Corona Updates 08 Maret 2021, Kata Pemerintah Mengenai Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat di Deli Serdang, Pertama Kalinya Pemimpin Gereja Katolik Paus Fransiskus Berkunjung ke Irak, Nonton Video Masak Bikin Kamu Jadi Lebih Banyak Makan

82

Good morning!

 
It’s International Women’s Day today and let us start this week with a quote that’s clung to our hearts forever: ‘Here’s to strong women, may we know them, may we be them, may we raise them.’ So, rise and shine, and don’t forget to wear your sparkle today, women because we’re celebrating you. Only you.

And as always, here is your Covid-19 updates

Yep, it’s still here. The Covid-19. And now, we’ll recap you with the latest updates on the pandemic, from A to Z. Let’s go!

Nationally… 

  • Total kasus positif Covid-19 di Indonesia per kemarin udah mencapai 1.361.098 kasus, dengan 36.897 meninggal, dan 1.176.356 sembuh.
  • Adapun provinsi dengan angka Covid 19 terbanyak adalah DKI  Jakarta 343.807 (25,4%), Jawa Barat 216.423 (16,0%), Jawa Tengah 155.217 (11,5%), Jawa Timur 130.642 (9,6%), Sulawesi Selatan 56.774 (4,2%).
  • Kemarin, Menteri Luar Negeri China Wang Yi menyatakan keseriusannya membantu Indonesia sebagai pusat produksi vaksin covid-19 di kawasan Asia Tenggara. Beliau menyebut bahwa China udah mengirimkan vaksin covid-19 kepada negara-negara ASEAN dan membantu Indonesia menjadi pusat vaksin yang bisa memenuhi kebutuhan negara-negara ASEAN.
  • Calling kamu kamu yang udah divaksin nih, karena kemarin, Juru Bicara Vaksinasi dari Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi baru aja bilang bahwa vaksinasi covid-19 sejauh ini hanya memberikan proteksi antibodi sebesar 65 persen. Artinya, warga yang udah divaksin masih memiliki risiko terpapar virus corona.
  • Per Bulan Juli mendatang, rencananya kampus-kampus bakal kembali diizinkan untuk buka, setelah mahasiswa dan dosen mendapat vaksinasi Covid-19. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Paristiyanti Nurwardani, Sabtu lalu. Meski diperbolehkan, namun teteup aja, keputusan untuk kembali membuka kampus dan melakukan kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) bergantung pada keputusan masing-masing perguruan tinggi.
  • Menanggapi rencana ini, epidemiolog dari Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman meminta pemerintah supaya mengkaji ulang rencana membuka pembelajaran tatap muka di sekolah pada Juli 2021 di tengah pandemi Covid-19. Hal ini menyusul penemuan kasus varian baru Corona B117, dan angka positif Covid-19 di Indonesia yang masih tinggi.
  • Jumat kemarin, sederet pekerja film mengirimkan surat terbuka untuk Presiden Joko Widodo supaya pemerintah memberikan bantuan buat industri perfilman Indonesia yang tercekik di tengah pandemi Covid-19. Para selebritas, termasuk Baim Wong dan Maudy Ayunda mengunggah surat atas nama Insan Film Indonesia itu melalui sosmed mereka.
  • Seiring dengan ditemukannya mutasi virus Covid-19 B117 di Indonesia, Gubernur Jawa Barat Kang Ridwan Kamil meminta pemerintah pusat supaya memperketat jalur ataupun pintu masuk internasional ke Indonesia. Permintaan itu diutarakan Kang Emil setelah ditemukannya kasus infeksi dari varian virus corona baru asal Inggris di Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Meanwhile, internationally… 

