BEM Seluruh Indonesia Melakukan Aksi di KPK, Pemilu Jerman Kanselir Baru Gantikan Angela Markel, 2 Juta Pekerja Pariwisata RI Terancam Kehilangan Pekerjaan, Rumah Inspirasi Film The Conjuring Dijual

33

Hi there

Good morning! New day, new morning, new you. We hope you had a good sleep last night because well, a good-quality sleep will pretty much affect how you’re functioning today. However, if you’re still feeling a little sleepy, have a cup of Joe and let’s start catching up!


When things are heating up in KPK…

Yep, kita bakal ngomongin Komisi Pemberantasan Korupsi lagi guys.
Soalnya ni, kemaren KPK didemo besar-besaran sama massa mahasiswa dari BEM Seluruh Indonesia (SI). Aksi ini berakhir ricuh dengan adanya aksi saling dorong antara para mahasiswa dengan aparat kepolisian yang berjaga di Gedung KPK yang berlokasi di Kuningan, Jakarta. Mahasiswa yang bergabung dalam demo ini diperkirakan ada sekitar seribu massa, dengan personel polisi yang disiapkan sekitar 1.200-an.
 
What is the protest about?
Jadi, aksi demo kemaren ini menuntut pembatalan atas pemecatan 57 karyawan KPK yang gak lolos Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) bulan April tahun ini, termasuk penyidik senior Novel Baswedan. If you need a full context of the background, you can find it here. Anyway, TWK KPK sendiri sempet jadi kontroversi karena substansi tesnya dinilai gak jelas, dan menyebabkan karyawan-karyawan yang dianggap kompeten malah dipecat karena gak lolos. Kalo sesuai timeline, ke-57 karyawan ini bakal resmi dipecat dari KPK pada tanggal 30 September 2021 mendatang gengs.
 
I see…
Nah terus, dalam aksinya itu para mahasiswa juga menuntut lima hal, yakni:
  • Mendesak Ketua KPK untuk mencabut surat keputusannya soal pemberhentian 57 pegawainya. Alasannya, Tes Wawasan Kebangsaan aka TWK ini cacat formil secara substansi karena mengandung rasialisme, terindikasi pelecehan, dan mengganggu hak privasi dalam beragama.
  • Mendesak Presiden untuk bertanggung jawab dalam kasus upaya pelemahan terhadap KPK dengan mengangkat 56 pegawai KPK menjadi ASN.
  • Menuntut Ketua KPK Firli Bahuri untuk mundur dari jabatannya karena udah gagal menjaga integritas dan marwah KPK dalam pemberantasan korupsi.
  • Mendesak KPK supaya menjaga marwah dan semangat pemberantasan korupsi.
  • Menuntut KPK untuk segera menyelesaikan permasalahan korupsi, kayak kasus bansos, BLBI, benih lobster, suap Ditjen Pajak, dan kasus suap Harun Masiku.
Tapi apa sih yang bikin para mahasiswa ini demo?
Well, jadi menurut BEM SI dan Gerakan Selamatkan KPK (GASAK) yang ikutan demo sih, sebelumnya mereka udah pernah ngirimin surat ke Presiden Jokowi yang berisi ultimatum terkait nasib para karyawan KPK tadi guys. However, ultimatumnya enggak direspons sama Pak Jokowi, dan karena itulah mereka memutuskan untuk turun ke jalan. Selain itu, BEM SI juga menilai janji Pak Jokowi terkait penguatan KPK yha lip service ajatu.
 
Got it. Now on to Pak Firli…
Nah, ngomongin KPK, gabisa nih kita ga ngomongin ketuanya, yakni Pak Firli Bahuri. Hal ini karena dalam aksi protes keamrin, massa juga menyerukan supaya Pak Firli mundur dari jabatannya sebagai Ketua KPK saat ini. FYI, Pas aksi protes tersebut, Pak Firli justru lagi di Jambi buat melakukan agenda rapat koordinasi antikorupsi terintegrasi sama pemerintah daerah di sana.
 
What?
Iya. Kalo kata Plt. Juru Bicara Pencegahan KPK Ipi Maryati Kuding sih agenda ini udah dijadwalin dari lama, sebelum ada pemberitahuan soal aksi mahasiswa ini. Meski begitu, aksi protes juga dilakukan oleh para mahasiswa di Jambi yang menolak kedatangan Pak Firli. Terus ni guys, secara Pak Firli orang Palembang, perwakilan dari BEM Unsri sampe bilang bahwa mereka mau bawa pulang Firli ke Sumatera Selatan, jadi yha doi dipecat aja.
 
