Krisis Ekonomi, Korut Dilanda Hujan Deras Hingga Banjir

47

When Kim is in trouble…

The Kardashian?
Nope…. Kim Jong Un, pemimpin Korea Utara. Yep, another bad sign from mother earth. Korea Utara minggu lalu baru aja dilanda hujan duper deras sampe daerah di Hamgyong Selatan kebanjiran parah. Padahal, Korea Utara lagi dilanda krisis ekonomi dan kondisi persediaan makanan yang semakin sedikit.
 
Oh no, banjirnya separah itu?
Iya gengs, sampe pemimpin Korea Utara Kim Jong Un ngasih komando ke militer buat bikin relief campaign ke daerah tersebut. Doi minta supaya para korban dievakuasi dan langsung disediain stok makanan buat mereka. Padahal saat ini, Korut tengah menghadapi krisis ekonomi sebagai efek dari berbagai jenis sanksi dan embargo yang berkepanjangan dari dunia internasional.
 
I see. Now tell me about the flood. 
You got it. Jadi emang ujan deras tengah terjadi di beberapa wilayah di Korut sejak awal Agustus kemarin dan bikin banjir yang menghancurkan lebih dari seribu rumah dan menyebabkan 5 ribu warganya harus dievakuasi. Beberapa daerah bahkan dilanda hujan selama dua hari berturut-turut yang tentu aja memperburuk kondisi. Korban jiwanya sendiri udah ada 20 orang meninggal akibat dari bencana ini.
 
That’s bad 🙁
Iya kan guysNot to mention covid is still roaming around. Nah ini ni yang diminta sama Kim Jong Un buat para pejabat Korea Utara agar memaksimalkan upaya pencegahannya, jangan sampe di camp pengungsian malah jadi klaster baru persebaran covid.
 
Is anyone coming to help?
Yep, despite the tension between the two Korean, Menteri Unifikasi Korea Selatan udah bilang bahwa pihaknya bakal mempertimbangkan segala opsi buat nolongin Korut dalam bencana ini. Juru bicara kementerian ini juga bilang bahwa kalo untuk kemanusiaan sih, gak boleh dihalangi sama persoalan politik, apa lagi ini udah menyangkut banyak nyawa manusia. Korsel juga bakal mencoba jalur negara dan sipil buat menyalurkan bantuan ke Korut, termasuk lewat jalur organisasi internasional kayak UN.
 
Got it. Anything else?
Kim Jong Un juga bilang pas Juni kemaren kalo Korea Utara lagi kekurangan banget ni stok makanan, ditambah sama kekeringan yang melanda negara ini beberapa bulan sebelum hujan deres dimulai. Jadi guys emang kondisi pandemi ini bener-bener jadi pukulan keras buat Korut, sampe perekonomian Korut mengalami penurunan terparah dalam 23 tahun terakhir.