Corona Updates 29 November 2021, Formula E Akan Digelar di Jakarta Juni 2022, Menteri BUMN Sudah Menutup 70 Perusahaan BUMN, Great Barrier Reef Diketahui Bisa Melakukan Regenerasi

138

Good morning

Hello, hello. A day before December aka the holiday season, and boom! The whole world is holding its breath over the emergence of Covid-19 omicron variant. Yep, literally a holiday wrecker. Get your guards up, folks!


Who’s singing “Look who’s back, back again?”

E. Mi. Nem.
Nope, Covid-19! Yoi guys, dunia lagi dibikin tegang nih sama munculnya varian baru omicron yang bikin banyak negara menutup perbatasannya. About that, and more info from home and abroad, just a scroll away. Let’s go!
  • Per kemarin, 28 November 2021, total kasus positif Covid-19 di Indonesia menjadi 4.255.672 kasus, dengan kasus aktif 8.226, angka sembuh 4.103.639, dan kasus meninggal 143.807.

  • Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (860.497 kasus), Jawa Barat (705.913 kasus), Jawa Tengah (483.335 kasus), Jawa Timur (398.605 kasus), dan Kalimantan Timur (157.658 kasus).
  • Penduduk Indonesia yang udah menjalani vaksinasi pertama ada sebanyak 138.119.613 dan vaksinasi kedua 93.666.839 dari target vaksinasi Indonesia sebanyak 208,2 juta penduduk.
  • Over the past week kamu pasti banyak denger soal varian baru covid-19 yang bernama Omicron. Nah kalo kata Mantan Direktur Badan Kesehatan Dunia (WHO) Asia Tenggara Tjandra Yoga Aditama hari Sabtu kemaren, pemerintah mending mengkaji lagi aturan masuknya pendatang dari negara yang sudah terjangkit Covid-19 varian Omicron. Selain itu, pemerintah juga perlu segera merinci riwayat perjalanan pendatang di Indonesia karena dikhawatirkan bisa aja nih, ada WNA yang dateng dari negara yang udah terpapar varian Omicron.
  • Nah terus, kalo kamu udah ada rencana bepergian pas liburan Natal dan Tahun Baru ini, pikir-pikir lagi deh gengs. Karena minggu kemaren Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Dedi Prasetyo bilang kalo masyarakat yang mau bepergian harus punya Surat Keluar Masuk (SKM) yang dikeluarin sama RT setempat. Nantinya, SKM itu harus dikasi liat sama pengendara ke petugas kepolisian yang jaga-jaga di sejumlah titik kayak pintu tol, dan jalur akses tertentu di perbatasan wilayah. Adapun tujuannya ya supaya bisa lebih gampang gitu nge-trace varian baru Omicron yang kalo amit-amit masuk Indonesia.
  • Setelah Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka diterapkan, muncul klaster baru covid19 dari sekolah di Pekanbaru ni gengs. Sebanyak 113 siswa dan guru di SMP Islam Terpadu di Jalan Bakti, Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru, terkonfirmasi positif covid-19 per hari Sabtu kemaren. Saat ini, para pasien lagi menjalani isolasi mandiri di asrama sekolah.
  • Buat kamu yang masih belum divaksin, kini jenis vaksin covid19 di Indonesia makin beragam ni gengs. Untuk pertama kalinya, Indonesia menerima kedatangan vaksin Covid-19 merek Covovax pada Sabtu (27/11) kemarin sebanyak 134.500 dosis dalam bentuk jadi dari total 10 juta dosis. Kedatangan tahap ke-135 ini menjadikan Indonesia memiliki stok lebih dari 317 juta dosis dari kebutuhan 412 juta.
  • Untuk mencegah varian covid 19 yang berasal dari Botswana, Afrika Selatan, Pemerintah Indonesia masih menutup penerbangan dari Afrika. Kalo kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PL) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi, varian yang lebih ganas dan menular itu belum ditemukan di Indonesia. Terus saat ini, Indonesia juga baru ngebuka akses buat pendatang dari 19 negara doang.
From abroad…