Hmmm. KPK ada respons soal ini gak?
Ada donk. Kata Plt. Juru Bicara KPK Ali Fikri, KPK mau fokus aja melakukan kerjanya, yakni memberantas korupsi dan enggak mau berdinamika dalam nanggepin isu ini. Selanjutnya, doi juga bilang bahwa KPK melalui berbagai upaya pencegahan, pendidikan, juga penindakan berusaha untuk terus membuktikan hasil kerjanya kepada publik, dan penilaiannya ya silakan aja secara objektif.
 
Ok now tell me about kericuhan demo kemarin.
Kericuhan terjadi saat polisi dan mahasiswa saling dorong-dorongan ni gengs. Mahasiswa berupaya masuk ke depan gedung KPK dan ingin ketemu Pak Firli, namun ternyata doi lagi dinas di luar kota, kan. Polisi kemudian membuat garis pertahanan supaya mahasiswa gak bisa masuk ke area gedung, dan jadilah aksi kemaren ricuh dan sampe-sampe ada water canon disiapin buat mengantisipasi kerusuhan.
 
Terus akhirnya gimana?
Akhirnya sekitar jam setengah 4 sore massa mulai membubarkan diri. Hal ini setelah para mahasiswa belom bisa menembus barikade polisi ke gedung KPK dan menyebut bahwa dalam upaya pencegahan ini, polisi melakukan berbagai tindakan represi. However, humas massa aksi BEM SI dan GASAK Joji Kuswanto bilang kalo mereka bakal balik lagi dengan bawa massa yang lebih besar dalam waktu dekat ini. Joji juga mengajak seluruh masyarakat buat ikutan demo ini guys.
 
I see. Anything else?
Nah terkait prokes pas demo, kalo katanya Wakapolres Metro Jakarta Selatan AKBP Antonius Agus Rahmanto, pihak kepolisian udah mengantisipasi ini gengs. Para personel ada beberapa yang disiapin pake APD dan siap-siap ngelakuin tes antigen ke para pendemo secara acak ni guys, supaya mastiin kalo demo kali ini gak jadi klaster covid baru.

Who just said “We got ‘neue’ counchellor”?

Germany.
Yoi, Neue ya gengs, bukan Neuer, apalagi Manuel Neuer. Neue is German for new, and we are referring to kanselir baru Jerman yang bakal menggantikan kanselir sebelumnya, Angela Merkel yang udah menjabat selama 16 tahun. Yep, pada pemilu federal Jerman yang digelar Hari Minggu kemaren, Merkel memutuskan untuk enggak kembali mencalonkan diri, dan bilang bahwa udah saatnya Jerman “membuka chapter baru”.
 
Whoaa terus…
Nah terus, hasil pemilu kemarin menunjukkan bahwa Partai centre-left Social Democratic Party (SPD) meraih suara terbanyak di pemilu federal sebesar 25,7%, beda tipis sama partainya Angela Merkel, Christian Democratic Union (CDU) sebesar 24,1%. Hasil ini tentunya bikin SPD happy dan CDU sedih, secara ini adalah hasil terendah yang diraih CDU pasca perang dunia kedua.
 
I need more background on German election please.
You got it. Jadi, setiap eligible voter di Jerman menggunakan hak pilihnya sebanyak dua kali gengs. Pertama, buat milih anggota parlemennya, kedua buat milih partainya. Nah, pada pemilihan pertama, warga bakal milih langsung anggota parlemen di dapilnya, dan ada 299 distrik pemilihan di Jerman. Di pilihan kedua, mereka bakal milih partai apa yang didukung. Apakah CDU/CSU, SPD, atau partai lainnya kayak Green Party atau Free Democratic Party (FDP). Nah, tapi nih, kalo satu partai gagal dapet 5% suara di pemilihan partai, maka para anggota parlemen yang terpilih dari partai tersebut otomatis gagal juga buat menduduki parlemen gengs.
 
Whoa, terus kursinya ke mana dong?
Kursinya bakal dialihkan ke partai-partai dengan suara terbanyak di pemilihan partai instead of dikurangin. Karena itulah, jumlah kursi parlemen bahkan bisa lebih dari 299, tergantung “pendapatan ” kursi dari partai-partai peraih suara terbanyak. Kayak di pemilu federal tahun 2013, pas Merkel kembali menang, jumlah kursi parlemen akhirnya mencapai lebih dari 600.
 
Got it. Now onto Merkel’s successor, who is it gonna be?
Jawabannya adalah: belom pasti. Karena, sistem pembentukan pemerintahan di Jerman emang agak rumit ni gengs. First, kita omongin soal hasil pemilihan partai dulu deh ya. Jadi, udah dijelasin di awal kalo SPD memimpin dengan angka 25,7%. Meskipun begitu, belom pasti kalo SPD bakal memimpin Jerman dengan menjadikan Olaf Scholz, selaku kandidat kanselirnya, sebagai pengganti Merkel.
 
