umum (PDRI) Masri Sitanggang aka wakilnya Farid bilang kalo partainya masih dalam proses pengurusan izin untuk dapet Surat Keputusan (SK) Menteri Hukum dan HAM (Menkumham). Masri lebih jauh menjelaskan kalo aktivitas PDRI saat tengah membentuk jaringan di tingkat provinsi, kabupaten/kota dan kecamatan. Hal itu dilakukan sebagai syarat administratif mendapatkan SK Menkumham.

What’s making some sliiiiiight improvement?

Kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2022.
Yep, Kementerian Ketenagakerjaan udah nge-spill ni guys soal UMP tahun 2022 yang diatur dalam PP No. 36 tahun 2021 di awal minggu ini. Ketetapannya adalah, kenaikan UMP tahun depan naik 1,09% dari tahun ini. Kalo dari Kemnakernya sih, Direktur Hubungan Kerja dan Pengupahan Dinar Titus Jogaswitani mengatakan kalo formula penghitungan dan penetapan upah minimum ini untuk mengurangi kesenjangan wilayah sehingga terwujud keadilan antarwilayah.
 
Gimana tu formulanya?
Kata Dinar, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan rata-rata konsumsi rumah tangga di masing-masing wilayah. Selain itu, penetapan upah minimum juga ditujukan untuk mencapai kesejahteraan pekerja atau buruh dengan tetap memperhatikan kemampuan perusahaan dan kondisi nasional. Hal ini dilakukan melalui penggunaan data-data ekonomi dan ketenagakerjaan yang bersumber dari Badan Pusat Statistik (BPS). Jadi pokoknya udah dikaji deh guys, gak ujug-ujug gitu.
 
It is good, no?
Uhmmm banyak pihak yang bilang kenaikan ini kurang sih. Karena kalo perhitungannya peningkatannya adalah 1,09%, menurut perhitungan Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia (ASPEK Indonesia) berarti nambahnya sebenernya gak sampe 50 ribu rupiah gengs.
 
Emang gimana tu ngitungnya?
Well, contohnya DKI Jakarta yang merupakan wilayah dengan UMP tertinggi setiap tahunnya pada 2021 UMP-nya adalah Rp4.416.186,548. Kalo naik 1,09% berarti jadi Rp4.453.724, cuma bertambah Rp37.538. Otomatis ini adalah kenaikan tertinggi, which means daerah-daerah lain pasti ada di bawahnya. Kata Presiden ASPEK Indonesia Mirah Sumirat, hal Ini memalukan banget mengingat kondisi masyarakat sekarang makin susah akibat pandemi.
 
🙁 What else did she say?
Mirah juga bilang kalo aturan UMP 2022 ini justru bertentangan dengan UU No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang bilang kalo kenaikan upah minimum dihitung hanya berdasar variabel pertumbuhan ekonomi atau inflasi, bukan akumulasi kayak yang dipake Kemnaker. Tapi dalam PP No. 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan, ada tambahan formula baru yang ditetapkan sepihak oleh pemerintah dan gak diatur dalam UU Cipta Kerja, yaitu penyesuaian nilai upah minimum ditetapkan dalam rentang nilai batas atas dan batas bawah.
 
Any words from Kemnaker regarding this?
Yep, ada Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah yang bilang kalo upah minimum di Indonesia udah ketinggian dari sananya, makanya susah kalo dinaikin lagi untuk bisa dijangkau oleh pengusaha. Adapun pandangan bahwa upah minimum di Indonesia itu udah ketinggian juga diambil berdasarkan Kaitz Indeks yang merupakan suatu metode yang secara internasional digunakan untuk mengukur tinggi rendahnya suatu upah minimum di suatu wilayah, dengan membandingkan besaran upah minimum yang berlaku dengan median upahnya. Nah, berdasarkan itung-itungan Kaitz Index inilah, umah minimum di Indonesia udah ketinggian gengs, jadi perlu mempertimbangkan kemampuan pengusaha juga ceunah.
 
….
Ada juga perwakilan dari pihak pengusaha yaitu Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani yang bilang kalo semua pengusaha yang tergabung dalam Apindo setuju sama ketetapan ini. Katanya, formulanya udah sesuai kok sama UU Ciptaker dan besaran 1,09% itu udah adil. Kata Hariyadi, angka tersebut udah mempertimbangkan tingkat pengangguran terbuka, inflasi, dan pertumbuhan ekonomi.
 
Got it. Anything else?
Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) rencananya bakal melakukan aksi mogok nasional di bulan Desember dalam rangka menolak kenaikan UMP 2022 sebesar 1,09%. Presiden KSPI Said Iqbal bilang kalo pihaknya meminta kenaikan upah 2022 sebesar 7-10%. Kata Said, lebih dari dua juta buruh di lebih dari 30 provinsi di Inodnesia bakal berpartisipasi dalam mogok ini. Gak cuma itu, rencananya hari ini juga bakal ada puluhan ribu buruh di daerah masing-masing yang akan menggelar unjuk rasa di kantor gubernur, kantor Bupati/Wali Kota, kantor DPRD, dan DPRD provinsi. Setelah unjuk rasa daerah digelar, secara bersamaan 60 federasi serikat pekerja tingkat nasional dan 6 konfederasi dan aliansi konfederasi akan melakukan aksi unjuk rasa di Istana Negara, Kementerian Tenaga Kerja, dan Gedung DPR RI di hari yang sama.