  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 116.501.992 kasus dan 2.587.934 kasus meninggal.
  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (28.952.137 kasus), India (11.210.799 kasus), Brazil (10.938.836 kasus), Russia (4.263.785 kasus), dan Inggris (4.225.906 kasus).
  • Setelah di-lockdown selama satu minggu, kemarin, kota terbesar di Selandia Baru, Auckland, kembali beraktivitas seperti biasa setelah nggak ditemukan penularan lokal baru dalam seminggu terakhir. FYI, pemberlakuan lockdown diterapkan setelah ditemukannya varian baru virus Covid-19 dari Inggris.
  • Pemerintah Kuba baru aja mengumumkan kandidat vaksin Covid-19 buatan dalam negeri yang dikenal dengan nama Soberana yang udah diotorisasi dan bakal segera memasuki uji coba fase tiga. Selain Soberana, Kuba juga menyampaikan terkait kandidat vaksin dalam negeri lainnya, Abdala, yang juga akan segera memulai uji coba fase tiga.
  • Jeng jeng jeeeeeng… weekend kemarin, WHO menyampaikan bahwa pihaknya bakal mengungkapkan hasil penyelidikan mereka atas asal-usul virus Covid-19 di Wuhan, China, pada pertengahan Maret mendatang. FYI guys, dalam beberapa waktu terakhir, pihak peneliti dari WHO emang udah melakukan penyelidikan di China terkait hal ini dan Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus bilang bahwa pihaknya bakal mengungkap semua temuan dalam misi secara transparan.
  • Malaysia dilaporkan telah mendeteksi dua kasus mutasi baru virus corona SARS-CoV-2 yang dikenal sebagai B.1.525. Varian itu ditemukan pada dua orang yang telah melakukan perjalanan dari Dubai, Uni Emirat Arab.
  • Pemerintah Australia menyampaikan bahwa pihaknya bakal meningkatkan kewaspadaan setelah lima orang warganya terdeteksi mengidap infeksi mutasi virus Covid-19 dari Rusia. Kelima kasus varian baru corona asal Rusia itu ditemukan dari penumpang penerbangan Qatar Airways yang mendarat di Brisbane pada Februari lalu.
  • Jepang bakal memperpanjang status darurat Covid-19 di ibu kota Tokyo selama dua minggu. Perpanjangan status darurat kali ini hanya berselang kurang dari lima bulan menjelang Olimpiade Tokyo. Terkait kebijakan ini, juru bicara pemerintah, Katsunobu Kato bilang bahwa perpanjangan status darurat ini berlaku untuk Tokyo dan tiga wilayah lain hingga 21 Maret, empat hari jelang pawai obor Olimpiade yang dimulai dari Fukushima.
  • Sejak Kamis lalu, Israel udah mulai melakukan vaksinasi Covid-19 terhadap warga Palestina, tapiiiii, hanya untuk individu yang punya izin bekerja di wilayah pendudukan Israel aja. Adapun ujicoba pertamanya dilakukan pada 700 orang, dari total 100 ribu vaksin yang akan diberikan oleh pemerintah Israel pada warga Palestina yang punya izin kerja di wilayah pendudukannya. Meanwhile, lebih dari 4,88 juta orang Israel atau 60 persen dari total populasi telah menerima dosis pertama vaksin menggunakan vaksin Pfizer/BioNTech.

Now, let’s talk about the biggest drama over the weekend.

I KNOWWWWW, THE DEMOCRAT!
Yep.

Now tell me everything!
OK. Jadi gengs, pada Jumat (5/3) kemarin, telah berlangsung Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat di Deli Serdang, Sumatera Utara, dan hasilnya… menetapkan Pak Moeldoko (Kepala Kantor Staf Presiden) sebagai Ketua Umum Partai Demokrat.

 
Wait, isn’t…Ketua Umumnya Demokrat itu Mas AHY ya?
Yep, according to pernyataannya Mas AHY aka Agus Harimurti Yudhoyono ga lama setelah KLB digelar sih emang gitu ya. Jadi dalam keterangan persnya, Mas AHY bilang bahwa dirinya adalah Ketua Umum Partai Demokrat yang sah, dan KLB Deli Serdang itu inkonstitusional, ilegal, dan nggak sah.
 
Jadi Ketumnya Mas AHY? Apa Pak Moeldoko? I am confused…
Same, but let us give you some background here. Jadi guys, sejak 2013 lalu, Pak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) udah menjabat sebagai Ketua Umum Partai Demokrat, menggantikan Ketua Umum sebelumnya, Anas Urbaningrum. Nah jabatan PAK SBY ini kemudian berakhir pada tahun 2020 lalu, di mana beliau digantikan oleh anak sulungnya, Mas AHY pada kongres partai yang digelar pada April tahun lalu. Nah udah kan tuh, Mas AHY jadi Ketum…
 
Ok go on…
Nah lalu sekitar awal Februari tahun ini. Mas AHY menyatakan bahwa ada gerakan politik yang mau “mengkudeta” atau mengambil alih Partai Demokrat dan salah satu yang terlibat adalah Pak Moeldoko. Mas AHY bilang, kudetanya dilakukan sama lingkaran Pak Jokowi, dan beliau juga udah ngirim surat ke Pak Jokowi terkait hal ini. Catch up here for details. Nah balik lagi ke Pak Moeldoko, waktu itu beliau bilang bahwa dirinya nggak terlibat, dan yhaaa ada sih ketemu sama Kader Demokrat yang curhat-curhat tapi yha didengerin aja…
 