Kenapa gitu?
Karena, untuk jadi kanselir di Jerman itu harus didukung oleh suara mayoritas di parlemen. Artinya, kandidat tersebut harus memiliki dukungan lebih dari 50% untuk maju sebagai kanselir dan untuk partainya supaya bisa membentuk pemerintahannya sendiri. Karena itulah, partai-partai ini harus koalisi sama partai lain sampe jumlah pendukungnya mencapai angka mayoritas gengs. Bahkan bisa jadi ni, SPD malah jadi oposisi pemerintahan nantinya kalo partai-partai lain membentuk koalisi di luar SPD dan berhasil memenuhi kuota kursi mayoritas. Jadi, pembentukan pemerintahan ini bisa memakan waktu mingguan, bahkan sampe berbulan-bulan.
 
Sounds complicated…
Yep, just like the language (LOL). FYI, Selain SPD dan CDU, dua partai lainnya yang juga meraih suara lumayan banyak adalah Green Party (Greens) dengan perolehan suara 15% dan Free Democratic Party (FDP) 11%. Jadi, ini semua emang masih tergantung lobi-lobian partai sih, dan nanti koalisinya kayak apa. FYI, selama kanselir baru belum terpilih, Merkel bakal tetap menjabat gengs, ga akan ujug-ujug mundur.
 
Hmmm. Anything else?
Menurut Politico, ada beberapa alasan ni kenapa akhirnya SPD bisa menang dari CDU. Pertama, SPD banyak ngebahas soal isu krisis iklim ni, dan ternyata masyarakat Jerman ngeliat isu tersebut lebih penting diangkat ketimbang isu pandemi covid yang dibawa oleh CDU. Selain itu, diketahui juga masyarakat lebih dukung Olaf Scholz ketimbang kandidat dari CDU, Armin Laschet. Disebutkan juga bahwa para pemilih perempuan yang tadinya memilih CDU karena Merkel, banyak yang pindah jadi pemilih Scholz.

Who is on the brink of losing their jobs?

2 Juta Pekerja Pariwisata RI.
Iya ni guys, berita kurang menyenangkan datang dari sektor pariwisata RI, di mana dalam kegiatan Rakornas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) kemarin, sang menteri Sandiaga Uno bilang bahwa diperkirakan ada sekitar dua juta pekerja sektor pariwisata di Indonesia yang terancam kehilangan pekerjaan.
 
Oh no… is it because of the pandemic?

Yoi. Apa lagi dong. Jadi kata Pak Sandi, kondisi ini terjadi karena efek pandemi yang berkepanjangan. Terus doi juga menjelaskan bahwa pas Juni 2021 kemaren, kunjungan turis asing ke destinasi pariwisata Indonesia anjlok 80% dari sebelum pandemi. Angka ini lebih buruk dibanding tahun 2020, di mana penurunannya adalah 75%.

🙁
Nggak cuma turis asing, namun kunjungan turis lokal ke lokasi pariwisata di Indonesia juga turun sekitar 30% sejak pembatasan sosial diterapkan pas angka penularan covid lagi tinggi-tingginya di Indonesia. Akibatnya, 6,67% pekerja di sektor pariwisata kehilangan pekerjaannya dan devisa negara turun sampe 80% di tahun lalu. Padahal, masih kata Pak Sandi, sebelum pandemi sektor pariwisata adalah penyumbang devisa terbesar kedua di Indonesia setelah migas.

 
Sad…
Iya 🙁 Terus Papa Online juga bilang ni bahwa menurut data dari World Travel and Tourism Council, sekitar 2,9% pengangguran global berasal dari sektor pariwisata di seluruh dunia. Jadi emang yang mengalami kelesuan di sektor pariwisata ini nggak cuma Indonesia aja gengs, tapi berbagai negara di seluruh dunia. Adapun lima regional yang paling terdampak adalah Asia Pasifik, Afrika, Timur Tengah, Eropa, dan Amerika.
 
So… does anyone say anything about this?
Yep, ada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan yang juga hadir di rakornas tersebut. Opung Luhut bilang kalo saat ini pemerintah lagi berupaya mempromosikan kuliner Indonesia melalui program yang bernama “Spice Up The World”. Harapannya, ekspor bumbu rempah Indonesia bisa mencapai US$ 2 miliar (Rp28 triliun) dan 4.000 restoran Indonesia buka di luar negeri pada tahun 2024. Gak cuma kuliner, beliau juga bilang pemerintah bakal mendorong medical tourism serta industri gaming di tanah air..
 