Who’s having 20th anniversary reunion?

Harry Potter’s casts.
 
Good news, potterhead! Hari Selasa tanggal 16 November 2021 kemaren, Warner Media baru aja mengumumkan bahwa para pemeran di film Harry Potter kayak Daniel Radcliffe, Rupert Grint, Emma Watson dan aktor-aktor lainnya dari kedelapan film Harry Potter bakal reunian. Adapun reuni ini bakal digelar dalam rangka 20 years anniversary film pertama, Harry Potter and the Sorcerer’s Stone, yang tayang pada tahun 2001 lalu. Terus, para aktor dan aktris ini bakal kumpul-kumpul lagi dalam tayangan spesial berjudul Harry Potter 20th Anniversary: Return to Hogwarts yang bakal tayang di HBO Max tanggal 1 Januari 2022 mendatang.
 
Nah, bocoran dikit soal reuniannya guys, jadi pada tayangan ini, para aktor dan aktris bakal duduk bareng untuk membahas lebih dalam dan mendetail soal proses pembuatan film-film Harry Potter. Adapun para pemeran yang udah confirmed ikut reunian di antaranya adalah Helena Bonham Carter, Robbie Coltrane, Ralph Fiennes, Jason Isaacs, Gary Oldman, Bonnie Wright, Evanna Lynch and our lovely Malfoy aka Tom Felton.
 
Terkait project ini, Presiden Warner Bros Tom Ascheim bilang kalo reuniannya diperuntukkan buat semua penonton setia sejak pertama kali film HP tayang 20 tahun lalu. Ascheim juga yakin bahwa banyak orang yang udah tersentuh sama dunia sihir Harry Potter dan bahkan tumbuh bersama film serial ini, jadi yhaa tayangan reuniannya bakal jadi dedikasi buat mereka.

“Iya, Alhamdulillah brother.”

Gitu guys kata mantan vokalis Nidji Giring Ganesha yang udah secara resmi menjabat sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menggantikan Grace Natalie. Hal ini diketahui setelah dilaksanakannya pelantikan kepengurusan DPP PSI periode 2019-2024 yang digelar kemarin, Selasa (16/11/2021). FYI guys, masa jabatan Giring dan pengurus PSI lainnya adalah 2019-2024.
 
From Mbak Puan, Pak Prabowo to Giring, 2024 would be lit👌🏼

Announcement


Thanks to Buah Naga <3 for buying us coffee today!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Catch Me Up! recommendations

Jatah cuti akhir tahun masih banyak? Buruan dipake gengs biar gak angus! Tenang, mau staycation di Bali atau island hopping di Bajo, bayarnya bisa pake ini dan dapetin cicilan 0%! Pssst… jangan lupa teteup social distancing ya!

Angel’s Stories

1. Beberapa minggu lalu, aku si jobseeker ikut recruitment suatu perusahaan. Aku iseng-iseng masukin lamaran ke sana, tapi berujung lolos sampe tahap dua. Keluargaku mulai menaruh ekspektasi agar aku bisa lolos sampe tahap akhir. Saat itu, setiap pagi keluargaku selalu bahas, “Wah nanti kalo kerja di sana bakal gini gini gini.” Hal itu bikin pikiranku di dua hari menjelang tes tahap tiga dipenuhi dengan “gimana kalo ini, gimana kalo itu”. Aku takut banget sampe nangis setiap malem. Akhirnya aku cerita sama temenku tentang hal ini. Aku gak nyangka jawaban dia bakal bikin aku jauh lebih tenang. Dia bilang, “Namanya juga keluarga, pengen harapin yang baik. Tapi jika memang skenario buruk yang terjadi, ya gak akan juga kamu diblame.” Yep, dia bener guys. Ketika hasil tahap tiga keluar dan aku dinyatakan gak lolos, mereka gak nyalahin aku ataupun marahin aku. Makasih banyak Fik, kamu datang di waktu yang tepat, bahkan nenangin aku pas beres tes. Dan untuk temen-temen jobseekers, semangat terus cari kerjanya, kalo cape istirahat aja dulu. Aku selalu inget quotes dari Tweening, “Kalo kita ditolak, berarti di luar sana ada yang bahagia karena bisa diterima. Kita juga harus ikut seneng, karena itu jatah dia, berarti giliran kita cari jatah sendiri.”
-Genistain-
 
2. Jadi seminggu ini aku dilema, bingung, nangis terus tiap pulang kerja. Tekanan kerjaan yang semakin berat, pergolakan batin tentang masa depan. Trus ngerjain soal TPA persiapan S2 yang susah, sampai bikin aku ragu sama kemampuan diriku sendiri huhuhu. 🙁 I need a break tapi sungkan aja ngomong sm orang tua, takut mengecewakan aja sih 🙁 Untungnya ada anjing peliharaanku. Whenever I see him, it makes me happy. 🙂
-PW-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!)