  • Per 28 November 2021, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 261.100.449 kasus dan 5.195.571 kasus meninggal.
  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (48.202.463 kasus), India (34.572.523 kasus), Brazil (22.076.863 kasus), Inggris (10.165.779 kasus), dan Russia (9.370.694 kasus).
  • Minggu kemaren, dunia kembali dihebohkan sama varian baru covid-19 Omicron yang pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan pada tanggal 9 November 2021. Adapun dalam keterangan resminya WHO minggu lalu, varian ini diketahui lebih mudah menular dan meningkatkan resiko seseorang untuk kembali terinfeksi. Per kemaren, udah ada beberapa negara yang terpapar varian ini mulai dari Australia, Jerman, Inggris, Israel, Italia, Hongkong, dan Ceko.
  • Per kemaren, udah ada tujuh kasus yang diduga merupakan varian Omicron ditemukan di Israel. Atas penemuan ini, otoritas sana kemudian langsung menutup pintu kedatangan dari semua warga asing. Israel jadi negara pertama yang memberlakukan kebijakan ini setelah penemuan Omicron, dan rencananya sih aturan ini bakal berjalan selama dua minggu.
  • Selain di Israel, varian Omicron ini ditemukan di Australia dengan jumlah dua kasus. Kasusnya ditemukan pada dua orang pelancong yang baru balik dari Afrika Selatan dan baru nyampe ke Sydney. Hari Minggu kemaren, Kementerian Kesehatan di sana juga bilang kalo dua orang ini udah fully vaccinated dan asymptomatic. Sebagai respons, Australia kemudian nge-ban turis yang dateng dari sembilan negara Afrika selama dua minggu terakhir.
  • Hal yang sama juga diberlakukan oleh Korea Selatan, di mana pendatang dari delapan negara di Afrika yaitu Afrika Selatan, Botswana, Namibia, Zimbabwe, Lesotho, Eswaitini, Malawi, dan Mozambik sejak Sabtu kemaren juga dilarang masuk. Terus, Warga negara Korsel yang dateng dari delapan negara tersebut wajib karantina 10 hari.
  • Sedangkan di Benua Biru aka Eropa, kasus Omicron pertama kali terdeteksi di Belgia tanggal 22 November 2021 silam. Kasus ini terjadi kepada pendatang dari Mesir yang belum divaksinasi. Akhirnya Pemimpin Uni Eropa Ursula von der Leyen ngumumin hari Jumat kemaren kalo semua penerbangan ke dan dari Afrika Selatan dan negara-negara tetangganya dilarang sampe waktu yang gak ditentukan. Terus, Uni Eropa juga udah meminta negara-negara anggotanya untuk menghentikan penerbangan dari negara-negara Afrika tersebut.
  • On the other hand, karena larangan perjalanan ini Afrika Selatan ngerasa “dihukum”, bukannya diapresiasi karena sebagai negara pertama yang nge-discover varian baru Ini. Menlu Afrika Selatan bilang negara lain gak bakal dihukum segininya kalo kasus Omicron ditemuin pertama kali di sana. Terus dalam menanggapi larangan dari Uni Eropa tadi, Menkes Afsel Joe Phaahla juga bilang bahwa pihaknya selama ini udah transparan banget soal penemuan variannya, dan pemberlakukan larangan terbang tersebut berlawanan banget sama standar WHO.

Let’s get you up to speed on: Formula E.

Update me.
Yuhuuuu over the weekend kemaren pasti kamu seeering banget denger soal Formula E atau Jakarta e-Prix. Yep, ajang balapan mobil listrik dunia yang rencananya bakal digelar di Jakarta ini makin keliatan hilalnya ni gengs…
 
Hilal gimana maksudnya?
Well, jadi weekend kemarin tuh udah mulai jelas dan diumumin nih, siapa aja panitianya, bakal di mana kandidat lokasi-lokasinya, sampe mekanisme pengawasannya gimana, supaya dana Formula E ini enggak dikorupsi. Nah rencananya, bulan Juni tahun 2022 nanti Jakarta bakal jadi tuan rumah dari acara yang harusnya digelar tahun 2020 kemaren (yang terhalang apalagi kalo bukan covid).
 