Terus, terus dooong…
Nah terus, pasca pernyataan itu, mulai deh bermunculan gejolak-gejolak di tubuh Partai Demokrat, di antaranya pemecatan terhadap tujuh orang kader Demokrat oleh AHY karena disebut terlibat dalam kudeta, yakni Darmizal, Yus Sudarso, Tri Yulianto, Jhoni Allen Marbun, Syofwatillah Mohzaib, Ahmad Yahya, dan satu orang lagi karena disebut melanggar etika, yakni Marzuki Alie. Selain itu, muncul juga pernyataan dari Pak SBY yang menyebut bahwa, “Yakin deh, Pak Jokowi nggak tahu apa yang dilakukan sama Moeldoko…” and finally, suara-suara untuk digelarnya Kongres Luar Biasa (KLB) bermunculan. FYI guysKLB itu biasanya digelar emang untuk memilih dan menetapkan pimpinan partai.

I see…
Nah terus guys, Damrizal, yakni salah satu Kader Demokrat yang udah dipecat AHY menyatakan bahwa KLB bakal digelar pada 5 Maret, dan yha kejadian. Damrizal bilang, tujuan KLB ini adalah untuk menggantikan kepengurusan AHY dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Ia juga bilang bahwa Partai Demokrat harus dipimpin oleh Ketua Umum yang kompeten, terbuka, egaliter, dan tidak semena-mena. Doi juga mengklaim bahwa sebagian besar Ketua DPD dan Ketua DPC sudah bersedia untuk hadir dalam KLB tersebut.
 
Ooooh jadi itu alesannya…
Iya, terus ada juga kader Demokrat yang dipecat lainnya, Jhoni Alen Marbun yang bilang bahwa kongres sebelumnya di tahun 2020 yang mengukuhkan AHY sebagai Ketua Umum merupakan hasil rekayasa SBY. Johni bilang bahwa SBY udah mendesign seluruh perwakilan daerah untuk mendukung AHY. Makanya, kata Johni, AHY ini ada di puncak gunung, tapi nggak pernah mendaki, dan sekarang udah di puncak, gatau cara turunnya.
 
Got it. Now tell me more about the congress…
Nah jadi dalam kongres yang digelar over the weekend kemarin, pihak panitia mengklaim bahwa KLBnya didukung sama 387 perwakilan kader DPC dan DPD dari seluruh Indonesia dan 5 hotel udah penuh. Pada KLB tersebut juga muncul beberapa nama yang dicalonkan sebagai calon ketua umum, dan hasilnya, Pak Moeldoko diputuskan sebagai Ketua Umum Partai Demokrat, meskipun doi nggak hadir langsung dalam kongres tersebut. Malemnya, beliau kemudian hadir di lokasi kongres dan bilang bahwa yhaa saya sangat menghargai perbedaan pendapat di kongres ini, inilah namanya demokrasi…
 
….
FYI guys, karena nggak hadir secara langsung, pimpinan sidangnya ngasih kabar ke Moeldoko via telepon kalau dia terpilih.  Dalam telepon tersebut, Moeldoko sempat bertanya para peserta KLB like, “Is this for real? KLB ini sesuai sama AD/ART nggak nih?” and para peserta jawab “sesuai”.  Terus Moeldoko lanjutin be like, “beneran serius milih gue?” dan pada jawab “seriuuus” dan akhirnya terpilih deh, Moeldoko jadi Ketum Partai Demokrat versi kongres Deli Serdang.
 
Terus, KLB-nya lancar?
Yhaaa banyak tanggapan sih. Misalnya, KLB tersebut sempat dibubarin sama kubu DPD Demokrat Sumut yang mendukung AHY, hingga ada insiden lempar-lemparan batu dan kayu. Terus pada waktu yang bersamaan juga, Mas AHY menggelar apel pimpinan bersama DPD Demokrat di seluruh Indonesia, di mana sebanyak 34 perwakilan DPD udah bulat menolak hasil kongres Deli Serdang. Meanwhilepemerintah bilang mereka nggak bisa membubarkan kongres karena bakal berlawanan sama undang-undang soal menyampaikan pendapat di muka umum.
 