Got it. Anything else?
Di kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bilang kalo pemerintah bakal mengalokasikan anggaran sebesar Rp7,67 triliun buat sektor pariwisata. Selain untuk mendukung program yang tadi Opung Luhut sampein, dana ini juga bakal dipake buat pengembangan SDM dan Eco Pariwisata atau Ekowisata supaya lebih menarik turis asing.

Since Halloween is a month away, let’s talk about something spooky. Like…

“The Conjuring” House.
 
Yep, buat kamu pecinta film horor, pasti udah nggak asing sama film The Conjuring yang legendaris itu. Nah, kalo kamu mau uji nyali, kamu perlu tahu ni guys bahwa rumah yang jadi inspirasi dari film ini lagi for sale loh. Adapun rumah iconic ini dijual dengan harga $1,2 juta dollar atau hampir setara dengan Rp17,1 triliun. Terus, rumah yang berbentuk peternakan atau farmhouse ini berlokasi di Rhode Island, Amerika Serikat dengan luas bangunan sekitar 278 meter persegi. FYI, jadi rumah Conjuring-nya tersebut di-listing oleh Ray Mott, broker dan co-owner dari Mott & Chace Sotheby’s International Realty. Menurut doi, rumah ini punya sejarah yang penting dan menarik banget, makanya harganya dibanderol setinggi itu.
 
As a refresher, pada tahun 1971, paranormal dan pasangan suami istri Ed dan Lorraine Warren mengklaim kalo rumah yang ditinggali oleh Perron Family waktu itu dihantui sama penyihir bernama Bathsheba Sherman, yang meninggal pada abad 19 dan mengutuk rumah serta lahan di sekitarnya. Setelah film The Conjuring keluar tahun 2013 silam, rumah ini udah masuk listing 3 kali dan setiap kali harganya selalu naik tinggi, remembering rumah ini adalah salah satu rumah hantu paling populer di Amerika Serikat sampe sekarang.
Gimana, kamu tertarik beli?

“Ibu tahu saya nggak?”

“Adiknya ibu Megawati,”

Kira-kira gitu guys, percakapan yang terjadi antara Ketua DPR RI yang juga anaknya Bu Megawati, Mbak Puan Maharani, sama warga di Kalideres, Jakarta Barat, kemarin. Jadi ceritanya, Mbak Puan ini lagi mengunjungi kegiatan vaksinasi di sana, dan nanya ke warga yang hadir apakah warga tersebut mengenali dirinya. Eh, terus kata warganya, doi dikira adiknya Bu Mega, padahal kan anaknya yha.

 
We want whatever anti-aging cream that Mbak Puan is using…

Announcement


Thanks to Yusrin for buying us coffee today!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Ajak-ajak yuk!

Yep, kamu bakal langsung dapet merchandise eksklusif dari Catch Me Up! kalo kamu ngajak teman-teman kamu berlangganan! Caranya gampang banget, kamu tinggal klik link di bawah ini dan mulai deh, sebar-sebar referral code kamu ke teman, sodara, gebetan, rekan kantor, pokoknya siapa aja boleee….

Atau, kamu juga bisa langsung nge-klik share button di bawah ini! Kumpulin terus referral kamu untuk dapetin merchandise-nya ya! Gratis!


Catch Me Up! recommendations

Still not getting enough sleep? Here are some major side effects.

Angel’s Stories

1. I’m really grateful for having friends yang mau bantu aku buat ngerti materi kuliah yang ketinggalan. Gak hanya bantu diajarin, mereka juga care ke aku sampe ditanyain ‘kuisnya gmn? Aman kan?’ ‘Gmn? Udah ngerti kan?’ Simple sih, but it means a lot for me. Sehat-sehat selalu orang-orang baik!!
-Maba, 2021-
 
2. Ini mungkin cerita sepele tapi bikin aku lumayan tersentuh. Jadi weekend kemarin, aku nonton video di TikTok tentang seseorang yang nyelametin anak kucing dari got yang lumayan dalam. Anak kucingnya terus dimandiin, dikasih makan, dan dipelihara sama dia. Ngeliat itu aku jadi terharu banget karena dulu juga aku nemuin kucingku dalam kondisi kayak gitu. Tapi karena sekarang tinggal di kosan dan ga boleh bawa kucing, akhirnya kucingku ku titip di rumah orang tua. So guys, kalo kalian kepikiran untuk punya kucing, please adopt, don’t buy. Karena masih banyak kucing di luar sana yang butuh tempat tinggal, dan pasti bakal seneng banget kalo mereka punya forever home.
-Cat lover-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!)