I see. Anything new?
Yep. Yang pertama, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan minggu lalu menunjuk Sekjen Ikatan Motor Indonesia (IMI) yang juga politisi asal Tanjung Priok, Jakarta Utara Ahmad Sahroni sebagai Ketua Pelaksana Formula E atau Jakarta E-Prix. Nah, nantinya Pak Sahroni bakal dibantu Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo (Bamsoet) yang menjadi Ketua Panitia Pengarah dalam event tersebut.
 
Got it…
Nah terus, untuk lokasinya sendiri masih belum tau ni guys, tapi yang pasti sih ada lima kandidat: Pantai Indah Kapuk (PIK), Sudirman atau GBK, Jakarta International Stadium (JIS), JieXpo Kemayoran dan Ancol. Menurut Pak Bamsoet, pembangunan trek Formula E ini sendiri enggak boleh merusak infrastruktur yang udah ada maupun merusak lingkungan. Yha kayak nebang-nebang pohon gitu enggak boleh gengs.
 
OK terus…
Nah salah satu isu yang juga kerap muncul soal gelaran Formula E ini adalah kemungkinan potensi korupsi, secara ada dana dari APBD yang digunakan dalam gelaran ini. Nah menurut Pak Sahroni, supaya transparan, pihaknya bakal menggandeng KPK untuk mengawasi gelaran tersebut. Terus juga nanti kalo panitianya udah terbentuk, Bang Roni juga bakal ngajakin mereka untuk berkunjung ke KPK buat audiensi.
 
I see…
Tapi, ada beberapa pihak yang masih mempertanyakan urgensinya event ini digelar tahun depan di Jakarta, apalagi pandemi masih berlangsung. Di antaranya ada Sekjen Gerindra Ahmad Muzani yang mempertanyakan urgensi event ini, apalagi mengingat biaya penyelenggaraannya yang terbilang mahal. Kata Pak Muzani, apakah Formula E bakal menyejahterakan rakyat Jakarta? Terus yhaa jangan sampe ajang ini cuma jadi buat pencitraan doang gitu.
 
Emang biayanya mahal banget? 
Pemprov DKI sendiri sih udah menganggarkan sekitar Rp369 miliar ni buat commitment fee. Ini ni yang jadi pro dan kontra, karena banyak yang bilang biaya yang harus dibayarkan Jakarta ini lebih mahal daripada kota lain yang jadi tuan rumah Formula E juga. Terus yha teteup ke urgensi sih, kayak lagi pandemi gini mo apa brooow…
 
Hmmm. Anyone saying anything?
Co-founder Formula E Alberto Longo bilang kalo gak cuma Jakarta aja kok yang ngasih commitment fee di awal. Kota-kota lain yang pernah jadi penyelenggara Formula E juga pasti bakal ngasih fee demi investasi untuk warga setempat. Longo menyangkal asumsi yang bilang kalo Jakarta bayar lebih mahal daripada kota-kota lain. Pokoknya enggak lebih mahal kok gengs.
 
OK…
Terus terkait commitment fee ini juga, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata bilang kalo KPK bakal menyelidiki soal ini. Pak Alex bilang kalo fee lebih tinggi ini bisa jadi karena reputasi Jakarta yang belum terlalu tinggi seperti kota-kota venue lainnya. Terus KPK juga berencana untuk memanggil Jakpro ni sebagai salah satu pihak yang terlibat dalam acara ini.
 
Kalo pemprov DKI ada komentar?
Ya ada. Kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta Achmad Firdaus, proses pembayaran uang commitment fee ini udah sesuai prosedur karena udah dibahas juga bareng DPRD. Selain itu, anggarannya juga udah di-acc dan tentunya keputusan ini juga udah mempertimbangkan berbagai hal.
 