Oh iya, how did Cikeas respond?
KZL. Ketua Majelis Tinggi DPP Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bilang bahwa KLB di Sumut itu nggak sesuai AD/ART partai. Terus, menurutnya, nggak ada pengurus DPD Partai Demokrat di seluruh Indonesia yang mau diadakannya KLB. Selain itu, Mas AHY juga bilang bahwa Moeldoko adalah ketum abal-abal dari kongres yang ilegal. Finally, Mas AHY juga meminta ke Presiden Jokowi dan Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly untuk nggak mengesahkan hasil KLB tersebut.
 
Terus kata pemerintah apa?
Yhaa menurut Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD sih, hingga saat ini belum ada persoalan hukum karena emang belum ada permintaan legalitas hukum terkait hasil KLB di Deli Serdang kepada pemerintah. Meski begitu, Prof Mahfud berjanji bahwa pemerintah bakal menindaklanjuti KLB tersebut secara transparan dan sesuai hukum jika udah menerima laporan secara resmi.
 
Yuk, ditunggu…

Who’s just made a historical visit during the weekend?

Paus Fransiskus.
 
Where to? 
To Iraq. Jadi guys Jumat kemarin itu, pemimpin Gereja Katolik Paus Fransiskus baru aja berkunjung ke Irak for the first time ever.
 
Whoaaaa…
Yep, jadi kunjungan ini berlangsung selama empat hari, dan selama berkunjung itu, beliau melakukan berbagai pertemuan penting. Beberapa di antaranya adalah dengan Perdana Menteri Irak Mustafa Al-Kadhimi, Presiden Irak Barham Salih, hingga Ulama Syiah terkenal, Ayatollah Ali Sistani.
 
I see…jadi maksud dan tujuan kunjungannya itu apa?
To call for peace dan mendorong segera berakhirnya diskriminasi serta persekusi terhadap kelompok minoritas Kristen di Irak. Dalam keterangan pertamanya di Bhagdad, Paus Fransiskus meminta agar masyarakat Irak menerima komunitas Kristen di sana yang merupakan komunitas Kristen tertua di dunia. FYI guys, menurut sensus di tahun 2003, awalnya ada 1,5 juta orang Kristen di Irak. Namun saat ini, sekitar 80 persen dari mereka udah meninggalkan negara tersebut karena peperangan dan persekusi yang mereka alami.
 
OMG….
Yep, jadi weekend kemarin itu, Paus Fransiskus yang kini berusia 84 tahun tersebut melakukan kunjungan ke enam kota di Irak, yaitu ibu kota Baghdad sebagai pemberhentian pertama, lalu ke Mosul yang luluh lantak karena serangan ISIS, terus ke Kota Ur tempat kelahiran Nabi Ibrahim (AS), lalu lanjut ke Qaraqosh di mana beliau berhenti di reruntuhan gereja yang dihancurkan ISIS, lanjut lagi ke Erbil yang merupakan wilayah Suku Kurdi, dan finally, ke kota suci Najaf. Beliau juga menggelar misa publik pertama di gereja St. Josep, Baghdad tengah, dan menyampaikan harapannya agar kekerasan di Irak bisa segera berakhir, termasuk peperangan bersenjata dan ekstremisme.
 
Go on… 
Dalam penyampaiannya pada Sabtu lalu, Paus Fransiskus juga menyebut bahwa beragama yang sesungguhnya adalah “Memuji Tuhan, dan menyayangi tetangga.” In his words: “Let us affirm that God is merciful and that the greatest blasphemy is to profane his name by hating our brothers and sisters.” 
 
So peaceful. Anything else I should know? 
Dalam menyambut kedatangan Paus Fransiskus ini, Irak mengerahkan ribuan personel untuk memastikan keamanan, apalagi Irak juga sering kena serangan roket dan bunuh diri, which is very risky for the Pope. FYI guys, awalnya, kunjungan ini mau di-cancel karena meningkat tajamnya angka Covid-19 di Irak, namun Paus Fransiskus tetap mau berangkat, karena beliau concern banget sama komunitas Kristen di sana yang disebutnya “Martyred Church”Nah, balik lagi ke kondisi keamanan di Irak, otoritas setempat juga memberlakukan jam malam full selama kunjungan dari Vatikan, demi meminimalisir resiko kesehatan dan keamanan.

For when you love watching cooking tutorials…

Chances are, you’ll get hungry easier. 
 

