Hidup Sehat Hindari Dementia di Hari Tua

25

When you loooove fried food and being a couch potato…

Be careful of dementia.
 
Yep, kamu pasti tahu guys, bahwa makan makanan berlemak, kurang gerak, ngerokok, stres, dan gaya hidup kurang sehat lainnya bisa menyebabkan tekanan darah tinggi. Nah ternyata, kita harus extra hati-hati nih, karena hasil riset terbaru yang di-publish sama jurnal milik American Heart Association, Hypertension menemukan bahwa tekanan darah tinggi pada remaja dewasa memiliki hubungan sama ukuran otak yang lebih kecil, dan hal ini meningkatkan resiko para young adults tadi menderita dementia di masa tuanya.
 
Lebih jauh dijelaskan bahwa penelitiannya menemukan kalo orang-orang berumur 35-44 tahun yang mengidap darah tinggi memiliki ukuran otak yang lebih kecil ketimbang orang-orang di usia yang sama dengan tekanan darah normal. Nah, ukuran otak yang lebih kecil ini bisa meningkatkan resiko dementia di masa tua. Karenanya, anak muda yang punya darah tinggi punya resiko kena dementia lebih besar dibanding yang tekanan darahnya normal.
 
Para peneliti berharap, hasil penelitian ini bisa mendorong masyarakat untuk menjaga kesehatan otaknya dengan mencegah terkena darah tinggi di usia muda. Tentunya, supaya kita enggak kena dementia pas udah tua gengs. Caranya gampang aja kok, yaitu dengan olahraga cukup, makan makanan sehat, mengurangi minuman beralkohol, memastikan gula darahmu normal, dan mengontrol konsumsi garam.
Yuk bisa yukkk…