Hmm… Anything else?
Well, kalo kamu masih kepo soal venue dari sirkuit balap event ini sendiri, Pak Bamsoet sih ngasih bocoran kalo kemungkinan bakal digelar di Ancol ni karena wilayah ini dianggep pas. Sedangkan menurut Pak Sahroni, yhaa ditunggu aja nanti Insya Allah sebelum Natal bakal diumumin ni pastinya venue-nya di mana.

Who’s putting up “closed for business” sign?

Menteri BUMN Pak Erick Thohir.
Yoi guys, kamu tahu enggak, ternyata Menteri BUMN Pak Erick Thohir sejauh ini udah menutup 70 perusahaan BUMN lho. Katanya, alesannya sih karena perusahaan-perusahaan ini emang udah gak beroperasi lagi. Adapun hal ini disampaikan pada Hari Sabtu kemaren pas acara Orasi Ilmiah di Universitas Brawijaya,
 
Whaaaat?
Yep, Pak Erick bilang kalo perusahaan-perusahaan yang ditutup ini udah gak beroperasi sejak tahun 2008-an. Perusahaan-perusahaan ini juga udah gak bisa berkompetisi lagi sama perusahaan lain, otomatis yha gak menguntungkan. Jadinya ditutup sekalian deh sama Pak Erick.
 
OMG…
Lebih lanjut, Pak Erick juga menjelaskan bahwa perusahaan-perusahaan yang terhitung sejak tahun 2008 gak beroperasi ini harus ditutup sekarang. Tujuannya supaya gak terjadi pemborosan anggaran, dan akhirnya BUMN bisa kembali berkompetisi di kancah nasional maupun global. Soalnya, selama ini perusahaan yang gak beroperasi tersebut masih dapet anggaran kan, padahal yha kondisinya enggak menguntungkan. Jadi yaudah deh supaya gak keluar anggaran untuk sesuatu yang enggak menghasilkan, mending ditutup aja kalo kata Pak Erick.
 
I see.
Nah, terus dari September kemaren, Pak Erick juga udah ngasih tau ni kalo emang ada rencana untuk menutup tujuh perusahaan BUMN yang udah gak beroperasi. BUMN yang dibubarkan tersebut adalah PT Merpati Nusantara Airlines (Persero), PT Industri Gelas (Persero), PT Istaka Karya (Persero), PT Kertas Kraft Aceh (Persero), PT Industri Sandang Nusantara (Persero), PT PANN (Persero), dan PT Kertas Leces (Persero).
 
Banyak ugha.
Yep, soalnya Pak Erick bilang kalo pemerintah lagi mau menekankan efisiensi buat perusahaan-perusahaan pelat merah ini, supaya ada kepastian yang jelas terkait perusahaan-perusahaan ini dan pertanggungjawabannya ke Presiden. Sebelumnya, Pak Jokowi juga udah beberapa kali menyampaikan ke Pak Erick supaya kalo ada BUMN yang sakit ya ditutup aja. Apalagi buat BUMN-BUMN yang enggak efektif dan enggak mampu meningkatkan daya saing.
 
OK. Anything else?
Well, in a totally related news, Pak Erick juga minggu lalu baru aja bilang bahwa Pak Jokowi bakal meluncurkan Merah Putih Fund pada pertengahan Desember mendatang. Adapun Merah Putih Fund ini merupakan pendanaan lokal untuk mendukung startup Indonesia supaya jadi perusahaan dengan skala yang lebih besar. Alasannya, kini banyak perusahaan startup Indonesia yang pindah ke luar negeri untuk memperoleh pendanaan yang lebih besar. Nah jadi supaya ga kemana-mana, ya diluncurkanlah Merah Putih Fund ini.

What just experienced a “magical moment”?

Australia’s Great Barrier Reef.
 
Kabar baik datang dari Benua Australia ni gengs. Great Barrier Reef yang merupakan gugusan terumbu karang besar di dunia ini akhirnya diketahui bisa melakukan regenerasi. Tau kan gengs kalo selama ini keberadaan terumbu karang di berbagai belahan dunia ini lagi dalam kondisi kritis, thx to global warming? Nah, Great Barrier Reef hari Selasa minggu lalu baru aja mengalami “ledakan” tahunannya. Ledakan tahunan ini adalah event di mana karang-karang secara massal mengeluarkan sel telur dan sperma untuk regenerasi. Hal ini menandakan kalo terumbu karang di sini mampu bertahan di tengah ancaman ekologis yang merupakan akibat dari krisis iklim.
 