Serius guys, buat kamu yang hobinya nontonin video masaknya Chef Arnold, Chef Renatta, atau even Gordon Ramsey, kamu perlu tahu nih, bahwa kebiasaan kamu nonton video masak kemungkinannya bakal bikin kamu jadi lebih banyak makan! Hal ini diketahui dari hasil penelitian terbaru yang dilakukan oleh the University of Surrey, Inggris, terhadap total 80 perempuan sebagai partisipan di studi tersebut. Jadi dalam penelitiannya itu, para partisipan dibagi ke dalam tiga kelompok, di mana kelompok pertama diminta membuat cheese wrap dalam waktu 10 menit. Terus grup kedua diminta untuk nonton video tentang tutorial cara bikin cheese wrap, dan grup ketiga diminta mewarnai buku gambar selama 10 menit.

 

Nah abis itu, para partisipan tadi diminta makan cheese wrap and the result is…
Participants yang menonton video soal cheese wrap tend to makan 14 persen lebih banyak dibanding partisipan yang diminta untuk mewarnai. Meanwhile, partisipan yang diminta bikin cheese wrap juga ternyata 11 persen makan lebih banyak dibanding mereka yang diminta untuk mewarnai. Jadi kesimpulannya, mereka yang nonton video tutorial makan paling banyak. Nah, seiring dengan hasil dari studi ini, para peneliti berharap supaya berbagai konten video makanan yang ada bisa digunakan untuk hal yang positif, kayak nonton video masak makanan yang sehat-sehat, supaya bisa meningkatkan pola makan yang sehat juga.


“Setiap hari saya telepon, saya tanya berapa persen tahun ini, berapa triliun, siapa yang sudah masuk, sudah sampai mana, target tercapai tidak. Setiap hari,” 

 
Gitu kata Pak Jokowi pas cerita soal dirinya yang tiap hari nelepon Ketua Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia untuk mem-follow up jumlah investasi yang masuk ke Indonesia setiap harinya. Hal ini disampaikan Pak Jokowi saat menghadiri Rapat Kerja Nasional Hipmi 2021 Jumat lalu. Pak Jokowi juga bilang, bahwa banyaknya peluang bakal membuka lapangan kerja, which is bakal bikin kesejahteraan masyarakat meningkat dan eventually, pemulihan ekonomi bakal cepat tercapai.
 
Now you know who has higher target than your boss…

Catch Me Up! Recommendations

Some drinks are there to make you healthier,- and scientifically, add years to your life. Here are those.

A thank you note…

 
Thanks to Fanni Irsanti for buying us coffee yesterday!
 
(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click hereDengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Angel’s Stories

 
1. Jadi aku tinggal di kota perantauan bareng bude aku sejak aku kuliah tahun 2015 dan sekarang udah masuk tahun ke 6. Aku udah mulai kerja dan karena sadar kalau aku tuh ibaratnya “numpang” di rumah bude, aku berusaha untuk bisa ngasih sedikit ke bude tiap bulannya. Meskipun bude nggak pernah mempermasalahkan aku ngasih atau enggak, cuma karena perhatian yang selama ini dikasih ke aku tentunya aku juga pengen ngebahagiain budeku meskipun sedikit. Kemarin rencananya pulang kantor aku mau belanja kebutuhan untuk bude tapi dari siang kantorku hujan deras. Aku berdoa sama Tuhan supaya hujannya reda biar aku bisa belanja kebutuhan buat bude. Puji Tuhan, sore saat jam pulang ternyata hujannya udah reda dan akhirnya aku berangkat ke supermarket. Setelah pulang ke rumah, baru aja masukkin motor ke garasi dan nutup pagar tiba-tiba hujan langsung turun deres banget. Seketika itu aku bersyukur udah sampe rumah, ternyata kalau niat kita baik pasti Tuhan kasih jalan keluar ya.
-Bumblebee-
 
2. Sudah resmi satu tahun aku ada di perantauan salah satu ujung utara Indonesia. Di sini orangnya baik-baik, persis kaya yang dibilang di Angel’s Stories taun kemaren, di sini isi angin itu gratis, dan ga ada parkir. Pelan-pelan aku mulai nyaman kerja di sini dibanding tahun lalu. Meskipun tetep aja selalu rindu kampung halaman, tapi pasangan dan lingkungan kerja selalu bikin aku bersyukur di tengah pandemi gini aku masih bisa kerja. Dan, hello to fellows in Rantau Bertuah (iya kamu, hello “D, dari Natuna”)
-B, sebelah utara dari Rantau nan indah.-
 

(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!