Israel Temukan Vaksin Pfizer Ampuh Kurangi Penularan Covid-19 Lebih Dari 90 Persen

24

Yep, let’s hear it….from Israel.What what?
Jadi guys, hari Minggu kemarin, para peneliti di The Clalit Research Institute, Israel menemukan bahwa iya loh, vaksin Pfizer-BioNTech ternyata ampuh mengurangi penularan virus Covid-19 hingga lebih dari 90% di dunia nyata, aka bukan penelitian lagi guys, tapi emang fakta penemuan di lapangan.

HAH kok bisa?
Karena emang sejak vaksinnya muncul, Israel termasuk negara pertama di dunia yang dengan gercep memvaksin warganya. Dalam sehari, Israel rata-rata memvaksin 106.000 orang di bulan Februari ini. Nah untuk mengetahui keampuhan vaksinnya itu, The Clalit Institute tadi melakukan survei terhadap 1,2 juta warga, di mana setengahnya udah divaksin, dan setengahnya belom.
 
Terus…
Adapun hasilnya, ditemukan bahwa vaksin dari Pfizer-BioNTech memiliki efektivitas sebesar 94 persen dalam mencegah penularan Covid-19, dan 92 persen efektif dalam menghindari terjadinya perkembangan gejala yang lebih serius pada pasien. FYI guys, penelitian ini dipercaya merupakan yang pertama yang melibatkan peserta sebanyak 1,2 juta orang. Whoooa….
 
Tell me more!
Well, jadi hasil ini juga turut didukung oleh temuan yang sama oleh lembaga kesehatan lainnya asal Israel yakni Maccabi Healthcare Services. Data mereka menunjukkan bahwa dari 600 ribu orang yang udah divaksin, maka hanya ditemukan 0,1% aka 544 orang yang didiagnosis positif Covid-19. Dari seluruh angka itu, cuma empat orang yang punya kasus parah, dan nggak ada satu pun yang meninggal. Dengan begini, artinya efektivitas vaksinnya emang ada di angka 93 persen.
 
Clap clap…
Yha selanjutnya disebutkan juga, bahwa setelah mempertimbangkan berbagai faktor lain, misalnya usia, maka udah bisa disimpulkan bahwa vaksin Pfizer-BioNTech emang efektif dalam mencegah terjadinya kasus serius pada para pasien yang berusia 70 tahun dan lebih.
 
Emang jangka waktu efektifnya berapa lama?
Satu minggu. Jadi selang satu minggu setelah suntikan kedua, maka vaksinnya akan efektif dalam mencegah terjadinya kasus serius dari angka 91 persen hingga 99 persen.
 
Got it. Anything else I should know?
FYI, Israel emang jadi satu negara yang diprediksi bakal bisa segera mengendalikan penularan coronavirus di negaranya karena program vaksinasi yang masif dan gercep. Hingga Minggu kemarin, udah lebih dari 3,8 juta warga Israel menerima vaksin pertamanya, dan udah ada 2.5 juta warga yang menerima kedua dosis vaksin dari total populasi yang berjumlah 9 juta. Rencananya, kalo angka vaksinasi udah mencapai 50 persen, maka pemerintah setempat akan mulai membuka perekonomian.