Adapun ledakan yang terlihat kayak kumpulan terumbu karang ini mengeluarkan banyak confetti warna-warni yang menandakan bahwa akan ada perkembangbiakan dari gugusan terumbu karang yang terancam punah dan dilindungi oleh UNESCO ini. Terkait fenomena ini, para peneliti kemudian menyelam untuk mencari ledakan sel telur dan sperma ini untuk kemudian dikembangbiakan di laboratorium. Harapannya adalah supaya gen dari terumbu karang bisa direplika sehingga keberadaannya gak terlalu terancam lagi.

“Maka ketika saya ditanya bagaimana caranya menjaga pernikahan agar awet sampai 50 tahun? Saya katakan bahwa saling mengerti dan saling percaya adalah kunci utama. Perlakukanlah pasanganmu sebagai partner atau teman dalam hal apapun.”

Awwww :3 gitu guys kata Menko Marves Opung Luhut Pandjaitan ketika ditanya soal rahasia hubungan awetnya sama sang istri, Devi Simatupang, yang udah berjalan selama 50 tahun. Kata Opung Luhut, selain saling percaya, doi juga melihat sang istri punya peran setara dengan dirinya di rumah tangga, meskipun pada kenyataannya yha peran sang istri lebih besar karena berhasil mengasuh dan mendidik anak-anak, di saat Opung Luhut lagi kerja aka ga di rumah.
 
Yep, “setara” is the keyword, guys…

Announcement


Thanks to Seseorang for buying us coffee today!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Catch Me Up! recommendations


Catch Me Up! is hiring!

Do you enjoy reading us? Can you write like us? If you do, you’re probably the one we’ve been looking for! Yep, we’re opening a vacancy to be our freelance content writer. An ideal candidate would:
– Have a good understanding on national/international affairs.
– Have a strong ability to write in casual style.
– Have a deep interest in pop culture.
– Already be a subscriber.

And your perks would be…
– 100% from home or anywhere.
– Flexible working hours (literally).

Now, if you got what it takes, shoot us an email to [email protected] with the following format:

Subject: Mau jadi content writer dong! – (your name)

And send along your CV and your writing sample (Pro tip: try to make it as similar as our writing style) and that’s it.

PS: We’re kinda in a hurry so… send ’em over, quick!


Angel’s Stories

1. Aku lagi kesel sama papa yang selalu nyusahin, jadi aku nenangin diri ke taman deket rumah. Pengen nangis tapi ada beberapa orang di taman, jadi aku mutusin buat cari sudut yang aman dan tiba tiba ibu-ibu yang bawa anaknya ke taman muncul dan memberikan aku sebotol minuman terus bilang, “Emang kalau ada masalah gapapa kok kalau mau sendiri dulu, tetap semangat ya!”Jujur di situ aku kaget karena aku rasa mukaku emang menunjukkan emosi kesel, tapi dengan kalimat yang sederhana itu aja udah buat aku senyum kembali 🙂 Terima kasih, bu!
-Jambi-
 
2. Kamis pagi, waktu aku baru kelar responsi, temenku chat kata-kata yang bikin terharu, padahal kami enggak sering ngobrol. Kata-katanya kurang lebih begini, “Ya ampun gapapa, pokoknya jangan bandingin diri sendiri sama progress orang lain. Kalo yang lain keliatan kayak lancar jaya gitu biarin aja. Kamu pokoknya udah keren banget! Aku bangga sama kamu. Pasti mama papa kamu lebih bangga lagi, ngeliat anaknya udah sekeren itu bisa jawab responsi hari ini. Semangaaattt!”. Terharu banget😣💖, apalagi dari kemarin abis overthinking soal nilai laprak. Buat kalian yang lagi ngerjain sesuatu, semangat ya! Kalian hebat karena mampu bertahan💜
-Lucky friend-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!